Tanggal:06 May 2024

Beberapa Syarat Penting Untuk Menjadi Polwan / Polisi

Buat anak muda yang ingin bergabung di angkatan yaitu di kepolisian atau TNI agar mempersiapkan segala sesuatunya dari jauh-jauh hari, baik dari segi administrasi, fisik dan lain-lainnya.

Banyaknya rumor ataupun hal fakta nyata yang perna anda alami, jika ingin masuk di pemerintahan baik itu militer (polisi dn TNI) dan sipil (PNS) harus ada KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme). Sedangkan kita tidak ada sama sekali yang mendukung kesana.

Saya harap jangan putus asa, selagi masih ada kemauan pasti ada jalan, selagi napas berhebus dan jantung berdetak dan semangat merah darahku dan putih tulangku insyaallah negara kita akan berusaha menjadi lebih baik.

Sebagaimana diperjuangan pemerintah untuk membrantas habis KKN. Jadi intinya kita usaha dulu. Berikut ini saya ulas tentang persiapan untuk bergabung di angkatan sebagai berikut :

Persyaratan Umum

1. Persiapkan ijazah yang dilegalisir dari Depdiknas setempat, biasanya letaknya di tingkat kecamatan atau kabupaten, mudah dan cepat prosesnya. Terus siapkan KTP,dan perlengkapan yang lain, bisa dilihat di polres atau di internet (syarat berkas pendaftaran).

2. Tes kesehatan dilaksanakan dua kali. Pertama biasanya adalah tes bagian luar tubuh (tinggi dan berat badan, postur, mata, gigi, THT, kulit, alat reproduksi, anus, varises). Untuk tes kesehatan pertama baik pria/wanita sudah jelas pasti telanjang bulat ddi depan panitia dalam ruang tertutup karena akan diperiksa kesehatan bagian luarnya. Mulai dari tinggi dan berat badan, tensi darah, telinga, mata, amandel, gigi, postur tubuh, tangan dan jemari, kulit (jangan ada tato/tindik), virgin dan payudara (wanita), varikokel dan hernia (pria), ambeien (hemorhoid), varises, sampai telapak kaki. Nanti skrotum dipegangin untuk periksa varikokel dan hernia.

3. Test psikotest, pada test beda psikotest konvensional. Persiapan dan konsentrasi harus dijaga harus cermat mendengarkan, jangan ngobrol, sudah tau jawabannya langsung jawab. Diperhatikan waktu test, karena jika lengah akan kehabisan waktu, Psikotes tidak usah dipaksakan harus sesuai kemampuan aja, tidak terjawab semua bukan berarti mengurangi nilai. yang penting sehari sebelum tes harus istirahat total.

4. Test akademik yaitu pengetahuan umum seperti bahasa indonesia, matematika, test uu kepolisian serta test bahasa inggris. Persiapan test akademik belajar seperti akan ulangan saat sekolah. 5. Kesehatan kedua adalah bagian dalam tubuh (ronsen / rontgen , tes urin, dan test darah). Nanti akan diambil sampel darah dan urine. Kemudian di rontgen juga. yang suka mabok/ngerokok nanti ketahuan paru-parunya kotor. Sebaiknya anda check up terlebih dahulu ke dokter Polri sebelum tes yang sebenarnya. Khusus Brigadir rikkes 2 ditambah test kesehatan jiwa (MMPI) saudara juga harus konsultasi dulu ke ahlinya yang memiliki kompetensi (psikolog /psikiater), sehingga nanti mendapatkan hasil yang maksimal.

Test kesamaptaan

  1. Lari minimal 2500 m (2,5 km) dalam 12 menit (usahakan lebih buat nilai tambah)
  2. Push up hingga 43x dalam 1 menit. untuk tes Polwan, olahraganya juga mirip pria, hanya push up nya lutut dipakai, dan pull up-nya kaki juga menapak tanah.
  3. Chinning > 60x dalam 1menit (wanita)
  4. Pull up 7x dalam 1 menit
  5.  Sit up 50x dalam 1 menit
  6. Shuttle run (lari angka 8) 3x
  7. Antropometrik=tes postur seperti, sikap tegap, cara jalan, sikap hormat, dll
  8. Renang 25 meter yang penting sampai dalam 1 menit tanpa berhenti/ tidak tenggelam.

Pengurutan rangking

Karena setiap polda ada quota masing-masing jadi total nilai berpengaruh terhadap kelulusan calon.

Pantohir

Dalam test ini biasanya akumulasi dari nilai dari awal, dibarisin di dalam ruangan di hadapan para pejabat, interview dan diperiksa lagi. mudah mudahan lebih transparan, adil, jujur, aman, dan tidak ada praktik KKN.

Wawancara yang penting jujur dan apa adanya.Jangan pesimis jika rezeki kita tidak akan kemana ALLAH SWT telah mengatur garis hidup dan rezeki kita yang penting usaha.

Dalam pantoher ini ada rumor sebenarnya cikal bakal yang lulus dan gagal sudah ada sebelum pantohir juga, cuma untuk bahan pertimbangan lagi jadi ada pantohir.

Baca juga :

3 Tips Agar Lolos Seleksi Polisi

4 Penyebab Polisi Dipecat

Perbedaan-Perbedaan Antara Polisi Dan Brimob, Apa Aja Sih?

Perbedaan Antara Satpol PP Dengan Polisi

pelatihan mengelola peran dan tanggung jawab pekerjaan vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *