Tanggal:14 May 2024

Cara Budidaya Ikan Hias, Berikut Cara-Caranya!

Kalau sebelum-sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara-cara yang harus kamu lakukan dan ikuti untuk membudidayakan jenis-jenis ikan lainnya seperti lele, koi dan sebagainya, kali ini kita akan membahas bagaimana cara kamu budidaya ikan dengan hanya di rumah saja! 

Pastinya, setiap jenis ikan memiliki ciri khas dan cara untuk melakukan budidaya yang berbeda-beda. Untuk ikan hias sendiri, memang banyak dan sering digunakan untuk menjadi ikan yang dipelihara oleh banyak orang dirumah-rumah. Tetapi, bagaimana sih cara budidaya ikan hias yang baik dan benar? Yuk kita pelajari dan ikuti caranya bareng-bareng!

Baca Juga :

1. Siapkan Tempat 

Tahap pertama dan awal adalah menyiapkan tempat untuk nantinya para ikan hias hidup, tumbuh dan tinggal. Pastinya setiap tahap sangat penting dan krusial, terutama tahap pertama ini. Posisikan saja kamu menjadi seorang ikan yang nantinya akan tinggal di suatu tempat, pastinya kamu ingin tinggal di tempat yang bersih, nyaman, memiliki banyak ruang dan dapat tumbuh hidup tanpa memiliki hambatan. Untuk ikan hias sendiri, tempat yang sangat sederhana adalah akuarium. Pastikan kamu membeli dan mempersiapkan akuarium dengan baik, agar ikan nanti siap tinggal di akuarium yang sudah bersih dan siap untuk ditinggali.

Baca Juga :

2. Memilih Jenis Ikan Yang Akan Kamu Budidayakan

Selanjutnya, kamu akan mulai memilih jenis ikan yang akan kamu budidayakan. Dengan memilih ikan-ikan ini, kamu juga harus mempertimbangkan bentuk, warna, usia dari ikan-ikan tersebut. Pastikan ikan-ikan yang telah kamu pilih masuk dalam tempat yang sudah kamu siapkan. Kamu juga harus mempersiapkan benda-benda yang dapat membantu ikan-ikan tersebut merasa nyaman dalam akuarium.

Baca Juga : 6 Usaha Yang Jarang Tapi Dibutuhkan

3. Memberikan Pakan Secara Rutin 

Pada tahap ketiga, kamu juga harus memberikan pakan kepada ikan-ikan kamu secara rutin. Jika kamu melakukannya secara rutin, pastinya ikan-ikan kamu akan tumbuh sehat dan tidak terhambat. Contohnya saja, kamu dapat berikan pakan yang alami seperti jentik nyamuk, serangga, kutu air, infusoria dan cacing. Jangan lupa, pakan yang kamu berikan apapun itu kualitasnya, sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan para ikan.

Baca Juga : 7 Tips Agar Bisnis Makin Maju dan Sukses

4. Perawatan Lebih Lanjut 

Apa yang dimaksud dari perawatan lebih lanjut sih? Salah satunya adalah dengan merawat dan membersihkan tempat ikan atau akuarium. Bayangkan saja jika kamu tidak merawat akuarium tersebut, ikan-ikan hias kamu pasti sangat tidak senang dan menghambat kehidupan mereka dalam akuarium tersebut. Maka dari itu, lakukan pengurasan air dan penggantian air secara rutin dan memberikan obat seperti obat jamur pada akuarium.

Baca Juga :

5. Menambahkan Bibit-Bibit Ikan 

Setelah itu, kamu harus juga mulai memikirkan penambahan bibit-bibit ikan kamu. Pastinya, kamu tidak akan memiliki ikan-ikan itu saja kan? Nantinya, pasti adanya penambahan, mungkin kamu akan membeli lagi atau ikan yang kamu sekarang miliki bertelur dan berkembang biak. Pastikan ikan jantan dan betina diperhatikan baik-baik agar mereka dapat memproduksi telur dan bibit-bibit ikan selanjutnya.

Baca Juga : 6 Panduan Ekspor Bagi Pemula

6. Profit  

Pada tahap terakhir, kamu sudah bisa mulai menghitung semua biaya, modal, hingga profit untuk ke tahap selanjutnya. Pastikan kamu akan memiliki profit yang sangat menguntungkan dan kualitas ikan-ikan kamu sangat bagus dan layak untuk diperjual belikan. Jangan sampai juga kamu melewati satu atau dua tahap dalam cara-cara yang tadi sudah dijelaskan dari awal ya! Semua tahap sangat penting dan krusial untuk kamu ikuti.

Sudah siap belum untuk kamu budidaya ikan hias?

Baca Juga :

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
jadwal kerja terstruktur
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *