Tanggal:17 May 2024

Cara Enter di Excel Tanpa Pindah Baris

Ketika mengerjakan sesuatu, banyak orang yang memanfaatkan aplikasi atau software lainnya untuk mempermudah pekerjaan mereka. Salah satunya, yaitu menggunakan Microsoft Excel yang biasa digunakan untuk menghitung menggunakan rumus, merekap data, dan membuat tabel agar lebih mudah.

Namun, salah satu hal yang menjadi permasalahan dalam menggunakan Microsoft Excel, yaitu fitur dan cara memakainya yang berbeda dengan software lainnya. Misalnya, ketika ingin menambah baris dalam satu sel, kita menekan enter, dan yang terjadi malah secara otomatis kursor akan berpindah pada baris baru. Padahal maksudnya itu menambah baris dalam satu sel yang sama.

Hal tersebut terkadang membuat kita kesal karena tidak bisa menambah baris dalam satu sel. Ternyata ada cara agar kita bisa membuat baris baru dalam satu sel yang dinamakan dengan fitur line break, yuk, simak ulasan berikut ini tentang cara enter di Microsoft Excel.

Baca juga: Macam-Macam Rumus Excel Lengkap 

Menggunakan Tombol Alt + Enter atau Option + Return

Pertama, yaitu menggunakan tombol alt + enter. Kalau kamu menggunakan Mac, kamu bisa menekan tombol option + return.

  1. Langkah pertama, yaitu tentunya buka terlebih dahulu aplikasi Microsoft Excel
  2. Lalu pilih dokumen baru, ketik suatu kalimat pada baris pertama, kamu bisa menulis judul, nomor, atau sejenisnya. 
  3. Jika kursor sudah ada di akhir kalimat, tekan tombol alt + enter atau option + return untuk Mac, secara bersamaan. 
  4. Maka secara otomatis kursor kamu sudah berada di bawah tulisan tersebut, namun masih tetap berada di dalam satu sel atau tidak otomatis ada di baris baru.
  5. Lanjutkan menulis kalimat yang diinginkan.

Menggunakan rumus

Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa salah satu fungsi menggunakan Microsoft Excel adalah untuk menghitung sesuatu menggunakan rumus. Begitupun jika ingin menambahkan enter dalam Microsoft Excel bisa menggunakan rumus CHAR(10) dan CONCAT atau CONCATENATE.

Berikut cara menambah enter menggunakan CHAR(10):

  1. Langkah pertama, seperti biasa membuka terlebih dahulu file Excel.

2. Lalu lalu tulis beberapa kalimat di tiga kolom berurutan.

3. Arahkan kursor ke baris yang ingin diberi tulisan tadi.

4. Setelah itu tulis nama dan baris ke dalam rumus, yaitu =sel1&CHAR(10)&sel2&CHAR(10)&sel3&CHAR(10)

5. Setelah menulis ke dalam rumus, lalu tekan enter.

Nah, kalimat yang sebelumnya terpisah di beberapa kolom, telah tergabung dalam satu sel.

Rumus kedua, menggunakan CONCAT atau CONCATENATE

Cara ini sama dengan menggunakan rumus di atas. Perbedaannya hanyalah pada rumus yang digunakan. Pada rumus ini menggunakan =CONCATENATE(B5,CHAR(10),C5,CHAR(10),D5,CHAR(10)).

Baca juga: 6 Cara Membuat Grafik Di Microsoft Excel

Bantuan Editor Teks

Cara selanjutnya, yaitu menggunakan bantuan aplikasi atau software lain yang fungsinya untuk mengedit teks, salah satu contohnya, yaitu Microsoft Word yang berguna untuk mengembalikan tulisan dari Excel ke Word lalu ke Excel lagi. Mungkin cara ini akan sedikit memakan waktu, seperti dengan menggunakan rumus tadi, tapi ini bisa dilakukan sebagai shortcut jika tidak tahu caranya untuk membuat enter di Excel.

Jadi pertama-tama, kita menulis terlebih dahulu kata-kata di Excel tanpa mengedit maupun menggunakan fitur line break terlebih dahulu.

Lalu pilih dan salin tulisan yang akan kita beri enter  tersebut ke Microsoft Word atau editor teks lainnya.

Jika sudah, edit tulisan itu di Microsoft Word dengan menambahkan enter untuk memisahkan kalimat-kalimat tersebut. 

Setelah itu, salin teks di Microsoft Word lalu tempel pada Microsoft Excel, tulisan tersebut otomatis akan berbaris ke bawah dalam satu sel di Excel.

Baca juga: 5 Cara Merapikan Data di Excel

Nah, itulah beberapa cara untuk membuat enter dalam Microsoft Excel. Dari beberapa cara tersebut, mungkin bisa dikatakan bahwa cara yang paling mudah adalah cara yang pertama, ya. Untuk kalian yang mau belajar tentang Microsoft Excel lebih dalam, kalian bisa mengikuti kursus online yang disediakan oleh Vocasia “Mahir Microsoft Excel”. Di sini kamu akan Belajar Excel level intermediate secara cepat, hanya dengan 8 kali pertemuan peserta kursus akan mampu menguasai materi Excel dan siap dipakai dalam dunia kerja. Dalam kursus ini juga, kamu akan mampu membuat grafik dengan Microsoft Office Excel dan mengoperasikannya dengan Rumus atau Formula.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *