Tanggal:29 April 2024
Cara berkomunikasi denga orang lain di ruang tunggu - @istock

Jangan Lakukan Hal-Hal Berikut Saat Wawancara!

Saat kamu sedang ingin melakukan wawancara di sebuah kantor perusahaan, kamu harus mengikuti peraturan yang ada. Tidak hanya itu, kamu harus menunjukan bahwa kamu layak dan pantas jika bekerja di tempat tersebut. Etika kesopanan kamu juga akan diuji saat wawancara. Jadi, pastikan versi dirimu yang terbaik muncul pada saat wawancara hingga kamu bekerja di tempat tersebut. Lalu, apa saja sih yang harus kita perhatikan saat wawancara? 

Saat kamu dipanggil untuk wawancara, kamu harus mempersiapkan beberapa hal agar kamu terlihat pantas untuk bekerja ditempat tersebut oleh interviewer. Selain menyiapkan materi dan cv untuk kamu wawancara, ada banyak faktor lain yang juga kamu harus siapkan. Kira-kira ada apa saja sih? Yuk kita simak bareng-bareng!

1. Tidak Sopan 

Bersikap sopan kepada orang lain harus selalu kamu terapkan agar kita sebagai makhluk sosial menjalani hidup yang damai dan nyaman dengan satu sama lain. Terutama saat kamu sedang mengikuti sebuah wawancara. Pastinya, kamu ingin memiliki impresi yang baik di hadapan perusahaan yang sedang kamu apply. Ada baiknya kamu bersikap sopan pada saat wawancara berlangsung. Hal ini dilakukan agar kamu menunjukkan bahwa kamu layak dan memiliki attitude yang baik.

2. Terlambat 

Wawancara biasanya dilakukan pada siang hari, tetapi juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, apalagi kita masih di tengah pandemi ini. Ada baiknya saat kamu mendatangi sebuah interview, kamu sudah siap dan tidak terlambat. Hal ini dilakukan agar kamu menunjukkan kepada recruiter bahwa kamu memiliki time management yang baik. Selain itu, kamu juga mempersiapkan apa saja yang harus kamu sampaikan lebih tenang dan santai.

3. Menanyakan Hal-Hal Personal 

Ada baiknya kamu tidak menanyakan hal-hal yang sangat personal kepada siapapun yang nanti mewawancarai kamu. Contohnya saja menanyakan kehidupan personal pewawancara dan lain-lainnya yang sangat tidak relevan dengan pekerjaan atau posisi yang kamu ingin di dalam perusahaan tersebut. Jika kamu melakukan hal ini, kamu akan langsung dianggap tidak sopan dan juga memungkinkan untuk kamu tidak mendapatkan pekerjaan tersebut.

4. Sikap Tidak Baik 

Selanjutnya sikap yang baik secara keseluruhan juga akan diperhatikan dalam wawancara. Contohnya saja saat kamu sedang wawancara, kamu sebaiknya memperhatikan pewawancara dengan teliti dan juga mendengarkannya selalu. Lalu, selalu memiliki eye contact agar terlihat sopan dan memperhatikan, serta tidak menunjukan wajah yang terlihat cuek dan bodo amat. Jangan juga untuk mengangkat telepon saat interview ya! Lebih baik matikan handphone kamu sebelum memulai interview!

5. Tidak Berpakaian Rapi 

Yang terakhir, pastikan kamu berpakaian yang rapi ya! Mungkin bagi beberapa pekerjaan saat wawancara tidak begitu memerlukan hal ini, tetapi mayoritas pekerjaan yang ada di dunia ini sangat mementingkan pakaian kamu saat mendatangi wawancara lho! Jadi, pakai baju kemeja hingga celana bahan bila perlu agar kamu terlihat rapi ya!

Untuk wawancara kamu selanjutnya, jangan lupa diingat hal-hal berikut untuk tidak kamu lakukan ya!

sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *