Tanggal:14 May 2024

Contoh Alat Musik Ritmis Modern, Berikut Listnya!

Kalau sebelumnya kita membahas alat musik berdasarkan dari bunyinya yaitu kordofon, kali ini kita akan membahas alat musik berdasarkan fungsinya! Alat musik sendiri terbagi menjadi tiga fungsi-fungsi yang berbeda. Yang pertama ada fungsi harmonis, lalu melodis dan yang akan kita bahas kali ini, yaitu alat musik ritmis, yang terdiri dari alat musik ritmis tradisional dan modern. Maksud dari kata tersebut apa sih? 

Alat musik ritmis modern dapat diartikan sebagai alat musik yang menjalankan fungsi untuk mengatur ritme atau irama dari sebuah musik. Alat musik ritmis modern juga memiliki kaitan erat dengan fungsi ketukan dan irama lho! Lalu, perbedaanya dengan alat-alat musik lainnya apa sih? Jadi, alat-alat musik ritmis itu terbilang sederhana untuk tombol dan cara memainkannya. Karena, fungsi dari alat musik ritmis mengutamakan irama dibandingkan melodi, bisa dibilang alat musik ritmis adalah alat musik yang sederhana. 

Lalu, cara memainkan alat-alat musik ritmis seperti apa? Mayoritasnya sendiri adalah dengan cara dipukul. Tetapi ada juga yang dapat goyang-goyangkan, yang terpenting, alat musik ini dapat mengatur irama pada jalannya suatu pertunjukan musik. Jadi kalau ditanya, alat-alat musik ritmis ini sangat penting ya pada bagian sebuah pertunjukan. Tanpa adanya alat musik ini dalam musik, pasti seperti ada yang hilang.

1. Triangle 

Alat musik ritmis pertama yang kita bahas ini sudah sejak digunakan sekitar 200 tahun yang lalu lho, sudah lama banget bukan? Bahan dasar dari triangle sendiri adalah logam. Bagian belakang dari triangle dikeruk agar mengeluarkan bunyi yang sangat nyaring, karena itu bunyi khas dari triangle. Uniknya, triangle ini memiliki dua benda yang terpisah, karena kamu harus memiliki stick yang akan memukul badan triangle agar mengeluarkan sebuah bunyi. Mulai awal sejarah triangle kembali pada saat Eropa datang ke Indonesia, hingga digunakan pada bagian dari musik keroncong sampai saat ini.

2. Tamborin 

Alat musik yang satu ini menjadi salah satu alat musik ritmis modern yang sangat populer. Bagaimana tidak, tamborin sangat mudah untuk digunakan. Dengan digoyang-goyangkan saja, kamu sudah bisa menggunakan tamborin! Bentuknya sendiri bulat dan terbuat dari bahan kayu. Di sepanjang bulat-bulat tersebut juga disertai dengan lubang-lubang yang diisikan lubang, karena bunyi dari tamborin berasal dari logam-logam yang bunyi tersebut.

3. Drum Set 

Siapa yang tidak familiar dengan drum set? Drum set merupakan salah satu alat musik ritmis modern yang digunakan dalam banyak genre musik. Beberapa contohnya saja seperti pop, jazz, rock, dan masih banyak lagi. Alat musik ini juga merupakan alat musik yang sangat mendunia dan populer di semua kalangan musik. Bentuknya sendiri seperti bulat dan isi yang kosong. Untuk menggunakannya, kamu harus memiliki dua stick dan memukulnya langsung di permukaan atas drum. Seru bukan?

4. Marakas 

Marakas memiliki bentuk yang bundar atau bulat. Bagian dalamnya sendiri sengaja dikosongkan karena berisikan biji-bijian yang dapat menimbulkan suara jika kamu goyang-goyangkan. Lalu, bahan dasar dari marakas apa saja sih? Kulitnya sendiri terbuat dari kayu, labu kering, dan kulit-kulit lainnya. Marakas biasanya digunakan oleh masyarakat adat atau budaya Betawi.

5. Tifa 

Alat musik yang satu ini berasal dari daerah Papua dan beberapa pulau di bagian Timur Indonesia. Bentuknya sendiri adalah silinder dan area tengah yang dikosongkan. Ujung dari tifa terbuat dari bahan kulit binatang, yaitu kerbau atau kambing. Untuk bagian badannya, tifa menggunakan kulit rusa, yang menjadi salah satu binatang buruan warga Papua. Fakta unik dari tifa adalah alat musik ini sering digunakan dalam musik atau tarian musik perang.

6. Kendang 

Untuk yang terakhir, alat musik ini berbentuk seperti tabung yang cukup lumayan besar bentuknya. Bahan dasar dari Kendang sendiri adalah kayu nangka atau cempedak yang terbuat dari kayu kelapa. Untuk ujungnya yang dibuat untuk memukul terbuat dari kulit kerbau dan kulit kambing. Kendang sering digunakan dalam musik Gamelan Jawa, alat musik ini juga sangat populer di kalangan masyarakat. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menemukan kendang dalam pertunjukan Wayang dan Jaipongan.

Kalau kamu bisa memainkannya, kamu ingin main alat musik yang mana nih?

Baca Juga :

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *