Tanggal:05 May 2024

Berikut Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri Sendiri yang Seimbang untuk Persiapanmu Wawancara Kerja!

ilustrasi wawancara kerja (pixabay.com)

Tips Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Diri

Untuk mendapatkan sebuah pekerjaan impian tentunya harus melalui beragam proses yang salah satunya ialah tahapan wawancara kerja, ya. Dimana sebagai pelamar tentu saja harus menyiapkan diri sebaik mungkin agar bisa menjawab semua wawancara kerja dengan tenang serta dengan jawaban yang tepat. Salah satu pertanyaan yang umumnya ditanyakan oleh pewawancara kerja ialah mengenai kelebihan dan kekurangan diri sendiri, nih. Yang mana pertanyaan itu bertujuan untuk mengukur seberapa jauh potensi kita hingga letak kejujuran kita dalam melakukan penilaian terhadap diri sendiri.

Kalau kamu berpikir untuk memaksimalkan kelebihan dirimu dengan membangun citra diri lalu ala kadarnya saja untuk menjawab bagian kekurangan diri sendiri, rasanya hal tersebut perlu dipikir ulang deh. Coba bayangkan apakah yang kamu lakukan itu benar-benar terlihat natural? Ataukah justru terlihat seakan-akan kamu tengah menutupi beragam kelemahan dirimu. Ingat bahwa tidak ada satu pun manusia di muka bumi ini yang tak memiliki kekurangan, lho. Terlebih lagi saat kamu over mencitrakan diri saat menjelasakan beragam kelebihan dirimu, takutnya pewawancara kerja akan menanyakan lebih lanjut yang jutrsu menjebak kamu, misalnya saja kamu dimintai bukti atau bahkan praktik langsung atas kelebihanmu itu di depan si pewawancara kerja, lho.

Maka dari itu, alangkah lebih bijaknya kalau pertanyaan kelebihan dan kekurangan diri sendiri saat wawancara kerja itu kamu jawab dengan seimbang, ya. Yang mana artinya tidak ada poin yang terkesan dilebih-lebihkan ataupun sebaliknya dikurang-kurangi, dari sini tentunya kamu berbicara jujur sehingga untuk membuktikannya tentu kamu tetap bisa menjawab atau mampu melakukannya dengan tenang, nih. Sebagai tambahannya, untuk bagian kekurangan diri, kamu bisa menambahi upaya evaluasi diri supaya memberikan kesan bahwa kamu tak diam begitu saja memelihara kekuranganmu, terlebih lagi jika kekurangan itu sejatinya bisa untuk diperbaiki. Sehingga evaluasi itu bisa berisi tentang cara-cara yang kamu lakukan untuk mengatasi atau meminimalisir atas dampak dari kekurangan dirimu, ya.

Contoh Kelebihan Diri Sendiri

1. Percaya Diri

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa rasa percaya diri ialah kunci pertama dari terwujudnya kesuksesan dalam mengerjakan atau melakukan sesuatu, ya. Dimana dari rasa percaya diri ini memberikan beragam dampak positif baik secara internal maupun eksternal. Untuk lebih meyakinkan, kamu bisa memberikan bukti bahwa kamu menerapkannya dalam berbagai hal, misalnya saja saat menerima hasil kerja kamu sangat yakin akan kemampuan dirimu.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri

2. Komitmen Tinggi pada Pekerjaan

Hal ini tentu akan membangun citra dirimu yang bertanggung jawab akan tugas kerja yang dibebankan kepada kamu, ya. Dimana dengan komitmen yang tinggi pada pekerjaan tentunya kamu akan dilihat sebagai pekerja yang selalu berupaya memberikan kinerja terbaik dengan tak berputus asa atau bahkan tak bertanggung jawab dengan meninggalkan pekerjaan saat tugas tersebut terasa berat atau sedang terkena masalah, ya. Jangan lupa memberikan bukti akan komitmenmu pada pekerjaan, ya. Misalnya saja dengan menjelaskan koordinasimu dengan rekan kerja yang kamu bangun sedemikian rupa agar hasil pekerjaan bisa lebih makasimal lagi.

3. Rapi dalam Bekerja

Rapi tak hanya terlihat dari cover saja, melainkan juga isinya. Hal itulah yang akan tercermin saat kamu menjadikan rapi dalam bekerja sebagai jawaban kelebihan dirimu saat wawacara kerja, ya. Sebagai bukti bahwa kamu rapi dalam bekerja, kamu bisa menjawab kalau kamu adalah seseorang yang bekerja sesuai tata urutan dan tidak melewatkan detail pekerjaan.

4. Komunikasi yang Baik

Saat ini komunikasi yang baik menjadi hal utama yang diperhatikan dalam semua jenis pekerjaan, ya. Sesederhana bagaimana bisa bekerja sama dengan rekan kerja kalau kamu tak bisa berkomunikasi untuk menyampaikan makna pesan pentingmu pada rekan kerja? Coba bayangkan. Sehingga kelebihan akan komunikasi yang baik tentu akan diapresiasi oleh pewawancara kerjamu, lho. Dimana kelebihan ini dapat kamu tunjukkan dengan menjawab setiap pertanyaan secara lugas, tidak bertele-tele, dan mudah dimengerti oleh si pewawancara kerja.

Contoh Kekurangan Diri Sendiri

1. Tidak Sabar

Menjadi seseorang yang tidak sabaran memang terlihat negatif yang tentunya merupakan kekurangan diri, ya. Tapi saat sedang wawancara kerja, kamu bisa mengemasnya menjadi suatu kelebihan yang tak terduga, lho. Misalnya saja setiap ada pekerjaan rasanya tak sabar ingin cepat selesai secara cepat dan tepat. Bahkan kamu juga bisa menambahkan kalau kamu membiasakan diri membuat to-do-list, sehingga kamu dapat melakukan pekerjaan sesuai prioritas.

2. Mudah Kecewa

Sama seperti poin sebelumnya bahwa seseorang yang mudah kecewa tentu sebuah kekekurangan diri. Dimana kamu perlu menjelaskan bahwa kamu telah mengevaluasi diri agar bisa lebih mengontrol emosionalmu itu, ya. Bahkan dari rasa kecewamu yang berkaitan denagan turunnya performa kerja atua hasil kerja misalnya, maka dari situ kamu belajar agar bisa memberikan persiapan kerja dan kemampuan yang ekstra lagi agar rasa kecewa itu tak perlu muncul lagi atau bisa terminimalisir, ya.

3. Sulit Percaya Orang Lain

Sulit percaya pada orang lain juga kekurangan diri, ya. Dimana kamu bisa menjelaskan kalau rasa sulit percaya ini hanya berlaku untuk orang asinga atua yang belum kamu kenal saja, ya. Jadi, kalau sudah kenal terlebih dengan rekan kerja yang perlu untuk bekerja sama, maka mindsetmu akna berubah. Kamu juga bisa menambahkan bahwa rasa sulit percaya pada orang lain ini sebagai kunci agar kamu lebih berhati-hati dalam mengambil langkah atau menentukan keputusan.

4. Belum Memiliki Banyak Pengalaman

Terakhir, kekurangan diri berupa tak adanya banyak pengalaman kerja, nih. Dimana biasanya berlaku untuk para pelamar yang baru lulus kuliah, tentu hal ini secara natural akan dimaklumi, ya. Tapi, kamu juga harus menjelaskan bahwa kamu tak memiliki pengalaman kerja secara nyata, tapi kamu punya kemampuan diri yang dibuktikan dengan kemampuanmu saat berorganisasi, mengikuti seminar, hingga pelatihan khusus, ya.

Demikian penjelasan terkait tips dan contoh kelebihan dan kekuranagan diri sendiri untuk persiapan wawancara kerja. Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi terkait dunia kerja lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Kamu bisa menikmati segala kursus online dari berbagai topik yang sedang kamu butuhkan dengan potongan harga khusus hanya di Vocasia . Ingat bahwa dunia semakin cepat berkembang tanpa menunggu kesiapanmu, kalau bukan dari sekarang kamu menyiapkan kemampuan diri atau menjadikan diri lebih mahir akan suatu hal, lantas menunggu kapan lagi? Segera cek dan temukan kursusmu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca Juga: Jenis-Jenis Pertanyaan Dalam Wawancara

Baca Juga: Hal-Hal yang Harus Dilakukan Saat Wawancara

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *