Tanggal:15 May 2024
Jangan membawa tas terlalu banyak

5 Cara Membangun Kredibilitas Bisnis, Dijamin Efektif!

Kredibilitas bisnis merupakan salah satu hal terpenting dalam menjalankan bisnis. Sebab kredibilitas menjadi salah satu yang menentukan besar kecilnya penjualan bisnis. Serta merupakan alat utama yang membantu bisnis untuk mempertahankan pelanggan dan membuat pelanggan tersebut loyal kepada produk bisnis yang kamu milii

Sebuah kredibilitas adalah salah satu masalah yang harus kamu perdulikan, agar produk atau brand yang kamu bangun dapat bersaing dengan kompetitor yang telah berkembang lebih dulu. Karena itu, demi membangun kepercayaan pelanggan, kamu harus melakukan berbagai hal untuk membangun citra yang baik.

Nah, bagi kamu yang bingung bagaimana cara membangun kredibilitas bisnis, Vocasia  akan memberikan kamu informasi terkait hal tersebut. Mulai dari cara yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan uang sepersen pun alias secara gratis hingga beragam cara membangun kredibilitas bisnis yang berbayar. Berikut cara membangun kredibilitas bisnis yang dapat kamu lakukan.

1. Bangun Citra Lewat Sosial Media

 

Manfaatkan media sosial untuk menbangun citra bisnismu. Sumber:pexels.com

Cara pertama yang dapat kamu coba untuk membangun kredibilitas bisnis adalah dengan membangun citra lewat sosial media. Sosial media merupakn salah satu platform yang potensial yang dapat membangun kredibilitas sebuah bisnis kamu pada era digital seperti saat ini,. Seperti yang kita tahu, hampir semua orang kini memiliki akun sosial medianya sendiri. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter hingga yang belakangan cukup ramai digunakan adalah TikTok.

Kamu  bisa memulai membangun kredibilitas bisnis dengan membuat konten yang terstruktur di berbagai platform tersebut. Contoh, jika kamu menggunakan Instagram, maka bisa dengan membuat konten informatif mengenai brand atau produk yang kamu jualkan. Jangan lupa melengkapinya dengan foto yang menarik agar lebih memikat calon konsumen serta menkamukan bahwa bisnis kamu cukup profesional.

Sedangkan jika menggunakan TikTok, kamu bisa memulainya dengan membuat video-video menarik yang berpotensi viral. Kamu dapat mencobanya dengan merekam seluruh proses pembuatan produk hingga siap untuk dipasarkan. Video produksi tersebut Selain dapat menarik perhatian calon konsumen, juga dapat meningkatkan kredibilitas usaha kamu secara tidak langsung.

2. Buat Website Profesional

Cara membangun membangun kredibilitas  kedua yang dapat kamu coba selain menggunakan sosial media adalah membuat situs bisni profesioanl. Kamu dapa mengisi situs bisnis tersebut dengan informasi khusus terkait perusahaan, brand maupun produk kamu. Dengan demikian, orang-orang yang ingin mencari tahu lebih jauh mengenai brand atau produk kamu dapat dengan mudah menemukannya lewat internet.

Pastikan Kamu menggunakan domain yang profesional alias bukan yang gratisan, untuk menunjang kredibilitas website bisnis yang kamu buat. Selanjutnya, kamu bisa memproduksi konten yang diunggah secara berkala ke situs tersebut. Mulai dari foto, video hingga artikel yang bersifat informatif.

3. Lampirkan Testimoni atau Ulasan Pelanggan

Lampirkan testimoni pelanggan untuk menarik pelanggan baru. Sumber: freepik.com

Cara ketiga yang dapat memperkuat kredibilitas bisnis yang kamu jalankan adalah melampirkan testimoni atau ulasan pelanggan. Karena itu pastikan kamu untuk merespon setiap ulasan atau testimoni yang diberikan pelanggan. Setelahnya, jadikanlah testimoni tersebut sebagai konten untuk sosial media atau dipasang dalam website agar dapat terlihat oleh banyak orang.

Menurut sebuah data riset yang dilakukan oleh Zendesk menunjukkan bahwa 90 persen konsumen membeli produk berdasarkan pertimbangan review atau ulasan dari pelanggan lain. Artinya, semakin banyak testimoni dari pelanggan yang kamu tunjukkan, maka semakin besar pula calon konsumen tersebut tertarik dan melakukan pembelian pada produk yang kamu pasarkan.

Baca juga: Cara ternak sapi yang baik

4. Cantumkan Informasi Lengkap Perusahaan

Setelah kamu membuat website bisnis professional. Jangan lupa untuk mencantumkan informasi lengkap mengenai perusahaan. Kamu dapat mencantumkan info perusahaan latar belakang berdirinya hingga visi misi perusahaan. Selain itu, dalam website tersebut juga dapat ditambahkan informasi mengenai alamat kantor atau perusahaan, surel maupun kontak costumer service yang dapat dihubungi.

Layanan kontak costumer service yang dicantumkan dalam website akan mempermudah para calon konsumen untuk melakukan interaksi secara langsung pada bisnis Kamu. Serta dapat menghilangkan keraguan konsumen terhadap kemungkinan bahwa website atau iklan bisnis kamu tersebut palsu.

Semakin lengkap informasi yang tercantum, maka semakin tinggi pula value kredibilitas yang akan Kamu dapatkan dari pelanggan. Orang-orang pun tak perlu ragu lagi membeli produk barang atau jasa dari brand Kamu.

Baca juga: Cara menulis novel untuk pemula

5. Bekerja Sama dengan Pihak yang Berpengaruh dan Terpercaya

Jalin kerjasama dengan influencer ternama. Sumber: freepik.com

Era digital memberikan kamu kemudahan untuk membangun kredebilitas bisnis yang kamu miliki. Nah, kamu dapat manfaatkan kemudahan tersebut untuk menjalin kerja sama influencer ataupun partner bisnis yang sudah terpercaya. Dengan demikian, produk maupun brand yang kamu miliki pun akan dapat dipercayai oleh pengikut mereka.

Kamu bisa meng-endorse influencer yang memiliki banyak peangikut ataupun memintanya sebagai brand ambassador bisni kamu. Untuk partner bisnis, kamu bisa mengajak beberapa brand atau perusahaan yang masih saling berkaitan untuk diajak berkolaborasi dalam memproduksi sebuah produk baru.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
jadwal kerja terstruktur
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *