Tanggal:15 May 2024
bicarakan ketika suasana hati positif

Cara Mengajukan Cuti

Seorang pekerja yang melakukan pekerjaan rutin setiap hari pasti akan pernah merasa bosan, hal ini merupakan hal yang sangat wajar. Rasa bosan dan penat yang mengganggu pikiran kamu bisa diredakan dnegan melakukan beberapa kegiatan yang bisa menyegarkan pikiran kamu kembali. Banyak orang menyegarkan pikirannya yang sudah penat dengan pekerjaan dengan cara berlibur, belanja di mall atau hanya sekedar berolah raga bersama teman-teman.

Biasanya pekerja kantoran memiliki sedikit waktu kosong yang bisa digunakan untuk berlibur. Maka dari itu perusahaan biasanya akan memberikan cuti atas permintaan karyawannya. Perusahaan berharap setelah cuti kamu bisa bekerja lebih produktif lagi kedepannya.

Namun pada kenyataanya, banyak sekali perusahaan yang sangat pelit dalam memberikan jatah cuit kepada karyawannya. Proses pengajuan cuti bisa dikatakan sangat sulit untuk diproses oleh karyawan kepada perusahaan.

Buat kamu pekerja yang saat ini sedang merasakan kebosanan dan rasa penat, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan memberi tahumu tentang cara mengajukan cuti dengan baik.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel berikut ini!

1. Ikuti prosedur pengajuan cuti perusahaan

taati prosedur perusahaan

taati prosedur perusahaan – @pixabay.com

Setiap perusahaan punya prosedur pengajuan cutinya masing-masing, maka dari itu kamu harus mempelajari bagaimana prosedur pengajuan cuti di perusahaan tempat kamu bekerja sekarang.

Setelah kamu mengikuti semua prosedur pengajuan cuti, maka kamu bisa memperkirakan barapa lama cuti yang akan diberikan oleh perusahaan kepada kamu. Durasi cuti ini merupakan hal penting untuk kamu mempertimbangkan kegiatan apa saja yang akan dilakukan ketika cuti.

Jika kamu salah satu karyawan baru, pastikan terlebih dahulu apakah seorang karyawan baru bisa mengajukan cuti atau tidak.

Walaupun kamu melakukan cuti, biasanya masih tetap ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa kamu tinggalkan, Sangat disarankan kamu melakukan koordinasi dnegan rekan kerja sebelum kamu mengambil cuti sehingga pekerjaan perusahaan bisa aman terkendali.

2. Mengajukan cuti ketika suasana hati atasan sedang baik

bicarakan ketika suasana hati positif

bicarakan ketika suasana hati positif – @rawpixel.com

Sangat disarankan buat kamu mengajukan cuti ketika atasan kamu sedang dalam suasana hati yang baik, namun jangan lupa juga suasana hatimu juga sebaiknya dalam suasana yang bahagia. Hal ini akan memudahkan kamu mendapatkan cuti. Bisa kamu bayangkan bagaimana jika kamu mengajukan cuti ketika atasan sedang stress dalam pekerjaannya,

Suasana hati yang positif juga akan meningkatkan rasa percaya diri kamu ketika kamu ingin mengajukan cuti.

3. Menerima keputusan dari atasan dengan lapang dada

menerima apapun keputusan perusahaan

menerima apapun keputusan perusahaan – @rawpixel.com

Ketika perusahaan atau atasan kamu sudah memberikan jawab atas pengajuan cuti kamu, kamu harus menerima keputusan tersebut dengan lapang dada walaupun keputusan akhir menyebutkan kalau kamu masih belum bisa melakukan cuti.

Jangan bersedih dan tetap semangat, karena di lain kesempatan kamu bisa mengajukan cuti kembali dan jika waktunya tepat perusahaan pasti akan memberikan jatah cuti kepada kamu.

Demikian cara mengjukan cuti, semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Sukses Membangun Kesan - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *