Tanggal:20 June 2024
search engine adalah

Search Engine: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Mbah Google. Mungkin artikel yang kamu baca saat juga ditemukan gara-gara Mbah Google. Google hanyalah satu dari banyaknya mesin pencarian di internet. Mesin pencarian atau search engine adalah program online yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari manusia saat ini. Tidak dapat dipungkiri, kini hampir semua kalangan masyarakat menggunakan search engine. Pelajar, mahasiswa, pegawai, pemerintah, pebisnis, dan masih banyak lagi membutuhkan search engine untuk mendukung aktivitas mereka.

Pengertian Search Engine

Search engine adalah program online untuk mencari dan mengidentifikasi informasi di dalam database sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Database tersebut berisi alamat dan konten situs-situs tertentu yang terdapat di world wide web (www). Setelah menerima kata kunci, search engine akan menampilkan hasil pencariannya pada search engine result page (SERP). Semakin relevan informasi yang ditampilkan, semakin baik pula kerja search engine. Search engine dapat diakses kapan saja dan di mana saja selama jaringan internet tersedia.

Cara Kerja Search Engine

1. Crawling

Setiap jenis search engine memiliki bots crawlers yang bertugas memindai isi internet. Bots crawler akan memburu semua konten di internet, mulai dari halaman web, sub halaman, folder, dan konten lainnya untuk disimpan di database mereka. Bukan hanya konten baru, bots crawlers juga menangkap konten yang di-update. Namun, search engine tidak akan menyimpan versi asli dari konten tersebut. Crawler hanya mengikuti tautan demi tautan yang terdapat di website. Tautan tersebut dapat berupa dokumen, artikel,video, gambar, dan lain-lain.

2. Indexing

Indexing disebut juga proses validasi penyimpanan konten. Informasi yang ditangkap kemudian dikelompokkan sesuai dengan kategori yang sama. Kategori indexing dapat meliputi lokasi pencarian, bahasa yang digunakan, dan lain-lain. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan dan mempercepat penampilan hasil ketika diminta oleh pengguna. Indexing dan crawling dilakukan terus menerus agar database selalu up to date sehingga hasil pencarian yang ditampilkan juga tetap relevan.

3. Ranking

Ranking adalah menampilkan urutan hasil pencarian. Mesin pencarian dapat menampilkan hingga jutaan daftar, namun 95% pengguna internet hanya melihat halaman pertama saja. Halaman pertama adalah hasil terbaik dan paling relevan yang didapat search engine. Sistem seperti ini diberlakukan agar pengguna tidak kecewa karena hasil yang ditampilkan tidak relevan dengan yang diinginkan.

Baca juga: Berikut Tugas-Tugas SEO Specialist!

Fungsi Search Engine

1. Memudahkan Pencarian Alamat Website atau Blog

Search Engine memiliki kapasitas yang besar dan terus dimutakhirkan. Berbagai jenis informasi yang dibutuhkan manusia dapat diakses menggunakan search engine.

2. Sarana Mencari Informasi

Search engine mampu menampilkan informasi dalam waktu yang singkat. Informasi yang ditampilkan tidak hanya dari satu negara tetapi berbagai negara di dunia.

3. Efektif untuk Browsing

Dengan menggunakan search engine pengguna tidak perlu mengakses website atau blog satu per satu. Pengguna hanya perlu memasukkan kata kunci, lalu ribuan hingga jutaan hasil yang relevan ditampilkan dalam sekejap mata.

Baca juga: 8 Rekomendasi SEO Tools YouTube Terbaik 2022

Contoh Search Engine

Ada banyak search engine di dunia ini. Selain search engine yang bersifat global, seperti Google, terdapat pula yang populer di negara atau wilayah tertentu. Berikut adalah beberapa contoh search engine sering digunakan.

1. Google

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan search engine paling populer saat ini. Google menguasai hingga 71,24% pencarian desktop dan 92,33% pencarian mobile di seluruh dunia.

2. Yahoo

Yahoo merupakan salah satu pembuka gerbang teknologi. Selain search engine, Yahoo juga menyediakan layanan surat elektronik dan chat.

3. Bing

Bing adalah search engine garapan Microsoft. Digunakan juga sebagai mesin pencari default di sistem operasi Windows.

4. Naver

Naver merupakan jenis search engine yang populer di negara asal sendiri, yaitu Korea Selatan.

5. Yandex

Tidak jauh berbeda dengan Naver, Yandex populer di beberapa negara, seperti: Rusia, Ukraina, Turki, dan Kazakhstan.

6. Swisscows

Swisscows disebut sebagai search engine semantik yang family-friendly. Search engine ini tidak mengumpulkan, menyimpan, atau melacak data pribadi pengguna.

Demikianlah pembahasan mengenai search engine. Apakah ada informasi yang baru kamu ketahui? Tidak dapat dipungkiri memang search engine sudah menjadi teman dan bagian hidup manusia. Terlebih lagi, di era digital kini, walaupun hanya sekejap manusia tidak bisa lepas dari data dan informasi.

Baca juga: Kenali Perbedaan Blog dan Website Beserta Contohnya

Kursus online pelatihan membuat aplikasi android dan ios vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *