Tanggal:06 May 2024
KAP Big Four

Mengenal KAP Big Four serta Manfaat yang Bisa Didapatkan!

Sebagian besar mahasiswa jurusan akuntansi pasti sudah tidak asing lagi dengan KAP Big Four. Big Four merupakan empat KAP (Kantor Akuntan Publik) terbesar yang memberikan konsultasi pajak dan berbagai layanan manajemen lainnya. Keempat perusahaan tersebut ialah Deloitte Touche Tohmatsu, PwC (PricewaterhouseCoopers), EY (Ernst & Young), dan KPMG.

Disebut sebagai KAP Big Four karena keempat firma tersebut memiliki nilai aset yang besar dan jaringan yang luas. Keempat firma tersebut sering melayani perusahaan Global Fortune 500.

Mengenal 4 Firma Big Four

1. Deloitte

Perusahaan Deloitte Touche Tohmatsu adalah perusahaan yang berfokus pada layanan strategi dan operasional, layanan human capital, dan layanan teknologi. Dalam proses merekrut karyawan, Deloitte biasanya menargetkan untuk lulusan MBA, sarjana, dan program magang. Dengan menjadi bagian dari Deloitte, kamu akan mendapatkan peluang besar untuk bekerja dengan perusahaan Fortune 500 di bidang keuangan atau perusahaan ternama dengan reputasi besar lainnya.

Baca juga: 10 Prinsip Dasar Akuntansi Yang Penting Kamu Ketahui

2. PricewaterhouseCoopers (PWC)

Perusahaan PWC merupakan hasil dari dua wujud usaha yaitu Price Waterhouse and Coopers & Lybrand. PWC memberikan layanan konsultasi yang berfokus pada forensik, konsultasi, dan kesepakatan. PWC juga turut membantu mahasiswa untuk menunjang karier mereka dengan menyediakan lowongan magang paruh waktu sebagai pelengkap studi mereka. Apabila kamu bergabung di perusahaan PWC, kamu akan dituntut untuk belajar cepat sebagaimana layaknya seorang konsultan. Seorang konsultan harus memiliki kemampuan belajar cepat untuk memahami klien.

3. Ernst and Young (EY)

Perusahaan Ernst and Young adalah kantor akuntan yang berasal dari Inggris. EY memberikan layanan konsultasi IoT, konsultasi manajemen program, transformasi risiko, layanan blockchain, dan lain sebagainya. Perusahaan ini menargetkan sarjana dan lulusan master dengan pengalaman kurang dari tiga tahun sebagai syarat recruitment. Setelah bekerja di sini, kamu akan menerima pelatihan dan penempatan langsung sesuai dengan bidang pilihannya.

4. KPMG

KPMG International Limited berpusat di Belanda dan berfokus pada pekerjaan analitis serta teknis. Layanan yang diberikan oleh KPMG antara lain adalah layanan investigasi, pengasihan proyek besar, konsultasi manajemen, teknologi forensik hingga konsultasi sengketa. Sama seperti perusahaan Big Four lainnya, KMPG juga memberikan kesempatan pada mahasiswa lulusan sarjana dan pascasarjana untuk bergabung. Dengan begitu, kamu dapat meningkatkan pemahaman tentang operasi bisnis Fortune 500.

Baca juga: Cara Menjadi Finance Yang Baik

Itu dia penjelasan singkat mengenai KAP Big Four. Untuk kamu yang berasal dari jurusan selain akuntansi, tenang saja, karena Big Four juga terbuka untuk mahasiswa jurusan bisnis, manajemen, komunikasi, hukum, dan lainnya. Namun, pastikan kamu harus mempunyai kemampuan dan skill yang mumpuni untuk membuat perusahaan tertarik sama kamu, ya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *