Tanggal:07 May 2024

11 Cara Membahagiakan Karyawan

Tidak jarang para pimpinan perusahaan berpikir satu-satunya cara membuat karyawan yaitu dnegan menaikkan gaji mereka. Nyatanya ada beberapa cara yang lebih murah dan mudah untuk bisa membuat karyawan kamu selalu bersemangat ketika bekerja.

Apakah kamu salah satu manajer yang hanya tau cara membahagiakan karyawan dengan menaikkan upah gaji perbulan ?

Buat kamu yang ingin membuat karyawanmu selalu bahagia, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini.

Vocasia akan memberikan 11 cara membahagiakan karyawan di tempat kerja.

Tanpa terlalu berlama-lama lagi, yuk simak artikel di bawah ini sampai tuntas!

1. Beri Kesempatan

karyawan senyum

Buat karyawan berkembang – @rawpixel.com

Cobalah untuk mengembangkan potensi dan bakat dari setiap karyawan, nyatanya hal ini juga bisa membuat karyawan senang bekerja di perusahaan kamu lo.

Karyawan yang merasa dirinya tidak berkembang sama sekali cenderung akan berusaha mencari pekerjaan di tempat lain.

2. Pelatihan

Japanese woman in a business meeting

Latih mereka agar lebih berkembang lagi – @rawpixel.com


Sehubungan dengan program mengembangkan diri, pelatihan adalah salah satu hal yang diidam-idamkan karyawan. Sebab melalui program ini, mereka merasa lebih percaya diri dan mampu meningkatkan produktivitas.

3. Upah bonus

uang dipegang

Berikan upah berupa bonus kepada karyawan teladan – @rawpixel.com

Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa upah bonus akan memberikan dampak yang luar biasa terhadap kegembiraan karyawan di kantor. Sangat disarankan untuk kamu menerapkan cara ini kepada karyawanmu yang dirasa berprestasi, memiliki ketekunan dan setia terhadapa perusahaan.

4. Kebebasan berinisiatif

presentasi

inisiatif mereka akan menumbuhkan kebahagiaan dan meningkatkan produktivitas kantor – @rawpixle.com

Membiarkan karyawan mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan mereka sesuai dengan keinginannya bukan cuma meningkatkan kebahagiaan karyawan, tetapi membuat mereka lebih produktif.

5. Ciptakan suasana yang gembira

Ciptakan suasana senang di kantor – @rawpixel.com

Untuk bisa membuat banyak karyawan merasa senang, diperlukan adanya suasana tempat kerja yang menyenangkan pula. Pastikan semua karyawan merasa nyaman selama berkegiatan di kantor maupun berkomunikasi secara langsung atau menggunakan media sosial.

Baca Juga | Jenis Penyakit Mental Yang wajib Kamu Ketahui

6. Work from home

Meskipun suasana kerja di kantor sudah menyenangkan, rupanya banyak juga yang membuat karyawan lebih suka bekerja di rumah. Lagipula, karyawan akan tetap mementingkan pekerjaan sampai lupa mandi walaupun bekerja dari rumah.

7. Fokus

orang memhetik di laptop

tinggalkan persaan negatif di luar pekerjaan – @rawpixel.com

Ciptakan budaya yang fokus pada pekerjaan, sehingga ketika bekerja karyawan akan terhindarkan dengan perasaaan tidak enak yang berurusan dengan urusan pribadi mereka masing-masing. Maka dari itu suasana gembira di kantor akan lebih terjaga.

8. Work life balance

Karyawan perlu dipastikan keseimbangan hidupnya antara di kantor dan di rumah. Keseimbangan itu penting karena cukup mempengaruhi kebahagiaan karyawan.

Baca Juga | Cara Mengatasi Gangguan Tidur, Efektif Kamu Coba!

9. Berikan penawaran

berikanlah tawaran para karyawan untuk melakukan cuti, upah tunjangan anak atau penawaran lainnya. Hal kecil seperti ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena nyatanya hal ini justru akan memberikan rasa senang dan adanya peningkatan produktivitas kerja para karyawan.

10. Jaminan kesehatan

Menjaga tubuh agar tetap sehat memang tugas individu masing-masing. Namun perusahaan juga sebaiknya ikut menjamin kesehatan karyawan agar mereka tetap produktif dan bahagia selama bekerja.

Baca Juga | Jenis-Jenis Dokter Spesialis

11. Memperbolehkan bermain media sosial

mengakses media sosial

Media sosial untuk istirahat sejenak – @rawpixel.com

Beberapa orang cenderung lebih bisa produktif setelah beristirahat sejenak dan membuka akun sosial media mereka. Jadi salah satu cara membuat karyawan bahagia adalah dengan membolehkan mereka membuka Facebook.

Itu dia beberapa cara membuat karyawan bahagia dengan cara yang murah dan sederhana. Apakah kamu sebagai atasan sudah menerapkan cara-cara di atas selama di lingkungan kerja  Jika belum, kamu bisa muali menerapkannya dari sekarang secara perlahan. Sebaliknya, jika kamu seorang karyawan, apakah atasan kamu sudah memperlakukan kamu seperti cara-cara di atas ?

Buat kamu yang menjadi atasan maupun karyawan, selalu semangat ya dalam bekerja! jangan lupa untuk jaga kesehatan!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Sumber : merdeka.com

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *