Tanggal:04 May 2024

Cara Memasarkan Produk di Google, Gampang dan Gratis!

Cara memasarkan produk di Google.

Tak ada satu pun pembisnis yang menginginkan agar bisnisnya tersebut tak sukses, tak maju, dan tak berkembang ke arah yang lebih baik. Nah, untuk menghindarinya, serta untuk mencapai kemakmuran, tentulah mereka harus melalui sebuah proses panjang yang tentunya tak mudah. Misalnya saja untuk meningkatkan jumlah pembelian, tentulah dibutuhkan sebuah proses yang tak mudah hingga akhirnya bisnis mereka terkenal dan banyak dilirik oleh orang-orang. Selain dibutuhkan kegigihan, strategi marketing juga harus dipikirkan dengan masak. Strategi bagaimana produk yang dijual oleh bisnisnya tersebut sampai, dikenal, dan dibeli oleh masyarakat.

Strategi marketing atau memasarkan produk dinilai menjadi salah satu kunci bagaimana akhirnya bisnis seseorang bisa berkembang ke arah yang lebih baik. Mengapa bisa disimpulkan demikian? Hal itu karena dengan menetapkan strategi marketing yang baik dan tepat, tentunya hal tersebut akan berimbas pada angka penjualan yang semakin meningkat. Untuk itulah, dibutuhkan sebuah cara memasarkan produk yang jitu, sehingga bisa langsung mendatangkan pelanggan.

Terdapat banyak cara yang bisa digunakan oleh para pembisnis untuk memasarkan produknya tersebut. Entah itu dengan menggunakan media sosial, secara konvesional dengan menggunakan brosur, baliho, dan lain sebagainya. Nah, selain itu, dengan memasarkannya di Google, dijamin orang langsung bisa menemukan produkmu hanya melalui ponsel ataupun laptop. Google menjadi salah satu search engine yang banyak digunakan oleh orang. Itulah mengapa memasarkan produkmu di Google dinilai sangat menguntungkan karena nantinya produkmu tersebut akan banyak dilihat oleh orang, bahkan hingga sepenjuru dunia! Google membantu para pembisnis memasarkan produknya dengan mengeluarkan teknologi terbarunya bernama Google Bisnisku.

Dengan menggunakan Google Bisnisku sebagai media pemasarannya, kamu juga tak perlu cemas terhadap biaya promosi yang harus dikeluarkan. Hal itu karena Google Bisnisku merupakan layanan marketing yang gratis. Selain membantu bisnismu go online, jika sudah mendaftar di Google Bisnisku ini, nantinya bisnismu tersebut akan muncul baik di Google Search, Google Plus, dan Google Map. Berbagai keuntungan lainnya akan kamu dapatkan, misalnya saja kamu bisa menyesuaikan jam operasional bisnismu, merespon ulasan atau komentar yang diberikan, dapat menunjukkan lokasi bisnis dengan benar, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimanakah cara memasarkan produk menggunakan layanan Google Bisnisku tersebut? Berikut tata cara pendaftarannya.

1. Pendaftaran Google Bisnisku

Pendaftaran Google Bisnisku.
Pendaftaran Google Bisnisku. Sumber: Google Bisnisku

Jika kamu ingin memanfaatkan Google Bisnisku untuk keperluan marketing, tetapi tak memiliki pengetahuan terkait teknologi, kamu tak perlu cemas. Hal itu karena pendaftarannya sangat mudah dan hanya cukup satu kali saja. Hanya dengan mengakses website Google Bisnisku, lalu mengisi informasi terkait bisnismu, kamu sudah bisa memasarkan produk yang kamu jual secara online melalui Google Bisnisku! Nah, apa saja sekiranya informasi yang harus diberikan? Informasi tersebut seperti nama bisnis, lokasi bisnis, nomor telepon, email aktif, dan kategori bisnis. Setelah semua informasi diisi dengan lengkap dan jelas, nantinya dari pihak Google akan melakukan verifikasi terhadap data-data yang kamu kirim tersebut.

Adapun setelah proses verifikasi, Google akan mengirimkan sebuah token berisi PIN padamu yang bisa digunakan pada laman verifikasi. Jika semua proses verifikasi telah dilakukan, maka bisnismu sudah resmi terdaftar di Google Bisnisku dan akan dipromosikan melalui mesin pencari Google Search, lengkap dengan lokasi dan nomor teleponnya. Misalnya saja ketika seseorang mencari kata kunci “Bakso tulangan”, nantinya Google Search akan memunculkan bisnismu yang menjual bakso tulangan. Sangat mudah, bukan?

2. Google Adwords

Google Ads.
Google Ads. Sumber: Pexels

Nah, selain menggunakan Google Bisnisku, terdapat alternatif lain yang bisa kamu coba. Dengan menggunakan Google Adwords, kamu juga bisa mempromosikan bisnismu tersebut, lho. Google Adwords atau Google Ads adalah tempat memasarkan produk kepada pasar yang tepat. Dengannya, tentu saja angka penjualanmu akan meningkat. Memasarkan produkmu menggunakan Google Ads ini dinilai lebih efektif dan efisien bila dibandingkan dengan berpromosi melalui media sosial, seperti Facebook atau Instagram.

Meskipun berpromosi menggunakan media sosial itu gratis, tetapi biasanya semua proses promosinya dilakukan secara manual dan seringnya salah target. Hal itu karena promosi dilakukan kepada orang-orang yang hanya mengikuti dan berteman dengan media sosialmu saja. Itulah mengapa, Google Ads memiliki kemunginan berhasil jauh lebih besar karena bisa memasarkan produkmu ke target yang tepat. Google Ads menjadi salah satu jawaban jika kamu ingin mempromosikan produkmu dan ingin agar banyak dilihat dan dibeli oleh semua orang.

Nah, jika kamu tertarik memanfaatkan Google Ads ini untuk kepentingan promosi produkmu, kamu harus menyiapkan biaya promosinya, nih! Berpromosi menggunakan Google Ads, meskipun harus mengeluarkan biaya, tentunya hal tersebut tak akan sia-sia karena nantinya produkmu bisa menyasar ke target pembeli yang tepat. Berbeda jika kamu mengeluarkan biaya promosi untuk membuat baliho atau brosur yang memiliki kemungkinan besar menargetkan pembeli yang salah. Lalu, berapa besaran modal yang harus disiapkan? Modal untuk Google Ads bisa kamu tetapkan sendiri! Kamu bisa memilih besaran jumlah modal yang akan dikeluarkan. Selain itu, kamu juga bisa menentukan dimana iklan produkmu akan ditampilkan, serta bagaimana tampilan dari iklan tersebut. Semakin besar modal yang dikeluarkan, akan semakin baik pula imbasnya pada bisnismu.

Nah, untukmu yang masih bingung dan takut salah langkah, kamu bisa langsung mengikuti kelas Digital Marketing: Kiat Sukses Memasarkan Produk secara Digital yang diadakan oleh Vocasia. Dengan diskon hingga 72% hanya untukmu. Jangan sampai kelewatan karena penawaran diskon sangat terbatas. Jangan buat bisnismu layu karena tak ada yang beli!, atau klik tautan di bawah ini!.

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *