Tanggal:29 April 2024
Dokter gigi - @rawpixel.com

Jenis-Jenis Dokter Spesialis

Dokter merupakan salah satu profesi yang memiliki beberapa keahlian di bidangnya masing-masing. Berbeda dengan dokter umum, dokter spesialis justru memiliki satu keahlian yang sangat khusus. Hal ini bertujuan agar setiap dokter fokus menangani pasien dengan penyakit yang spesifik.

Dokter umum yang berkeinginan menjadi seorang dokter spesialis perlu melanjutkan pendidikannya ke jenjang pasca sarjana atau dalam dunia kedokteran disebut pendidikan spesialis.

Mungkin kamu pernah melakukan konsultasi dengan dokter umum lalu dokter umum memberikan surat rujukan untuk melakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter yang berbeda. Dokter rujukan tersebut merupakan dokter yang akan melayani kamu lebih lanjut berdasarkan keterangan yang ia dapatkan dari dokter umum. Namun tidak menutup kemungkinan juga jika kamu ingin langsung menemui dokter spesialis tanpa menemui dokter umum terlebih dahulu.

Buat kamu yang ingin mengenal mengenai dokter spesialis atau saat ini sedang menempuh pendidikan kedokteran dan ingin melanjutkan ke dokter spesialis, informasi berikut ini mungkin akan sangat membantu kamu karena pada artikel ini Vocasia akan memberit tahumu jenis jenis dokter yang ada di Indonesia.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak pembahasan berikut ini!

1. Penyakit dalam

Dokter spesialis penyakit dalam yang sering juga disebut sebagai internis ini merupakan dokter yang memiliki spesialisasi untuk menangani masalah kesehatan orang dewasa hingga lansia. Beberapa masalah kesehatan yang sering ditangani oleh seorang internis adalah seperti masalah imun, penyakit jantung, hipertensi, pencernaan, pernafasan, masalah ginjal dan diabetes.

Dokter spesialis anak - @rawpixel.com

Dokter spesialis anak – @rawpixel.com

2. Anak

Dokter spesialis anak yang sering juga disebut sebagai pediatris ini merupakan dokter yang secara khusus menangani pasien yang berusia sekita 0-18 tahun. Penyakit yang ditangani 0leh dokter ini juga berbagai macam mulai dari masalah fisik, perilaku, mental dan masalah kesehatan lainnya yang kerap dialami oleh anak-anak.

Tak jarang dokter anak juga bekerja sama dengan dokter spesialis lainnya jika masalah kesehatan yang ditangani berkaitan dengan spesialis lainnya.

3. Saraf

Neurologis merupakan sebutan untuk para dokter spesialis saraf. Neurologis bertugas untuk menangani masalah kesehatan yang berhubungan dengan sistem saraf, mulai dari sraf otak hingga saraf tepi.

Penyakit yang sering ditangani oleh dokter spesialis saraf di antaranya adalah stroke, kejang, gangguan otot dan lain-lain.

Dokter Kandungan dan ginekologi

Kandungan dan ginekologi – @rawpixel.com

4. Kandungan dan ginekologi

Sesuai dengan namanya dokter spesialis kandungan dan ginekologi memiliki keahlian khusus di 2 bidang kesehatan, yaitu seputar kehamilan serta kelahiran dan kesehatan reproduksi.

Dokter spesialis bedah - @rawpixel.com

Dokter spesialis bedah – @rawpixel.com

5. Bedah

Dokter spesialis bedah merupakan dokter yang menangani seluruh proses kesehatan yang berhubungan dengan pembedahan. Beberapa masalah kesehatan yang paling sering ditangani oleh dokter bedah yaitu pembedahan kanker.

6. Kulit dan kelamin

Baik pria maupun wanita yang memiliki masalah kesehatan pada kulit maupun kelamin merupakan pasien di bawah naungan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Beberapa masalah kesehatan dan kelamin yang paling sering ditangani di antaranya adalah alergi kulit, herpes, kanker kulit dan penyakit menular seksual.

7. THT

THT merupakan singkatan dari telinga, hidung dan tenggorokan. Dokter spesialis THT merupakan dokter yang berkeahlian menangani masalah kesehatan di sekitar telinga, hidung dan tenggorokan.

Seorang dokter spesialis THT akan sering berjumpa dengan pasien berkeluhan radang tenggorokan, sleep apnea, sinusitis hingga penyakit tumor di bagian kepala dan leher.

8. Mata

Optalmologi merupakan sebutan bagi dokter yang memiliki spesialisasi di bagian mata. Dokter spesialis mata akan sering melakukan pemeriksaan mata, membuat resep obat mata dan pembuatan kacamata hingga melakukan operasi pada mata.

9. Psikiater

Tidak hanya kesehatan secara fisik, namun dokter juga ada yang berkeahlian khusus untuk menangani masalah kesehatan mental. Dokter ini disebut sebagai psikiater, dalam prakteknya psikiater bisa menangani pasien secara konseling maupun pengobatan medis.

Dokter gigi - @rawpixel.com

Dokter gigi – @rawpixel.com

10. Dokter gigi

Sama seperti dengan dokter umum, dokter gigi juga bisa menempuh pendidikan spesialis bedag mulut, spesialis gigi anak, spesialis ortodonti, penyakit mulut dan prostodonsia atau gigi palsu.

Pada dasarnya dokter gigi merupakan dokter yang menangani masalah kesehatan yang terjadi dibagian gigi dan mulut.

Demikian jenis-jenis dokter spesialis. Semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *