Tanggal:25 May 2024

8 Manfaat dan Alasan Belajar Bahasa Arab di Usia Muda!

Saat ini, mempelajari bahasa asing selain bahasa Indonesia yang digunakan dalam keseharian penting, bukan? Karena komunikasi kita sebagai bentuk interaksi dengan banyak orang dari berbagai budaya dan negara yang berbeda, sehingga penting bagi seseorang untuk mempunyai kemampuan berbahasa.

Tentu, kebanyakan orang menguasai bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional paling penting, tapi selain bahasa Inggris ataupun bahasa internasional lainnya, tak kalah penting salah satunya bahasa Arab. Bahasa Arab menjadi bahasa Internasional yang diperlukan masyarakat, terutama memiliki peran penting bagi kaum muslimin untuk mempelajari bahasa Arab.  

Bagaimana pencapaian kamu dalam menggunakan bahasa Arab? Mengapa bahasa Arab itu harus dikuasai? Nah, berikut penjelasan dan manfaat memiliki kemampuan bahasa Arab yang bisa kamu rasakan, simak berikut ini ya! 

Pengertian bahasa Arab

Bagi umat Islam, bahasa Arab merupakan suatu keutamaan, belajar bahasa Arab salah satu alasannya adalah agama. 

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa semit tengah, yang termasuk dalam rumpun bahasa semit dan berhubungan dengan bahasa Ibrani serta neo-Arami. Bahasa ini, termasuk bahasa resmi di 25 negara, yang merupakan bahasa peribadatan dalam agama Islam karena bahasa yang digunakan dalam Al Qur’an. Berdasarkan penyebaran geografis, dalam bahasa Arab memiliki banyak percakapan variasi loh! atau bisa disebut dialek. Beberapa dialeknya bahkan dari salah satunya tidak dapat mengerti satu sama lain.

Bahasa Arab modern telah di klasifikasikan sebagai satu makrobahasa dengan 27 sub bahasa. Sedangkan bahasa Arab baku, dikenal sebagai bahasa Arab sastra diajarkan secara luas di sekolah, dan universitas, serta digunakan di tempat kerja, pemerintah, media massa.

Manfaat serta alasan belajar bahasa Arab

1. Bahasa Arab adalah Bahasa Al Qur’an

Ilustrasi Bahasa Arab Adalah Bahasa Al Qur’an (Sumber: Pexels)

Kamu tahu tidak keutamaan bahasa Arab itu apa? Ya betul keutamaannya adalah bahasa Al Qur’an. Setelah mengetahui keutamaan bahasa Arab, tentu menjadi alasan kuat untuk mempelajari bahasa Arab ya!

Dalam Al Qur’an dijelaskan, dengan Al Qur’an akan mendapatkan pelajaran dan Al Qur’an dalam bahasa Arab. Maka dengan sangat jelas, bagi kaum muslimin belajar bahasa Arab menjadi suatu keharusan untuk bertakwa.

Baca Juga:Prospek Kerja Jurusan Sastra Arab, Simak Berikut Ini!

2. Mempermudah memahami, menghafal, membaca Al Qur’an

Sebagai seorang muslim,  tentu menguasai kemampuan belajar bahasa Arab dengan lancar menjadi suatu impian bukan? Agar mempermudah kita dalam membaca, memahami, serta menghafal Al Qur’an. 

Bahasa Arab merupakan bahasa Al Qur’an Al Karim. Dengan kamu mempelajari bahasa Arab, akan mempermudah kamu mengamalkan isi Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari dengan mudah, selain itu akan mempermudah pula memahami berbagai hadits-hadits.

3. Mempermudah mempelajari memahami ajaran Islam

Ilustrasi Belajar Bahasa Arab (Sumber: Pexels)

Dengan bahasa Arab, mampu untuk memudahkan dalam memahami agama Islam. Dalam ajaran Islam, terdapat yang namanya ilmu nahwu, ilmu yang mempelajari Islam secara detail. Dengan memiliki kemampuan bahasa Arab, akan mempermudah kamu mempelajari ilmu ajaran Islam. 

Misalnya kamu adalah seorang pendakwah, tentu kamu sudah memiliki ilmu yang mendalam, agar memberikan dan menyebarkan ajaran kepada masyarakat dengan baik dan benar.

4. Mempermudah mempelajari dan menggali ilmu dari ulama

Ilustrasi Mempelajari dan Menggali Ilmu Bahasa Arab (Sumber: Pexels)

Terdapat beberapa ulama, yang memudahkan untuk memahami ajaran Islam secara luas dan terarah. Dengan kamu mempunyai kemampuan bahasa Arab, maka kamu akan lebih mudah mempelajari karya ulama  yang sudah banyak tersebar. 

5. Bahasa Arab menentramkan serta  menenangkan jiwa dan hati

Bahasa Arab itu bahasa yang mulia, lembut dapat menentramkan serta menenangkan jiwa dan hati. Umat Islam saat mendengar lantunan ayat suci Al-Quran akan tentram dan nyaman. Dalam Al Qur’an sudah dijelaskan bahwasanya bahasa Arab adalah bahasa yang fasih, jelas, luas dan banyak mengandung makna yang menentramkan jiwa.

6. Bahasa Arab menambah pengetahuan serta mempermudah komunikasi saat umroh dan haji

Setiap umat muslim pasti memiliki impian dapat menunaikan ibadah umroh dan haji bukan ? Tidak hanya itu, menunaikan ibadah umroh dan haji juga melengkapi syarat rukun Islam jika bagi yang mampu. Jika kamu dapat mempelajari bahasa Arab, akan mempermudah kamu saat menunaikan ibadah umroh dan haji, karena selain beribadah menggunakan bahasa Arab, berkomunikasi juga dengan bahasa Arab.

7. Bahasa Arab memahami dan meresapi bacaan shalat sesuai kaidah Al Qur’an

Dengan bahasa Arab, tentu akan memudahkan kita untuk memahami serta meresapi arti dan maksud setiap ayat Al Qur’an. Saat seorang muslim melaksanakan ibadah shalat ataupun melengkapi ibadah dzikir serta membaca Al Qur’an, tentu akan terasa mudah jika kita dapat memahami bahasa Arab agar paham tiap maknanya.

8. Meningkatkan serta menambah nilai kapasitas diri

Ketika seseorang mempelajari bahasa Arab dapat meningkatkan keterampilan diri seseorang. Selain meningkatkan keterampilan, juga dapat meningkatkan kapasitas diri seseorang untuk terus belajar. 

Selain itu, dapat menambah nilai dalam arti, ketika kamu ingin bekerja menempuh pendidikan di negara yang menggunakan bahasa Arab, dengan penguasaan untuk bisa mendapatkan peluang yang lebih baik kedepannya.

Baca Juga: Perkembangan Hubungan Penutur Bahasa Indonesia 

Dengan itu, sebagai seorang muslimin, tentu mempelajari bahasa Arab menjadi suatu kewajiban bukan? Seperti menyempurnakan ibadah setiap harinya. Dan mempelajari bahasa Arab di usia muda itu sangat penting, bahkan selagi bisa sejak usia dini kita dapat mempelajari bahasa Arab dengan baik dan benar. Selain menjadi suatu keutamaan Al Qur’an, dapat memahami kaidah agama secara mendalam. 

Nah! Ternyata mempelajari bahasa Arab sangat penting dan memiliki banyak manfaat yang bisa kamu rasakan bukan? kamu dapat terus belajar dengan mengikuti kursus di vocasia belajar bahasa arab dengan praktek, lho!  Tentu mempelajari bahasa Arab sejak usia muda sangat penting, ketika kita mempelajari tentang kebaikan tidak akan sia-sia begitu saja ko! Semangat belajar dan memahami bahasa Arab agar kebaikan terus menyebar dalam diri ya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *