Tanggal:21 July 2024
Rebranding (pexel.com)

Rebranding: Pengertian, Fungsi, Tahapan

Saat memulai bisnis baru, pemilik bisnis dan pengusaha berpengalaman tahu bahwa identitas merek (segala sesuatu yang visual tentang perusahaan Anda) sangat penting. Mereka juga tahu bahwa bisnis dapat membangun merek dan identitas merek yang kuat hanya jika itu membuat pilihan yang disengaja dan tidak membiarkan pencitraan merek menjadi kebetulan. Pemilik bisnis dengan sedikit pengalaman kurang berinvestasi dalam branding. Beberapa pemilik bisnis dan pengusaha secara keliru percaya bahwa identitas merek bisnis mereka tidak lebih dari nama dan logo bisnis.

Nama bisnis dan logo adalah duta penting untuk merek apa pun, jadi keduanya harus unik dan kuat. Tapi, merek yang sukses lebih dari sekadar nama dan logo. Merek perusahaan Anda adalah total pengalaman pelanggan dan calon pelanggan Anda dengan perusahaan Anda. Merek yang baik mengomunikasikan apa yang dilakukan perusahaan Anda dan bagaimana melakukannya. Merek yang baik juga membangun kepercayaan dan kredibilitas dengan prospek dan pelanggan Anda.

Baca Juga | Cara Memilih Mitra Usaha Tepat, Bisnis Berkembang Pesat!

fungsi rebranding

Fungsi rebranding adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan hubungan itu – dengan pengguna yang ada dan calon prospek. Tentu saja, semua bisnis harus memantau komunikasi mereka sebagai hal yang wajar. Namun, jika seiring waktu, masalah yang konsisten diidentifikasi dalam bagaimana strategi komunikasi gagal terlibat, itu dapat menunjukkan saatnya untuk mengubah citra.

Apakah logo bisnis tersampaikan ke audiens targetnya? apakah strapline nya Apakah nilai dan pasarnya diungkapkan dengan tepat dalam pilihan warna, tipografi, citra, dan salinannya? Pertanyaan-pertanyaan ini sangat penting dan rebranding adalah bagaimana bisnis yang gagal mulai membuat perbedaan antara citra mereka saat ini dan di mana mereka ingin menjadi.

Baca Juga | Yuk Simak! Apa Itu digital Marketing, Dapat mendukung Kemajuan Bisnismu Loh

Tahapan rebranding

Berikut langkah – langkah rebranding:

langkah 1 – Introspreksi

Kesadaran diri adalah kunci sukses rebranding.

Anda harus mempertimbangkan apakah Anda perlu menyewa konsultan eksternal atau firma pemasaran untuk membantu Anda. Jika Anda adalah bisnis besar atau merasa kewalahan dengan prosesnya, maka rebranding akan menjadi tugas besar. Di sisi lain, jika Anda adalah UKM yang tahu persis perubahan apa yang ingin Anda buat, Anda bisa melakukannya sendiri.

Langkah 2 – Riset Pasar

Hubungi kembali pelanggan Anda. Apakah citra Anda saat ini sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka? Apakah Anda ingin mempertahankan pelanggan yang sama, atau menjangkau orang baru? Bisakah Anda mengkategorikan audiens Anda ke dalam kelompok dan, dengan melakukan itu, membuat persona pembeli?

Mintalah pelanggan Anda yang ada dan anggota demografis target Anda untuk masukan mereka tentang kisah merek, produk, dan reputasi yang ada. Anda dapat menggunakan survei atau kelompok fokus untuk mengumpulkan pendapat mereka. Informasi ini akan membantu Anda menyelaraskan merek baru Anda dengan audiens yang Anda tuju.

Baca Juga | Pengertian, Manfaat, dan Tujuan Branding Secara Umum

Langkah 3 – Putuskan Apa yang Membuat Anda Unik

Putuskan apa yang membuat Anda unik, dan pikirkan bagaimana Anda dapat menggunakan USP Anda sebagai titik fokus dari proses rebranding. Misalnya, apakah Anda bangga hanya menjual produk kelas atas, atau apakah Anda ingin memasarkan diri Anda sebagai produk yang ramah anggaran?

Ingat, Anda tidak boleh mencoba menarik semua orang. Tugas Anda adalah fokus untuk menemukan ceruk pasar Anda dan melayani kebutuhan mereka.

Saring identitas Anda menjadi beberapa kata kunci. Apa yang Anda lakukan lebih baik dari pesaing Anda? Anda mungkin perlu melakukan penelitian lebih lanjut di sini jika Anda belum mengetahui pasar luar dalam.

Langkah 4 – Buat daftar & desain ulang merek anda

Buat daftar semua materi Anda yang membutuhkan rebranding. Ini termasuk pamflet, situs web, kartu nama, tanda, blog, dan poster. Setiap kali Anda bereksperimen dengan desain baru, tanyakan pada diri Anda apakah itu cocok dengan strategi merek Anda yang lebih luas.

Pikirkan tentang titik kontak merek Anda – setiap titik di mana pelanggan atau calon pelanggan berinteraksi dengan bisnis Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan salon kecantikan, meja resepsionis adalah titik kontak. Anda mungkin perlu mendekorasi ulang kantor atau toko Anda (jika ada) agar sesuai dengan merek baru Anda.

langkah 5 – Pastikan semua berpatisipasi

Rebranding akan gagal jika karyawan Anda tidak yakin bahwa itu sejalan dengan nilai dan strategi bisnis Anda. Dapatkan umpan balik mereka di semua tahap proses desain.

Sebelum Anda membawa merek baru Anda ke publik, beri mereka kesempatan untuk memberi tahu Anda apa yang mereka pikirkan. Anda dapat mengatur kotak komentar anonim jika menurut Anda itu akan mendorong mereka untuk membagikan pemikiran mereka.

Saat rebranding selesai, adakan pesta peluncuran internal. Buat karyawan Anda bersemangat tentang perubahan tersebut, dan mereka kemungkinan besar akan menjadi duta merek. Jika Anda sudah mulai menawarkan produk dan layanan baru sebagai bagian dari rebranding Anda, atau Anda ingin karyawan mengambil pendekatan baru terhadap layanan pelanggan, pastikan mereka telah dilatih dengan tepat.

langkah 6 – Publikasikan merek baru Anda

Jangan mencoba untuk mengubah secara bertahap, karena ini hanya akan membingungkan pelanggan Anda. Itu harus diterapkan dalam beberapa hari.

Gunakan rebranding Anda sebagai sarana untuk menghasilkan publisitas dan terlibat dengan pelanggan. Misalnya, jika Anda memiliki milis, kirimkan beberapa email teaser menjelang peluncuran, yang mengisyaratkan perubahan yang akan datang.

Beri tahu mereka alasan rebranding Anda – kebanyakan orang tidak menyukai perubahan yang sewenang-wenang, dan akan lebih cenderung mempercayai Anda jika Anda transparan. Tekankan bagaimana dan mengapa rebranding akan menguntungkan mereka.

langkah 7 – feedback

Dapatkan feedback dari audiens target Anda, dan analisis kinerja bisnis Anda untuk menilai dampak rebranding pada keuntungan Anda. Anda dapat melakukan ini secara informal, dengan bertanya langsung kepada pelanggan, atau Anda dapat menggunakan survei online dan grup fokus.

Rebranding bisa menjadi usaha besar, tetapi juga menandai fase segar dan menarik dalam kehidupan bisnis Anda. Dilakukan dengan benar, itu akan menggairahkan dan melibatkan kembali pelanggan Anda atau membuat Anda berada dalam posisi yang kuat untuk menarik audiens baru.

Baca Juga | 8 Manfaat Website Untuk Meningkatkan Bisnis Online Kamu, Yuk Coba!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *