Tanggal:14 May 2024

8 Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang dengan Mudah

Saat beranjak dewasa, umumnya prioritas utama seseorang ialah memenuhi kebutuhan hidupnya dan keluarga. Alhasil, mengerjakan hobi pun menjadi prioritas kesekian, bahkan tidak lagi diprioritaskan. Padahal ada banyak lho hobi yang menghasilkan uang, dan pastinya akan sangat menyenangkan jika hobimu bisa menjadi sumber pemasukan.

Selain daripada itu, biasanya menjalankan pekerjaan sesuai dengan hobi akan dirasakan lebih mudah untuk dijalaninya. Serta sesulit apa pun rintangannya, selama itu memang sudah hobi pasti akan tetap terasa bahagia dan tidak akan ada beban. Sebab kamu menikmati setiap momen yang terjadi.

Seperti yang dikutip dari perkataan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, “Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar.” Lalu jenis hobi apa saja yang bisa dan memiliki potensi besar untuk mampu menghasilkan pundi-pundi uang? Simak berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga: Membuat sebuah CV apakah harus mencantumkan hobi?

8 Hobi yang Menghasilkan Uang

8 Hobi Yang Menghasilkan Uang. Sumber: pexels.com

1. Bermain Musik

Musik merupakan salah satu hobi yang paling ramai peminatnya. Jika kamu memiliki hobi musik dan piawai dalam memainkan salah satu alat musik atau pandai olah vokal, maka hobi ini dapat menjadi ladang penghasilan.

Caranya, kamu bisa merekam karyamu dan mengunggahnya di media sosial atau media musik agar dapat didengar banyak orang. Kamu juga dapat bermain musik di acara pernikahan, tampil di café, dan lainnya. Dan yang terpenting, kamu harus terus menunjukkan karya terbaik dan berlatih agar tumbuh karakter yang kuat.

2. Menulis

Bagi yang suka membaca buku, novel, artikel dan lain sebagainya, pada umumnya juga akan memiliki minat di bidang kepenulisan. Jika kamu suka menulis, maka hobi yang satu ini dapat menjadi peluang untuk menambah pemasukan bulanan kamu.

Menulis pun memiliki begitu banyak jenis yang berbeda. Suka menulis cerita fiksi ataupun non fiksi? Kamu dapat membuat novel karyamu sendiri, jika sebelumnya kamu sudah membuah sejumlah draft cerita, jangan biarkan ceritamu hanya berhenti di folder laptop saja. Kamu harus mulai memberanikan diri untuk mempublikasi karyamu.

Saat ini semua sudah serba mudah, sehingga untuk mengirimkan naskah ke penerbit tidak perlu datang atau mengirimkan hard printnya ke penerbitan, kamu dapat mengirimkannya menggunakan email atau sesuai prosedur perusahaan penerbitan yang hendak kamu tuju.

Baca juga: Ini Dia Cara Mudah untuk Menjadi Penulis Novel bagi Pemula!

3. Fotografi

Hobi yang menghasilkan uang berikutnya adalah fotografi. Bila kamu suka dengan aktivitas menangkap gambar, memainkan kamera hingga menghasilkan jepretan foto yang indah, maka jangan lewatkan peluang untuk meraup untung dari hobi fotografi ini.  Sebab saat ini, banyak bidang yang memerlukan fotografi untuk kepentingan promosi, konten pemasaran, atau event khusus seperti acara bisnis, pernikahan, dan perpisahan sekolah.

Selain itu, fotografi bisa dijadikan hobi yang menguntungkan melalui kegiatan menjual foto hasil tangkapanmu. Tak hanya itu, peluang-peluang lain dari fotografi yang dapat kamu manfaatkan antara lain membuka kursus fotografi, berjualan aksesoris kamera, menyewakan kamera, mendirikan jasa editing foto, dan sejenisnya.

Namun jika kamu senang dengan aktivitas memotret tetapi tidak tahu bagaimana teknik mengambil gambar dengan baik, kamu bisa mempelajarinya terlebih dalu di course “Memahami Dasar Fotografi Menggunakan Kamera Handphone dan DSLR”.

4. Desain Grafis

Jika kamu memiliki hobi mengutak-atik software design seperti Inkscape, Photoshop, Illustrator, Figma dan lainnya maka kamu memiliki kesempatan besar untuk menjadi seorang desainer grafis. Desain grafis sendiri juga memiliki begitu banyak jenis pekerjaan, tergantung kemampuan kamu menggunakan tools. Apabila kamu memiliki keinginan untuk mengasah kemampuanmu menggunakan tools design, kamu bisa mengikuti course “Desain Grafis Menggunakan Inkscape”.

Bagi kamu yang lebih tertarik membuat sebuah desain template, baik di sosial media, presentasi maka content creator bisa menjadi pekerjaan yang tepat. Jika kamu lebih suka membuat sebuah ilustrasi, menggambar icon digital maka pekerjaan yang tepat untukmu yaitu sebagai seorang desainer grafis atau desainer logo. Tapi jika kamu lebih tertarik mendesain website ataupun mengembangkan sebuah aplikasi maka kamu perlu mendaftar sebagai UI designer.

Baca juga: 7 Software Desain Grafis Gratis Terbaik di 2022

5. Traveling

Siapa yang tidak suka dengan kegiatan jalan-jalan berkunjung ke berbagai daerah? Apalagi jika berwisata ke luar negeri, pasti pengalaman yang didapatkan tidak kalah seru. Selain menjadi sarana hiburan dan refreshing, ternyata traveling bisa jadi hobi yang menguntungkan. Ada banyak peluang yang bisa kamu lakukan agar bisa mendulang pendapatan dari traveling. Dimulai dengan menjadi travel-blogger, vlogger, influencer, tour guide, berjualan tiket, hingga membuka jastip.

6. Bermain Game

Bagi sebagian orang, bermain game mungkin terdengar sepele dan dianggap hanya buang-buang waktu. Namun, bermain game termasuk salah satu hobi yang menghasilkan. Bagaimana sih cara mendapatkan uang dari game? Kamu bisa menjual perangkat atau hal-hal yang berkaitan dengan game, dan menjadikan permainan game sebagai tontonan pada aplikasi streaming.

Sekarang ini, menjadi seorang gamers profesional dan mengikuti berbagai turnamen menjadi hobi yang sangat menjanjikan. Orang-orang yang serius menekuni dunia game diakui sebagai atlet e-sport. Jadi, bagi pencinta game, sebaiknya manfaatkan sebagai sumber pendapatan.

Baca juga: 10 Tips untuk Jadi Streamer Game Handal

7. Memasak

Memasak memang merupakan hobi dan keahlian ini bukan hanya dimiliki oleh kaum wanita lagi, seperti halnya membuat kue, masak makanan sehari-hari dan yang lainnya. Kegiatan ini pun sekarang telah menjadi salah satu kebutuhan yang wajib ada untuk memenuhi kebutuhan pasar seperti halnya tempat yang biasa dikunjungi orang banyak yaitu hotel, restoran dan lainnya

Dengan mempunyai hobi dan keahlian di bidang kuliner, maka kamu bisa menciptakan ide bisnis seperti membuka warung makanan di depan rumah, atau menawarkan jasa katering bagi acara-acara besar seperti syukuran, pernikahan, dan lainnya.

8. Berkebun

Dewasa ini ada beberapa tren bermunculan selama pandemic. Berubahnya kebiasaan semua orang, membuat begitu banyak hal baru atau hal yang sudah lama ditinggalkan kembali menjadi aktivitas favorit. Salah satu tren tersebut yaitu tren menanam tanaman. Jika kamu salah satu yang suka dengan tanaman, dan memiliki banyak pengetahuan dalam bidang cocok tanam, maka kamu bisa membuka peluang bisnis hanya dari halaman rumahmu.

Bagi para pecinta tanaman, tentu akan memiliki sejumlah koleksi bunga dan tanaman di rumah mereka. Tidak terasa tanaman tersebut semakin banyak, maka kamu dapat menjual koleksi-koleksi tanaman di rumah kamu.

Baca juga: 6 Cara Sukses Budidaya Jahe Merah dalam Polybag

Nah, itulah 8 hobi yang menghasilkan uang. Apa pun hobi yang kamu geluti, mulailah menjadikannya peluang usaha mulai dari sekarang, dan hasilkan uang dari hobi tersebut. Dengan begitu, kamu tidak hanya menambah pundi-pundi penghasilan saja, namun juga menyalurkan kesenangan serta bakat yang kamu miliki melalui hobimu. Selamat Mencoba!

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *