Tanggal:20 September 2024

Brand Platform: Pengertian, Manfaat, Serta Komponennya

Dalam mengembangkan suatu bisnis atau usaha, dibutuhkan banyak komponen penunjang yang tentunya tidak boleh dilewatkan. Salah satu aspek yang menjadi ujung tombak untuk keberlangsungan bisnis ialah kegiatan branding. Sebelum melangsungkan kegiatan branding, diperlukan berbagai dokumen untuk menunjang kelancaran kegiatan atau biasa disebut sebagai brand platform.

Lantas, apa sebenarnya brand platform itu? Apa manfaat serta komponen penunjangnya sehingga ia dapat berjalan lancar? Simak penjelasan selengkapnya melalui artikel di bawah ini!

Apa Itu Brand Platform?

Melansir dari MarketPoint, brand platform adalah dokumen pemasaran yang disusun untuk memberikan gambaran mengenai fitur khas yang dimiliki oleh suatu brand guna mengidentifikasi perusahaan atau produk yang dimiliki perusahaan. Elemen yang ada dalam brand platform ini dapat berupa elemen ideologis maupun visual yang membentuk suatu merek serta perencanaan untuk memasarkan merek tersebut kedepannya.
 
Selain itu, dokumen yang satu ini juga menjadi salah satu kerangka komunikasi yang dimiliki oleh suatu merek baik secara internal maupun eksternal. Oleh karena itu, brand platform juga dapat dijadikan sebagai dasar bagi karyawan untuk melakukan kegiatan operasional atau pemasaran sehari-hari.
 
Bukan hanya itu, kegunaan brand platform juga terkait dengan stakeholder. Hal ini dikarenakan dokumen yang satu ini berperan penting guna menjadi titik referensi dan pertimbangan bagi para stakeholder baik internal maupun eksternal. Ditambah lagi, brand platform juga mampu menyentralisasikan elemen branding yang berguna untuk membentuk brand value perusahaan.

Pengertian Brand Platform (Sumber: canva.com)

Lalu, Apa Sih Manfaat Brand Platform?

Dibuatnya brand platform bertujuan untuk memastikan kelancaran dan efektivitas manajemen bisnis pada suatu merek atau brand. Selain itu, dokumen ini mampu membantu perusahaan dalam mencapai niche market serta meningkatkan pemasukan dengan menarik perhatian konsumen.
 
 
Secara lebih rinci, berikut adalah beragam manfaat yang dapat diperoleh dengan brand platform.
 

1. Mampu Membuat Pesan yang Lebih Jelas

Melansir dari SendPulse, brand platform dapat memastikan semua komponen identitas brand serta kegiatan marketing dapat berjalan selaras dan beriringan sehingga menciptakan asosiasi yang kokoh dan kuat di antara kedua aspek tersebut. Hal inilah yang membuat brand akan mampu membuat dan memberikan pesan yang lebih jelas kepada target audiens serta diharapkan mampu membuat posisi brand menjadi lebih solid di pasar.

2. Tampil Lebih Menarik dan Menonjol dari Kompetitor

Dengan memiliki brand platform yang efektif, suatu merek dapat menarik lebih banyak konsumen. Merek dapat terlihat unik dan menarik di mata audiens apabila perusahaan mampu mengoptimalkan brand platform yang dimilikinya. Ditambah lagi, dokumen yang satu ini juga dapat membantu brand untuk memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen yang dapat meningkatkan loyalitas mereka.
 
Oleh karena itu, dengan mengoptimalkan penggunaan dokumen ini brand diharapkan mampu menyampaikan pesan yang efektif dan efisien serta mampu memperlihatkan ciri khas brand yang mampu membuatnya lebih menonjol dan menarik daripada kompetitor di mata audiens.

3. Memperluas Peluang dan Memperoleh Cara Baru untuk Berkembang

Telah disinggung sebelumnya bahwa dokumen yang satu ini mampu membantu brand untuk memahami dan membentuk suatu brand value yang solid. Brand value inilah yang dapat dimanfaatkan untuk membuat rencana pasar yang optimal serta tidak dengan mudah digoyahkan atau diubah-ubah.
 
Brand juga akan lebih terbantu dalam menentukan arah pengembangan pasar yang sesuai dengan brand lataran dokumen tersebut bermanfaat untuk menjadi patokan dan gambaran dalam mengembangkan lini produk.

4. Menciptakan Komunikasi yang Lebih Efektif Antar Pegawai

Brand platform yang disusun dengan tepat dan benar diharapkan mampu membantu perusahaan dalam membuat pedoman serta petunjuk bagi karyawan untuk bekerja. Dokumen ini diharapkan mampu menginformasikan terkait visi dan tujuan kerja suatu perusahaan kepada karyawan secara tepat dan akurat.
 
 
Hal ini tentunya sedikit banyak mampu mendorong karyawan yang terlibat dalam proyek atau tim tersebut untuk memiliki tujuan yang sama. Hal ini diharapkan mampu membuat para karyawan memiliki rasa persatuan satu visi dan satu tujuan lantaran memiliki kesamaan nilai sehingga dapat berkoordinasi dan bekerja sama dengan baik untuk ke depannya.

Manfaat Brand Platform (Sumber: canva.com)

Komponen Brand Platform : Apa yang Harus Ada di Dalamnya!

Usai membahas seputar pengertian serta manfaat brand platform, kini kita juga perlu memahami komponen apa saja yang harus ada di dalamnya. Hal ini tidak terlepas dari upaya untuk menciptakan serta membuat brand platform yang baik dan tepat sehingga mampu menarik di mata audiens.
 
 
Berikut ini adalah beberapa komponen brand platform:
  • Tujuan: Yang pertama dan paling utama ialah membuat tujuan. Kamu bisa mulai menentukan alasan utama terkait pembuatan brand tersebut serta jelaskan dampak atau hal apa yang ingin dilakukan brand untuk dunia atau paling tidak untuk lingkungan sekitar. Kamu perlu meng-highlight tujuan utama brand serta tujuan kecil lain yang ingin dicapai.
  • Target audiens: Hal ini juga tak kalah penting. Kamu perlu menentukan audiens yang kamu tuju serta akan menjadi fokus utama dari kegiatan branding perusahaan. Kamu bisa mulai mencari tahu terkait masalah terkini, kebutuhan, minat atau ketertarikan, serta nilai yang dimiliki audiens agar dapat mengemas pesanmu menjadi semenarik dan se-relate mungkin dengan targetmu.
  • Brand value: Kamu perlu memastikan brand value yang kamu miliki sudah sesuai dengan nilai yang dipegang atau dimiliki target audiens. Jelaskan dengan rinci dan menarik brand value yang kamu miliki.
  • Personality: Selanjutnya kamu perlu menentukan kepribadian brand serta memikirkan ciri khas dan karakteristik apa yang ingin kamu tonjolkan dari brand yang tentunya juga harus sesuai dengan target audiens kamu.
  • Tone of voice: Kamu juga perlu menentukan karakteristik yang akan kamu gunakan dalam membentuk pesan brand kamu nantinya. Pikirkan berbagai konsep, cara, dan perkataan yang nantinya akan kamu gunakan untuk menyampaikan informasi seputar brand kepada audiens.
  • Unique proposition: Tunjukkan dan soroti karakteristik fungsional yang dimiliki produk atau brand kamu. Hal ini yang nantinya mampu menjadi nilai unik yang dapat menjadikan brand kamu berbeda dari kompetitor.
Itulah dia beberapa informasi penting yang bisa kamu dapatkan seputar dasar-dasar yang perlu diketahui terkait brand platform. Namun, kompenen dalam branding bukan hanya itu loh! Kamu juga membutuhkan skill komunikasi hingga presentasi yang baik! Simak kursus berikut ini untuk tips berkomunikasi hingga presentasi yang ampuh untuk membuat klien dan atasan memiliki kesan positif terhadapmu!

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *