Tanggal:06 May 2024

Tugas Dan Fungsi FIFA, Suporter Sepak Bola Wajib Baca

Organisasi sepak bola dunia adalah FIFA yang tentu sudah tidak asing lagi di benak penggemar sepak bola. Sebagai induk dari segala organisasi sepak bola di dunia, FIFA memiliki sejarah panjang sekaligus tugas yang sangat memengaruhi kondisi sepak bola di dunia. FIFA juga berperan dalam pembuatan regulasi hingga menyelenggarakan kompetisi tingkat dunia. Tak hanya itu, FIFA memiliki peranan lain terkait pemberian gelar pemain terbaik, pengundian Liga Champion dan kejuaraan lainnya.

Melalui artikel ini, Vocasia telah merangkum sejarah hingga peranan FIFA di sepak bola. Simak artikelnya sampai tuntas!

Sejarah FIFA

Federation Internationale de Football Association atau FIFA (CNN Indonesia)

FIFA yang merupakan akronim dari Federation Internationale de Football Association yang berdiri pada 21 Mei 1904 di Paris, Perancis merupakan induk organisasi sepak bola internasional yang berperan sebagai payung hukum di lebih dari 200 asosiasi. FIFA dirumuskan oleh dua tokoh sepak bola, yaitu Henry Delaunay dan Jules Rimet yang mengadakan pertemuan dengan 7 negara, yaitu Perancis, Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia, dan Belanda.

Perwakilan tujuh negara yang hadir membentuk FIFA adalah Robert Guerin (Perancis), Louis Muhlinghaus (Belgia), Andre Espir (Spanyol), Ludvig Sylow (Denmark), Carl Anton Wilhelm Hirschman (Belanda), Victor E Schneider (Swiss), Max Kahn (Swedia). Negara-negara itu ditetapkan sebagai anggota FIFA pertama yang diketuai oleh Robert Guerin dari Perancis. Kini, FIFA yang bermarkas di Zurich, Swiss telah memiliki 211 negara anggota.

Sobat Vocasia juga harus tahu bahwa negara anggota ini tersebar di enam  konfederasi yang terdaftar, yaitu UEFA (The Union of European Football Associtaion), AFC (Asian Football Confederation), CONCACAF (Confederation of North, Central American, dan Carribean Association Football), CONMEBOL (Confederation Sudamericana de Futbol), CAF (Confederation of African Football), dan OFC (Oceania Football Confederaion).

Terbentuknya FIFA memiliki banyak tujuan mulia. Tujuan mulia yang utama adalah mengatur segala hal yang berkaitan dengan sepak bola dan menyatukan asosiasi-asosiasi yang ada untuk bersama-sama memajukan olahraga ini. Sebelum adanya organisasi FIFA, beberapa asosiasi sepak bola di daratan Eropa telah terbentuk seperti Asosiasi Sepak Bola Italia (FICG) yang didirikan pada 1898, serta Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) yang dibentuk pada 1863 dan menjadi asosiasi sepak bola pertama di dunia.

Pada awalnya, asosiasi sepak bola yang lebih dulu terbentuk ini tidak serta-merta langsung bergabung dibawah naungan FIFA. Mereka sempat melakukan penolakan tanpa alasan yang jelas. Setahun kemudian atau tepatnya pada tahun 1905, barulah mereka memutuskan untuk ikut bergabung bersama FIFA.

Baca juga: Tugas Seorang Agen Sepakbola

Fungsi dan Tugas FIFA

Fungsi FIFA dalam sepak bola adalah untuk memastikan agar kompetisi sepak bola profesional dapat terlaksana dengan sempurna. Selain itu, FIFA juga berfungsi untuk menyusun peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan serta penegakannya. Kemudian mengontrol serta mengatur sepak bola profesional yang bersifat global.

Tugas FIFA yang merupakan induk organisasi sepak bola internasional tidak bisa dianggap remeh. Sejak dibentuk, tugas utama yang dimilki FIFA adalah untuk mempromosikan sepak bola ke seluruh penjuru dunia. Olahraga sepak bola berusaha dikemas oleh FIFA semenarik mungkin agar diminati oleh seluruh dunia.

Sepak bola yang pada awalnya hanya populer di Eropa, lambat laun mulai di kenal hingga di daratan Asia, termasuk di Indonesia. Sepak bola di Indonesia dibawa masuk oleh pemerintahan kolonial Belanda dan muncul pertama kali pada 1914.

Ilustrasi pertandingan sepak bola (freepik)

Tak hanya mempromosikan sepak bola, FIFA juga memiliki beberapa tugas lain berupa mengatur transfer pemain dari tim ke tim yang lain, membuat kompetisi internasional antar negara, menghadiahkan penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA, hingga melakukan publikasi terkait daftar peringkat Dunia FIFA tiap satu bulan.

Sebenarnya, ini merupakan sebagian kecil dari banyaknya tugas yang harus dikerjakan FIFA untuk mengembangkan sepak bola dunia.

Peranan FIFA di Sepak Bola

Peranan FIFA di sepak bola (freepik)

FIFA berperan penting dalam perkembangan sepak bola dunia. Mereka harus menyelenggarakan beberapa kompetisi bersifat dunia dan juga regional. Dan bukan hanya itu saja, FIFA juga harus mempersiapkan pesta sepak bola dunia yang bertajuk Piala Dunia. Piala Dunia pertama kali yang dihadirkan FIFA terjadi pada tahun 1930 dimana Uruguay menjadi tuan rumah sekaligus pemenang dari kompetisi pesta sepak bola dunia pertama tersebut.

Jules Rimet, Presiden FIFA ketiga menjadi prakarsa Piala Dunia pertama ini. Ia terinsipirasi untuk membuat turnamen Piala Dunia setelah kesuksesan kompetisi sepak bola di Olimpiade. Hingga saat ini, FIFA juga memegang peranan ini sebagai penyelenggara permainan sepak bola secara global termasuk bertanggung jawab menggelar pesta sepak bola dunia seperti Piala Dunia.

Olahraga futsal juga turut berada di bawah naungan FIFA. FIFA menilai futsal memiliki andil yang cukup besar untuk mengembangkan olahraga sepak bola. Walupun begitu, tidak mudah bagi FIFA untuk mengakuisisi futsal dari Federacao Internacional de Futebol de Salao (FIFUSA).

Baca juga: Ini Dia Perbedaan Futsal Dan Sepak Bola Yang Perlu Kamu Tahu!

Mengingat, sejak awal olahraga ini dibentuk, FIFUSA memiliki peran yang cukup banyak dalam mempopulerkan olahraga ini. FIFUSA yang dibentuk pada 1971 akhirnya luluh untuk berdiri dibawah otoritas FIFA pada 1989 usai beberapa negara besar seperti Brasil, Kanada, dan Amerika Serikat menyetujui penawaran FIFA.

Nah, itu dia sejarah, fungsi, tugas, dan peranan FIFA di sepak bola yang dapat membuka wawasan kamu mengenai FIFA lebih mendalam. Menang atau kalah merupakan hal yang biasa pada sebuah pertandingan, salah satunya dalam pertandingan sepak bola. Jadi, bagi Sobat Vocasia yang merupakan supporter sepak bola, tetaplah menjadi supporter yang suportif dan bijak ya!

Baca juga: Jangan Salah, Bahaya Olahraga Saat Perut Kosong!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *