Tanggal:03 May 2024

8 Cara Mengatasi Gangguan Tidur, Efektif Kamu Coba!

Baca Juga | 8 Tips Menjaga Hubungan Persahabatan agar Selalu Harmonis  

Setiap orang pasti memiliki berbagai aktivitas setiap harinya, mulai dari pekerjaan kantor, sekolah, pekerjaan rumah tangga, dan lainnya. Setelah beraktivitas tubuhmu akan kehabisan energi, dan tidur adalah cara terbaik untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiranmu agar kembali segar.

Dibutuhkan sekitar 8 jam per hari untuk mendapatkan tidur yang baik, agar tubuh kembali berenergi. Namun nyatanya banyak sekali orang yang mendapatkan gangguan tidur, sehingga hal ini dapat berdampak bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga | 5 Manfaat Antioksidan dan Sumber Makanannya Bagi Tubuh, Kamu Wajib Tahu!

Gangguan tidur merupakan kelainan dari pola tidur seseorang, yang sangat mempengaruhi penurunan kualitas tidur. Gangguan tidur yang tidak di tangani dengan baik akan meningkatkan resiko munculnya berbagai macam penyakit, dan membahayakan keselamatan penderitanya.

Apakah kamu juga mengalami gangguan tidur? Jika iya kamu penting banget untuk menyimak artikel ini, Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi gangguan tidur. Kamu harus tahu terlebih dahulu jenis dan penyebab dari gangguan tidur. Simak di bawah ini yuk!

Baca Juga | Bantu Kesehatan Mental, Ini Dia 4 Manfaat Terapi Mindfulness

Jenis Dan Penyebab Gangguan Tidur

Jenis dan penyebab gangguan tidur ada beberapa macam, tergantung pada bentuk kelainan maupun gejalanya. Yang pertama adalah insomnia. Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur, atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya.

Baca Juga | 5 Cara Menjadi Pribadi yang Optimis 

Kemudian ada Hipersomnia, yang merupakan kondisi di mana kebutuhan tidur sangat panjang, sehingga penderitanya selalu mengantuk di siang hari. Ada berbagai hal yang berpotensi menyebabkan hipersomnia atau tidur berlebihan, salah satunya adalah depresi.

Baca Juga | 4 Jenis Subjunctive sebagai Bentuk Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Selanjutnya penyakit tidur berjalan. Penyakit tidur berjalan (sleepwalking) memiliki istilah medis somnabulisme. Penyakit ini membuat si penderita sering bangun, berjalan, atau melakukan berbagai kegiatan dalam keadaan tidur, tetapi ia tidak menyadari apa yang dilakukannya. Kondisi ini bisa dialami oleh orang dewasa dan juga anak-anak.

Baca Juga | 5 Tips Jitu Bantu Kamu Jalankan Usaha Bersama Teman Tanpa Bersikap Gak Enakan!

Ada juga peyebab gangguan tidur nightmare atau mimpi buruk. Mimpi yang buruk membuat seseorang menjadi resah, dan sulit untuk tidur. Yang terakhir adalah sleep teror atu teror tidur.Teror tidur jarang terjadi pada orang dewasa, namun lebih sering terjadi pada anak-anak, terutama yang berusia 4-8 tahun. Penderita teror tidur dapat tampak ketakutan hingga berteriak ketika tidur. Kondisi ini biasanya bisa disebabkan ketika sedang kelelahan atau mengalami demam.

Baca Juga | 7 Cara Ini Bisa Atasi Gangguan Cemas Berlebih

Setelah kamu mengetahui jenis dan penyebab gangguan tidur, penting sekali untuk kamu tahu bagaimana cara mengatasi gangguan tidur. Kamu tidak perlu khawatir nih, di artikel ini akan memberikan 8 cara mengatasi gangguan tidur, yang efektif kamu coba. Yuk ikutin 8 cara dibawah ini!

8 Cara Mengatasi Gangguan Tidur

1. Konsisten Tidur Pada Jam Yang Sama

Ilustrasi Sebuah Jam Di Atas Meja(pexels.com/karolina grabowska)

Baca Juga | 7 Cara Membangun Mental Bisnis!

Cobalah untuk konsisten tidur pada jam yang sama. Idealnya untuk orang dewasa tertidur 8 jam per hari. Jadi usahakan untuk mencoba tidur pada waktu yang sama. Ubah kebiasaanmu yang menunda-nunda untuk segera tidur. Karena jika kita terbiasa tidur di waktu yang sama. Otak kita pun akan merespon perulangan kejadian yang sama pada waktu berikutnya.

2. Membuat Persiapan Sebelum Tidur

Ilustrasi Wanita Yang Sedang Berkaca(pexels.com/kool shooters)

Baca Juga | 7 Merek Skincare Murah Tapi Kualitas Gak Murahan, Lokal Punya! 

Sebelum mulai tidur kamu bisa melakukan beberapa persiapan. Seperti mandi air hangat untuk merileksasikan tubuhmu. Kemudian mengenakan pakaian tidur yang nyaman. Membuat suasana kamar tenang, dengan mematikan barang-barang elektronik seperti handphone, komputer, maupun tv. Buatlah temperatur udara di kamarmu sesejuk mungkin, kamu juga bisa menggunakan lilin aroma terapi untuk membantu merileksasikan pikiranmu.

Baca Juga | Rekomendasi Film yang Wajib kamu tonton

Dan yang terakhir mulailah tidur dengan mematikan cahaya lampu. Menurut studi yang dilakukan oleh American Journal of Epidemiology menyebutkan bahwa cahaya dapat menurunkan produksi hormon melatonin yang dapat mengganggu metabolisme tubuh kita. Jadi cobalah untuk tertidur dengan mematikan cahaya lampu dikamarmu.

3. Membatasi Waktu Tidur Siang

Ilustrasi Tertidur Di Sofa(pexels.com/pixabay)

Baca Juga | 7 Tips Self Improvement untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Tidak ada salah nya tidur siang, namun jangan berlebihan. Karena tidur siang menjadi satu penyebab kamu sulit tidur di malam harii. Mulailah melatih dirimu untuk membatasi waktu tidur siang. Kamu bisa membatasi tidur siangmu 1 jam perhari, sehingga kamu bisa segera mengantuk dan tertidur di jam malam.

4. Konsumsi Makanan Yang Sehat

Ilustrasi Makanan Sehat(pexels.com/trang doan)

Baca Juga | Daftar Makanan Yang Wajib Kamu Konsumsi Untuk Melancarkan Pencernaan!

Mulailah membiasakan dirimu untuk mengkonsumsi makanan yang sehat, seperti sayuran dan buah-buahan. Hindarilah makanan junk food, karena junk food sangat tidak baik untuk tubuhmu. Studi yang di muat dalam The British Journal of Psychiatry menyebutkan bahwa makan junk food akan membuat seseorang depresi. Depresi ini akan membuat pikiranmu tidak tenang, sehingga kamu sulit untuk tidur.

5. Hindari Minuman Berakohol Dan Berkafein

Ilustrasi Menuangkan Jus Ke Gelas(pexels.com/anete lusina)

Baca Juga | Asal Mula Smoothies, Bahan-Bahannya Bisa Bikin Kamu Sehat?

Stop konsumsi minuman yang beralkohol, dan berkafein. Karena selain minuman tersebut membuatmu sulit untuk tertidur, minuman berakohol sangat berbahaya bagi kesehatan tubuhmu. Begitu juga dengan minuman berkafein. Walaupun boleh saja kamu sesekali meminumnya tapi jika kamu mengkonsumsinya lebih banyak itu juga akan berdampak buruk bagi tubuhmu.

Untuk kamu yang sudah kecanduan minuman beralkohol maupun berkafein. Kamu bisa mencoba melatih dirimu dengan menggantinya ke minuman yang sehat, seperti jus, teh hijau, maupun air putih. Jangan lupa juga tubuh kita membutuhkan konsumsi 2 liter air perhari, Lakukan lah hal itu ya!

6. Berhenti Merokok

Ilustrasi ‘No Smoking’(pexels.com/ann h)

Baca Juga | 7 Cara Ini Bisa Atasi Gangguan Cemas Berlebih

Selain menghindari konsumsi minuman berakohol dan juga kafein, kamu juga perlu menghindari yang namanya merokok. Kandungan nikotin dalam rokok dapat membuat kamu susah tertidur, dan terjaga sepanjang malam.

7. Hindari Stress

Ilustrasi Pria Memegang Kepalanya(pexels.com/andrea piacquadio)

Baca Juga | 9 Cara Untuk Terapi Self Healing, Perlu Isolasi Diri?

Pikiran yang stress akan membuatmu tidak tenang dan akhirnya kamu pun mengalami gangguan tidur. Coba untuk selesaikan permasalahanmu perlahan-lahan, segala permasalahan tentu pastinya ada solusinya. Apabila kamu sulit untuk menghadapi stress, kamu bisa mencoba terapi mindfulness untuk membantu menenangkan pikiranmu.

Baca Juga : Bantu Kesehatan Mental, Ini Dia 4 Manfaat Terapi Mindfulness

8. Rajin Berolahraga

Ilustrasi Seorang Pria Yang Sedang Berolahraga(pexels.com/pixabay)

Baca Juga | Sejarah Bulu Tangkis di Tanah Air

Olahraga dapat membantu membugarkan tubuhmu, tubuh yang bugar akan membantumu memiliki tubuh dan pikiran yang sehat. Jadi rajinlah berolahraga ya, minimal 30 menit sehari. Namun kamu tidak dianjurkan melakukan olahraga sebelum tertidur, karena hal itu akan membuatmu terjaga semalaman.

Nah, itu tadi 8 cara mengatasi gangguan tidur yang bisa kamu lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, Selamat mencoba!

Baca juga : Sering Insecure? 7 Cara Ini Efektif Meningkatkan Rasa Percaya Diri Kamu Lho!

Menulis Surat Lamaran - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *