Tanggal:21 February 2024

Biografi Ferry Unardi, Pendiri Traveloka

Biografi Ferry Unardi.

Siapa kiranya yang tak tahu aplikasi Traveloka? Aplikasi yang memiliki logo burung dan berwarna biru ini telah banyak digunakan orang untuk mempermudah mereka dalam melakukan kegiatannya, terutama ketika mereka ingin pergi dan berlibur. Hanya dengan membuka aplikasi Traveloka, masyarakat sudah bisa membeli tiket perjalanan mereka, bahkan hingga membooking hotel sebagai tempat tinggal ketika berlibur. Traveloka adalah salah satu layanan jasa yang bisa digunakan oleh masyarakat jika ingin memesan tiket akomodasi atau hotel. Semua aksesnya tersebut pun bisa dilakukan secara daring dengan membuka website remi Traveloka atau mengunduh aplikasinnya di App Store atau Playstore.

Dengan kemudahan dan kepraktisannya, maka tak mengherankan jika akhirnya banyak masyarakat kemudian beralih menggunakan Traveloka untuk memesan tiket kendaraan, hotel, dan lain sebagainya. Adanya peningkatan penggunaan tersebut juga akhirnya menjadikan pendiri dari Travelokanya sendiri menjadi salah satu orang yang sukses. Nah, yuk ketahui latar belakang dan perjalanan hidup dari Ferry Unardi, pendiri Traveloka yang sukses dengan perusahaan Travelokanya tersebut. Langsung saja, check this out!

1. Masa Kecil

Masa kecil.
Masa kecil. Sumber: Pexels

Ferry Unardi dilahirkan pada tanggal 16 Januari 1988 di Padang, Sumatera Barat. Ferry Unardi bisa dibilang merupakan pemuda yang nekat, berani, dan pantang menyerah. Hal itu dibuktikan bagaimana dirinya nekat terbang ribuan kilometer dari Indonesia untuk mengenyam pendidikan di negeri yang asing. Ferry juga merasa bahwa dirinya memiliki jiwa bisnis sedari dirinya kecil. Tak mengherankan jika akhirnya di usianya yang ke-23 atau pada tahun 2002, Ferry akhirnya bisa meluncurkan perusahaan Travelokanya tersebut, dan akhirnya menjadikan dirinya sukses seperti sekarang.

2. Pendidikan

Pendidikan.
Pendidikan. Sumber: Pexels

Selepas dirinya menamatkan bangku SMA, berkat kecerdasannya, Ferry Unardi bisa melajutkan jenjang pendidikannya di luar negeri yaitu tepatnya di Purdue University, Amerika Serikat. Ketika itu, sekitar tahun 2004 – 2008, dirinya menempuh pendidikan sarjana di jurusan Computer Science and Engineering. Selepasnya lulus dari Purdue, Ferry melanjutkan jenjang S-2nya di Harvard Business School di jurusan Master of Business Adminitration.

3. Karir dan Berdirinya Traveloka

Karir dan awal berdirinya Traveloka.
Karir dan awal berdirinya Traveloka. Sumber: Pexels

Sebelum menjadi seorang founder dari Traveloka, Ferry Unardi pun telah banyak melakukan pekerjaan lain yang tentunya menambah pengalamannya dalam bidang bisnis. Pada tahun 2008, selepas dirinya dinyatakan lulus dari Purdue University, Ferry Unardi langsung diterima kerja di perusahaan Microsoft yang beralamatkan di Seattle, Amerika Serikat. Ketika bekerja di Microsoft, Ferry Unardi menempati posisi sebagai software engineer. Kecerdasan dari seorang Ferry Unardi tidak bisa dipandang sebelah mata lagi ketika dirinya dinyatakan lolos dan diterima sebagai pegawai tetap perusahaan Microsoft ini, yang mana perekrutan karyawannya bisa dibilang sangat ketat dan hanya orang-orang cerdas terpilihlah yang bisa memasukinya.

Ferry Unardi memutuskan untuk resign dari Microsoft setelah mengabdikan diri sekitar tiga tahun di perusahaan tersebut. Ferry berpendapat bahwa terdapat banyak sekali pengetahuan dan ilmu yang dapat diambil dari pengalaman bekerjanya di Microsoft tersebut. Tak lama setelah resign, Ferry memutuskan untuk melanjutkan pendidikan magisternya di Harvard Business School. Satu semester telah berjalan sebagai mahasiswa Harvard, Ferry akhirnya memutuskan untuk membuat bisnisnya sendiri di bidang reservasi tiket akomodasi atau pesawat. Ide untuk membuat bisnis tersebut bersumber pada pengalamannya yang kesulitan dalam menemukan tiket pesawat dari Amerika ke tanah kelahirannya, Padang akibat rute yang tersedia hanya sampai Jakarta saja. Akibatnya setiap kali Ferry berniat untuk mudik, dirinya harus melakukan dua kali perjalanan hingga sampai ke rumahnya.

Adanya hal tersebut akhirnya Ferry berniat untuk mengagas bisnis yang bisa memenuhi kebutuhannya ini. Di lain sisi, Ferry Unardi juga telah berpengalaman selama delapan tahun dalam mempelajari bagaimana sistem reservasi pesawat. Ketika membuka bisnisnya tersebut, Ferry sangat mengharapkan jika bisnisnya tersebut dapat mempermudah masyarakat dalam memesan tiket pesawat. Ferry juga tak mengembangkan perusahaannya tersebut seorang diri. Dibantu oleh dua rekannya bernama Derianto Kusuma dan Albert Zhang, keinginan Ferry untuk bisa menciptakan perusahaan yang melayani jasa pemesanan tiket akhirnya bisa terwujud.

Untuk lebih fokus pada pengembangan bisnisny tersebut, Ferry juga akhirnya memutuskan untuk keluar dari pendidikannya di Harvard. Banyak orang menyesali keputusan yang dibuat oleh Ferry, namun pria tersebut bisa membuktikan bahwa keluarnya ia dari Harvard bukanlah untuk hal yang sia-sia. Terbukti bagaimana Traveloka akhirnya menjadi salah satu layanan jasa terbesar yang banyak digunakan di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Setelah melalui perjalanan panjang, Traveloka akhirnya remi rilis di pasaran pada Oktober 2012. Awal perilisannya tak langsung membawa Traveloka sesukses sekarang, justru bisa dibilang masa awal Traveloka berdiri, mereka harus menemukan kesulitan yaitu bagaimana maskapai tidak ada yang mau diajak kolaborasi. Namun, berkat semua kerja keras dan semangat pantang menyerah yang dimiliki,  akhirnya satu per satu maskapai mulai tertarik dan menyetujui kerjasama yang diajukan.

Kesuksesan Traveloka tersebut akhirnya membuat para pekerjanya berusaha untuk mengembangkannya menjadi jauh lebih baik lagi, terbukti dengan jasa yang diberikan semakin bertambah. Jika mulanya hanya menyediakan tiket pesawat, saat ini Traveloka juga menyediakan pemesanan hotel hingga tiket kereta api. Kesuksesan tersebut membaca nama Traveloka sebagai startup unicorn dengan nilai valuasi di atas 1 miliar dollar dan Ferry Unardi dikenal sebagai pengusaha sukses dan diakui oleh Forbes.

Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *