Tanggal:28 April 2024

9 Prospek Pekerjaan untuk Jurusan Sastra Arab yang Berpeluang Besar!

Program studi Sastra Arab sebagaimana ranahnya yaitu mempelajari sastra juga mengajak kamu untuk mempelajari linguistik Bahasa Arab secara mendalam. Kamu juga akan mempelajari berbagai karya tulis dalam berbagai bentuk karya sastra seperti novel, naskah drama, atau puisi yang ditulis dalam Bahasa Arab. 

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Mengambil program studi Sastra Arab bertujuan untuk mengasah kemampuan analisis dengan mengkaji, menganalisis, dan mengapresiasi berbagai karya sastra Arab. Tidak menutup kemungkinan juga apabila kamu sendiri yang menciptakan karya sastra berbahasa Arab.

Namun, bagaimana prospek kerja lulusan Sastra Arab? Bagi kamu yang sudah mengambil program studi tersebut, adakah bayangan mengenai pekerjaan yang akan kamu lakukan ke depannya? Jika masih bingung, simak prospek kerja jurusan Sastra Arab dalam artikel ini, ya!

Baca juga: Jenis-jenis Iklim di Dunia

Prospek Kerja Jurusan Sastra Arab

Prospek Kerja Jurusan Sastra Arab. Sumber: pexels.com

Saat ini, hubungan Indonesia dengan negara-negara di Arab sangat baik baik dalam menjalin kerja sama, komunikasi, maupun perekonomian. Hal tersebut menandakan bagi kamu yang saat ini menjalankan program studi Sastra Arab dan menguasai Budaya Arab tidak perlu khawatir karena punya peluang kerja yang bagus. 

Profesi lulusan program studi Sastra Arab dan sangat banyak, lho! Penasaran profesi apa saja yang menjadi lading atau prospek kerja jurusan Sastra Arab? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Perilaku Orang Tua yang Membuat Anak Stres

1. Penerjemah

Hampir semua lulusan sastra punya peluang besar sebagai penerjemah atau translator. Namun, apakah menjadi penerjemah Bahasa Arab banyak dibutuhkan dalam dunia kerja?

Menurut data Lingoda, penggunaan Bahasa Arab banyak digunakan di dunia yang menempati 20 bahasa yang sering digunakan dan jumlah penuturnya berjumlah 274 juta orang. Hal ini mengakibatkan banyak karya sastra berbahasa Arab yang berhasil dibuat. 

Sebagai penerjemah atau translator, kamu bertanggung jawab dalam menerjemahkan suatu karya ke dalam bahasa lain dengan tujuan agar karya bisa dinikmati oleh orang-orang di seluruh penjuru dunia. 

2. Sastrawan

Rasanya tak heran jika lulusan sastra menginginkan profesi sastrawan untuk bisa menjadi seorang penulis kreatif baik dalam membuat puisi, lirik, dan sebagainya.

Namun, profesi ini biasanya dilakukan secara lepas (freelance) dan dikenal dari karya-karyanya. Berbagai jenis karya yang dapat dihasilkan sastrawan Arab antara lain puisi, syair, prosa, dan cerita pendek.

3. Jurnalis

Tidak seperti jurnalis kebanyakan yang berasal dari berbagai jurusan, lulusan Sastra Arab punya kelebihan tersendiri ketika bekerja sebagai jurnalis.

Semasa kuliah, akan banyak belajar cara menyajikan kata-kata sehingga bisa tersampaikan dengan baik ke orang lain. Hal tersebut membuat profesi jurnalis memiliki peluang besar untuk para lulusan Sastra Arab.

Kamu dapat menjadi jurnalis dalam media cetak, online, suara, maupun televisi. Bahkan, kamu dapat lebih jauh menjadi jurnalis kontributor yang bertugas di Arab karena kemampuan yang kamu miliki. 

Baca juga: Mengapa Indonesia di sebut Negara Agraris

4. Penulis 

Siapa yang tidak tahu profesi content writer? Profesi yang menjanjikan ini semakin banyak peminatnya termasuk untuk para lulusan Sastra Arab. Kamu dapat bekerja di perusahaan korporat, start up, hingga agensi. 

Profesi content writer saat ini juga banyak ditawarkan sebagai freelance. Tulisan yang kamu buat untuk memenuhi konten atau bahkan kamu bisa menciptakan tulisanmu sendiri berupa buku ataupun bahan ajar Bahasa Arab.

5. Instansi pemerintahan

Lulusan Sastra Arab juga bisa masuk ke lembaga pemerintahan dengan menyesuaikan kemampuan sendiri. Umumnya, instansi pemerintahan yang menjadi prospek kerja Sastra Arab terbuka lebih luas dalam kedutaan, khususnya Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi.

6. Peneliti

Selama mengambil program studi dalam Sastra Arab, kamu mempelajari banyak hal secara mendalam seputar budaya Arab dan negara Timur Tengah lainnya. Ilmu yang sudah kamu dapatkan bisa diterapkan dan dieksekusi secara langsung sebagai peneliti, lho!

Tulisan itu tentu akan sangat berguna bagi perkembangan budaya Arab bahkan untuk informasi di dunia. Siapa sangka peneliti budaya adalah sebuah profesi yang menjanjikan bagi prospek kerja jurusan Sastra Arab?

Baca juga: Franchise Cetroo Coffee

7. Pemandu tur (Tour guide)

Hal yang paling menyenangkan apabila berbicara mengenai pariwisata. Jika kamu adalah seseorang yang senang traveling, menjadi tour guide adalah prospek kerja yang sangat menarik bagi lulusan Sastra Arab.

Kamu dapat berkesempatan menjadi pemandu wisata di Arab Saudi bagi turis mancanegara, termasuk Indonesia. Jika melihat peluang, profesi ini memiliki peluang yang sangat besar mengingat banyaknya orang dari seluruh dunia termasuk Indonesia yang mendatangi Arab Saudi.

8. Tenaga pendidik

Menjadi tenaga pendidik juga diperuntukkan bagi jurusan Sastra Arab. Untuk mempergunakan ilmu yang telah kamu miliki, tenaga pendidik bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. 

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekolah yang secara khusus mengajarkan Bahasa Arab sebagai mata pelajaran yang diajarkan. Jadi, bagi kamu yang senang berbagi ilmu, senang mengajar, dan senang melihat seseorang bisa berkembang menjadi guru, dosen, maupun mentor kursus Bahasa Arab bisa menjadi pilihanmu!

9. Lembaga asing

Konon, lulusan sastra asing punya peluang besar untuk kerja di lembaga asing. Hal ini yang juga terjadi pada lulusan Sastra Arab. Kamu dapat bergabung dengan perusahaan internasional seperti PBB, UNICEF, ILO, UNDP, dan UNESCO. Hal ini akan membuka lebih luas dunia kerja karena kamu bisa bekerja langsung dengan pekerja luar negeri lainnya!

Baca juga: Prinsip UX Design

Itu dia beberapa prospek kerja jurusan Sastra Arab. Jika saat ini kamu tengah menjalankan kuliah ataupun akan mengambil jurusan Sastra Arab, jangan khawatir karena banyak sekali prospek kerja jurusan Sastra Arab yang menjanjikan. Semangat, ya!

Ingin membaca artikel menarik lainnya untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan yang kamu miliki? cukup klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna!

Vocasia adalah salah satu platform edukasi online bersertifikat yang menyediakan banyak pelatihan untuk menunjang keahlianmu dalam berbagai macam bidang. Selain itu, dengan bergabung bersama Vocasia memberikan kesempatan belajar bersama mentor-mentor yang berpengalaman dalam bidangnya!

Nikmati segala penawaran khusus di Vocasia berupa potongan harga untuk mengikuti berbagai kelas online agar kamu semakin mahir dalam berbagai kemampuan! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Pengertian dan Tujuan Pelatihan Kerja pada Karyawan

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *