Tanggal:12 May 2024

Memiliki Peluang Menjanjikan, Ini 6 Cara Budidaya Bunga Anyelir

Cara budidaya bunga anyelir.

Apakah kamu tertarik untuk membudidayakan bunga anyelir? Jika jawabanmu ya, maka kamu sudah berada di halaman yang tepat! Bunga anyelir menjadi salah satu bunga yang memiliki peluang menjanjikan untuk dibudidayakan. Mengapa demikian? Hal itu karena bunga anyelir ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat untuk dijadikan hiasan, buket bunga, atau dibeli untuk dibudidayakan di pekarangan rumah mereka. Meskipun bunga anyelir memiliki harga yang lumayan mahal, namun hal itu tak menyurutkan masyarakat untuk tetap membelinya. Terbukti dengan peminatan bunga anyelir yang selalu tinggi di pasaran. Nah, melihat fenomena tersebut, tentunya akan sangat menguntungkan untuk kamu melakukan budidaya bunga anyelir ini.

Budidaya bunga anyelir terbilang cukup sulit dan rumit dibandingkan budidaya bunga lain. Itulah alasan mengapa bunga anyelir tergoong cukup mahal di pasaran. Nah, berikut beberapa cara budidaya bunga anyelir untukmu!

1. Syarat Budidaya Bunga Anyelir

Syarat budidaya.
Syarat budidaya. Sumber: Pexels

Cara budidaya bunga anyelir #1 yang harus kamu lakukan adalah mengetahui dan memahami syarat budidayanya. Jika ingin bunga anyelir yang akan kamu budidayakan tersebut tumbuh dan berkembang dengan kualitas yang baik, maka kamu harus mengupayakan pemenuhan syarat-syarat budidayanya. Nah, apa saja syarat budidaya tersebut?

  1. Bunga anyelir bisa tumbuh dan berkembang dengan baik jika dibudidayakan di wilayah yang memiliki ketinggian sekitar 1000 – 1200 m dpl.
  2. Wilayah yang dijadikan tempat budidaya tersebut juga harus memiliki suhu udara sekitar 25 – 30 derajat celcius.
  3. Tanah yang dijadikan sebagai media tanam bunga anyelir harus memiliki tingkat keasaman atau pH sekitar 6 – 7.

2. Pembibitan dan Penyamaian Bunga Anyelir

Pembibitan dan penyemaian.
Pembibitan dan penyemaian. Sumber: Pexels

Cara budidaya bunga anyelir #2 adalah memilih bibit yang akan dibudidayakan. Nah, kamu bisa mendapatkan bibit tersebut dari toko offline atau online, nih. Pastikan untuk mendapatkan bibit dari toko yang terpercaya ya! Usahakan juga memilih bibit yang berkualitas baik. Setelah bibit berhasil didapatkan, maka cara selanjutnya adalah menyeleksi bibit untuk mendapatkan bibit yang berukuran seragam, padat, besar, dan kering. Setelah diseleksi dan didapatkan bibit dengan ketentuan tersebut, maka bersihkan dan rendam bibit selama 24 jam di dalam air. Setelah direndam, ambil bibit yang tenggelam untuk dibudidayakan. Setelahnya, kamu bisa melakukan penyemaian terhadap bibit yang tenggelam tersebut dengan cara-cara berikut.

  1. Siapkan pot yang telah diisi dengan campuran tanah dan pupuk organik.
  2. Tanam bibit di atas media semai tersebut dan tutup dengan tanah. Siram dengan air secukupnya saja.
  3. Usahakan untuk menempatkan media semai di tempat yang teduh.
  4. Siram setiap hari sehingga muncul tunas pada hari 3 – 4. Berikan juga insektisida pada tanaman muda sehingga bisa menghindari adanya serangan hama jangkrik.

3. Pengolahan Lahan Budidaya

Lahan budidaya.
Lahan budidaya. Sumber: Pexels

Cara budidaya bunga anyelir #3 yang harus kamu lakukan adalah mengolah lahan atau media budidayanya. Lahan budidaya ini berbeda dengan lahan semai ya! Nah, jika kamu tak memiliki lahan pekarangan rumah yang lebar, tak usah khawatir! Kamu bisa menggunakan pot atau polybag sebagai lahan budidaya bunga anyelir ini. Nah, berikut cara-cara menyiapkan dan mengolahnya.

  1. Siapkan media pot atau polybag dengan ukuran yang disesuaikan.
  2. Siapkan juga campuran tanah, pasir, dan kompos dengan perbandingan 1:1:1.
  3. Bersihkan pot atau polybag yang akan digunakan tersebut dan rendam dalam cairan fungisida.
  4. Setelah kering, kamu bisa langsung memasukkan campuran tanah, kompos, dan pasir tadi ke dalam pot atau polybag.
  5. Diamkan selama 2 minggu.
  6. Media atau lahan budidaya siap digunakan.

4. Penanaman Bunga Anyelir

Penanaman bunga anyelir.
Penanaman bunga anyelir. Sumber: Pexels

Cara budidaya bunga anyelir #4 adalah menanamnya. Setelah bibit bunga anyelir berkecambah dan media budidaya sudah dibuat, maka cara selanjutnya adalah melakukan pemindahan dari media semai ke media budidaya. Nah, berikut cara-caranya.

  1. Angkat bibit yang telah berkecambah dari media semai.
  2. Usahakan satu pot untuk satu tanaman.
  3. Tanam bunga anyelir di dalam pot yang telah disediakan.
  4. Tempatkan pot tersebut di tempat teduh yang tak terkena sinar matahari secara langsung.
  5. Berikan pengairan secara rutin.

5. Perawatan Bunga Anyelir

Perawatan bunga anyelir.
Perawatan bunga anyelir. Sumber: Pexels

Cara budidaya bunga anyelir #5 yang harus kamu lakukan selanjutnnya agar tanaman semakin bertumbuh dan berkembang, serta menghasilkan bunga adalah merawatnya. Nah, apa saja perawatan yang harus dilakukan agar tanaman bisa menghasilkan bunga?

  1. Lakukan penyiraman secara rutin. Bunga anyelir termasuk bunga yang sangat membutuhkan air untuk pertumbuhannya. Oleh karena itu, lakukan penyiraman sebanyak 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Usahakan jangan terlalu banyak memberikan air ya atau bahkan sampai tergenang di dalam pot, karena hal itu bisa menyebabkan adanya pembusukan tanaman.
  2. Berikan pupuk pertama ketika tanaman sudah berusia 2 minggu sejak penanamannya. Nah, setelah itu, kamu bisa memberikan pupuk secara rutin yaitu 2 minggu sekali.
  3. Untuk mengendalikan hama dan penyakit yang menyerang, kamu bisa menggunakan pestisida atau insektisida yang sesuai dengan dosis yang benar.
  4. Untuk mencegah adanya tanaman gulma yang tumbuh dan menganggu pertumbuhan bunga tulip, lakukan penyiangan seminggu sekali.
  5. Untuk menghasilkan kualitas bunga yang optimal, lakukan pemangkasan pada bunga, sehingga hanya ada satu bunga pada satu tanaman.

6. Masa Panen Bunga Anyelir

Masa panen.
Masa panen. Sumber: Pexels

Setelah bunga ditanam dan dirawat dengan baik, maka cara budidaya bunga anyelir terakhir adalah melakukan pemananenan terhadapnya. Nah, bunga anyelir yang siap dipanen biasanya berusia 5 bulan sejak penanamannya. Proses panennya bisa dilakukan dengan mengikuti cara-cara berikut ini.

  1. Potong tangkai bunga dengan menggunakan gunting atau pisau. Ukurannya sekitar 30 sentimeter dari bagian bawah bunga.
  2. Rendam tangkai bunga tersebut di dalam larutan chrystal selama dua jam untuk menjaga kesegarannya.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *