Tanggal:09 May 2024

Cara Memainkan Biola Dengan Mudah Dan Benar

Halo Sobat Vocasia, gimana nih kabarnya? Semoga sobat dalam keadaan selalu baik dan selalu bersemangat untuk meningkatkan ilmu ya. Kali ini admin mau ngajak sobat buat bareng-bareng belajar dalam memainkan biola dengan mudah dan benar.

Biola adalah alat musik yang memiliki bentuk hampir sama dengan gitar dan bass. Perbedaan antara biola dengan gitar dan bass adalah cara bermainnya. Sobat dapat memainkan dengan menggunakan busur agar dapat membunyikan dawai/senarnya atau sederhananya biola dimainkan dengan cara digesek.

Mari simak artikel Vocasia berikut ini yang akan membahas tentang “Cara Memainkan Biola dengan Mudah Dan Benar”.

Cara Bermain Biola

Mengutip dari buku Trik Instan Jago Main Biola secara Otodidak yang ditulis oleh Nando Veron (2014: 60), berikut ini adalah tutorial cara bermain biola dengan mudah:

1. Mengencangkan busur/bow (alat penggesek senar biola)

Source: shopee.com

Rambut (bulu) pada bow biasanya dibiarkan lemas apabila biola sedang tidak dipakai. Hal tersebut dilakukan agar sobat dapat mengencangkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Jangan pakai jari kelingking sobat untuk mengukur karena minyak alami dari kulit jari bisa berpindah ke rambut bow.

2. Cara memegang biola

Source ; www.superprof.co.id

Sebelum lanjut untuk memainkan biola, sobat juga wajib mengetahui cara memegang biola yang benar terlebih dahulu. Sobat harus mampu dulu untuk bisa meletakkan biola di antara bahu dan dagu. Tentukan posisi ternyaman karena hanya sobat sendiri yang bisa merasakannya.

Letakkan biola di atas bahu, lalu majukan sedikit posisi bahu. Kemudian jepit biola dengan dagu sobat. Ada juga aksesori biola bernama shoulder rest yang digunakan untuk membantu menahan biola di dagu sehingga dapat meningkatkan kenyamanan saat bermain biola.

3. Menggosok rambut bow dengan rosin (damar)

Rosin pada umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu berwarna gelap dan berwarna cerah. Menggosok rambut bow dengan menggunakan rosin dapat membuat rambut bow menjadi sedikit lengket dan bisa mencengkeram senar biola ketika sobat gesekkan. Gosoklah rambut bow dengan rosin dengan lembut dari ujung ke ujung.

4. Cara memegang bow (tongkat gesek)

Letakkan bagian tengah jari telunjuk pada pegangan tongkat (pada bagian yang sedikit empuk) dan jari jempol untuk menahannya pada arah yang berlawanan, sedangkan posisi jari tengah dan kelingking sejajarkan dengan jari telunjuk dan posisi jari kelingking agak sedikit melengkung. Lalu, pegang bow dengan santai supaya sedikit fleksibel ketika digunakan untuk menggesek senar biola.

5. Cara tuning biola

Persis dengan alat musik berdawai, seperti gitar atau bass. Instrumen biola juga harus dituning dahulu sebelum dapat dimainkan. Terdapat nada dasar utama yang harus sobat atur sebelum memainkan biola.

  • Senar 1 (paling bawah): E
  • Senar 2: A
  • Senar 3: D
  • Senar 4 (paling atas): G

Cara tuning biola yang manual bisa dilakukan dengan menggesek biola dengan bow sambil memutar pegs, yaitu pemutar pada ujung biola. Namun, saat ini sudah tersedia banyak aplikasi tuner di Google Play Store atau Apple Store yang bisa memudahkan sobat saat tuning biola.

6. Cara menggesek biola

Setelah sobat mentuning biola, maka berikutnya sobat dapat mulai menggesek biola dengan bow. Cara memainkan biola juga tidak bisa sembarangan loh sobat.

Ada 2 dua hal penting yang sobat wajib perhatikan saat menggesek biola, dua hal tersebut adalah ketepatan dan posisi bow. Saat menggesek biola, posisi bow harus tetap lurus sehingga posisi biola dan bow menyerupai bentuk tanda tambah (+).

Saat gesekan pertama, lakukan gesekan senar terbuka dengan pelan atau satu senar dengan nada panjang atau delapan ketuk dalam satu arah gesekan. Lakukan gerakan menggesek itu setidaknya empat kali sampai terbiasa dan menghasilkan nada yang stabil.

7. Posisi jari saat memegang biola

Hal terpenting dalam memainkan biola adalah posisi jari-jari saat memegang biola. Sama seperti gitar, biola juga memiliki beberapa nada dan chord yang harus ditekan dengan jari. Bedanya, biola tidak memiliki fret seperti gitar, tetapi masih memiliki urutan nada yang sama.

Misalnya, mulai dari senar 2 atau nada A. Tangga nada A berarti menjadi A-B-C#-D-E-F#-G#-A. Dengan begitu, posisi jari saat memainkan biola akan seperti berikut ini:

  • Senar terbuka sebagai nada Do
  • Telunjuk menekan senar 2 dan berjarak sedikit dari awal fingerboard sehingga menjadi nada Re
  • Jari tengah menekan senar lagi dan berjarak dari jari telunjuk sehingga menjadi nada Mi
  • Jari manis menekan nada berikutnya, tetapi usahakan tetap menempel dengan jari tengah. Hasilnya menjadi nada Fa
  • Nada-nada berikutnya posisinya sama, tetapi dimulai dari senar di bawahnya.

Nah sobat, itulah tadi cara memainkan biola yang bisa dipahami oleh tingkat pemula sekalipun. Sobat bisa mulai latihan secara rutin untuk menguasai alat musik melodis ini. Jika sobat tidak memilikinya, sobat bisa meminjam biola milik teman atau biola milik sekolah sobat.

Untuk para sobat Vocasia yang ingin belajar dan mendalami tentang “Cara Bermain Biola dari Pemula sampai Jadi Bisa”, yuk mari ikuti Kursus Violin 101: Practical Guide for Beginners! Dengan mengikuti kursus di Vocasia, sobat akan dipertemukan dengan para pengajar hebat, lho. Klik tombol di bawah ini untuk mengikuti kursusnya.

kursus belajar membuat dimsum vocasia

Hallo! Perkenalkan, saya Yanuario Bagas Prayoga atau biasa dipanggil Kakanda Zyan. Saya adalah mahasiswa aktif Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Sistem Informasi di Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK Akakom Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *