Tanggal:22 July 2024

Google Ads: Pengertian serta Manfaatnya

Di zaman serba digital seperti saat ini, para pebisnis online tentu memerlukan sebuah fitur yang mampu membantu proses pemasaran bisnisnya. Salah satunya seperti fitur iklan berbayar dari mesin pencari Google, yang bernama Google Ads.

Ketika kamu mencari suatu kata kunci di Google, pada hasil pencarian sering kali ditemukan kata “Iklan” atau “Ad”. Itu lah yang dimaksud dengan Google Ads. Lantas, apa sebenarnya fitur dari Google ini, dan apa saja manfaat dari fitur tersebut? Yuk, cari tahu penjelasannya pada artikel ini!

Baca Juga | Cara Memasarkan Produk di Google

Apa Itu Google Ads?

Apa Itu Google Ads? Sumber: unsplash.com

Google Adwords atau yang sekarang dikenal dengan nama Google Ads adalah sebuah fitur yang digunakan untuk mengiklankan produk bisnis, yang nantinya produk tersebut akan muncul pada halaman pencarian google, dengan suatu kata kunci atau keyword tertentu yang berkaitan dengan produk yang diiklankan.

Perlu kamu ketahui, bahwa selama ini Google Adwords tercatat sebagai penyumbang terbesar penghasilan Google. Itu artinya, program periklanan ini banyak digunakan dan memang populer di kalangan pengusaha dari berbagai negara.

Untuk kamu yang seorang pebisnis, mesin pencarian Google sangat potensial untuk menggaet konsumen baru. Sebab, search engine ini menempati urutan pertama sebagai search engine yang paling banyak dipakai oleh para pengguna internet. Itu hanya satu hal dari manfaat Google Ads, tentunya masih ada manfaat lain dari fitur ini untuk bisnimu, apa sajakah itu? Simak di bawah ini!

Manfaat Fitur Google Ads untuk Bisnismu

Manfaat Fitur Google Ads untuk Bisnismu. pixabay.com

1. Kemudahan Menargetkan Audiens Secara Spesifik

Pemasang iklan dengan fitur Google Ads bisa mengelola dan mengatur target pasarmu secara spesifik. Kamu dapat menentukan waktu kapan iklan tersebut akan ditampilkan. Pengaturan target juga meliputi jenis kelamin, usia, hingga menentukan wilayah. Mengatur tampilan iklan berdasarkan wilayah sangat memungkinkan kamu untuk menargetkan audiens dari kota atau provinsi tertentu secara lebih akurat.

Baca Juga | 5 Jenis Iklan Google Ads yang Tepat untuk Bisnismu

2. Program Periklanan yang Fleksibel

Selain itu, program ini juga bisa mulai digunakan oleh pebisnis rintisan (startup), sampai perusahaan berkembang maupun besar. Google Ads sangat kompatibel dengan berbagai platform pemasaran lain, atau software yang biasa digunakan untuk pekerjaan sehari-hari.

Bukan hanya itu, dari sisi biaya pun layanan ini sangat terbilang fleksibilitas. Sebab kamu bisa mengelola budget iklan dalam hitungan hari, serta bisa membatasi jumlah yang mau dikeluarkan pada satu keyword spesifik. Dengan demikian, arus pengeluaran lebih mudah dikendalikan, dan dapat kamu kelola untuk mencapai hasil maksimal dan efisien.

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Google Ads

3. Traffic Website Lebih Cepat Naik

Layanan Google Adwords dapat memberi peningkatan traffic karena iklan dipasang ke seluruh website yang bermitra dengan Google. Cara kerjanya adalah fitur ini akan memberi kebebasan terkait pemakaian kata kunci komersial tanpa ada batas limit. Jadi, website bisnis kamu hanya akan dilihat oleh pengunjung yang kemungkinan besar akan menjadi pelanggan barumu.

4. Memaksimalkan Return on Investment (ROI)

Persentase Return on Investment atau ROI tinggi menunjukkan performa bisnis yang positif. Ini menandakan bahwa perusahaan kamu bisa memberikan keuntungan atas investasi, yakni mengiklankan atau mempromosikan produk maupun jasa. Manfaat Google Ads yang tidak kalah penting yaitu memungkinkan optimalisasi ROI. Ini dikarenakan dukungan ketersediaan data di fitur periklanan tersebut yang dapat dipelajari serta dievaluasi. Data tersebut bisa diolah untuk menyusun strategi pemasaran terbaru yang lebih efektif serta optimal.

5. Kemudahan dalam Mengelola

Dengan menggunakan fitur ini, kamu juga bisa mendapatkan tools yang bisa digunakan untuk memantau serta mengelola akun dengan begitu mudah. kamu bisa mengelola beberapa akun sekaligus.

Nah, itulah manfaat Google Ads yang akan sangat menguntungkan bagi bisnis kamu dalam persaingan dalam mendapatkan konsumen. Jika kamu tertarik untuk menggunakan Google Adwords, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan jasa PPC spesialis. Memercayakan pemasangan iklan google kepada ahlinya akan semakin membuatmu merasakan banyak manfaat lainnya.

Kesimpulan

Jadi, Google Ads adalah sebuah fitur yang digunakan untuk mengiklankan produk bisnis, yang nantinya produk tersebut akan muncul pada halaman pencarian Google. Sehingga, secara otomatis bisnis kamu akan dikenal oleh banyak orang dan mempunyai perkembangan yang signifikan.

Tidak hanya itu, fitur ini juga salah satu layanan yang bisa mendatangkan banyak manfaat untuk kegiatan pemasaran kamu. Mulai dari menjaring kelompok audiens spesifik, program iklan fleksibel, traffic cepat naik, ROI yang optimal, sampai membuka kemudahan mengelola akses data yang bernilai untuk kamu terus meningkatkan kesuksesan campaign pemasaran yang dijalankan.

Baca Juga |

3 Cara Mudah Menambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps

Panduan Google Adsense untuk Pemula

Kursus digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *