Tanggal:22 July 2024

9 Cara Sukses Menjalankan Bisnis Blogging

Mendapatkan uang di zaman serba teknologi seperti sekarang ini bisa dibilang semakin mudah. Sebab sekarang ini, orang seolah tidak bisa lepas dari smartphone dan jaringan internet untuk melakukan berbagai aktivitas. Kamu hanya dituntut untuk kreatif dan tidak segan menyalurkan hobi dan bakat apapun. Karena dengan teknologi, kamu mudah untuk memperkenalkan hasil-hasil karya kepada orang lain.

Sebab sekarang ini, orang seolah tidak bisa lepas dari smartphone dan jaringan internet untuk melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari jual-beli barang, belajar atau kuliah, bahkan mencari pengalaman pun bisa dilakukan secara online.

Nah, dari perubahan gaya hidup ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk menghasilkan uang. Bagi kamu yang hobi menulis atau mengulas sesuatu, kamu dapat menghasilkan uang melalui blog yang kontennya dapat kamu ciptakan sendiri. Keuntungan lain dari bisnis blogging adalah kamu memiliki jam kerja yang bebas karena bisa mengerjakannya kapan saja dan di mana saja tanpa terikat waktu kerja.

Meski pada masa awal, kamu harus berusaha ekstra untuk membangun blog, tapi jika blog milikmu sudah terkenal dan dikunjungi banyak orang, uang yang didapat bisa mencapai jutaan rupiah. Mungkin kamu masih bingung bagaimana memulai bisnis blogging yang tepat. Tidak perlu khawatir, Vocasia sudah merangkumkan beberapa cara agar sukses menjalankan bisnis blogging. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

Baca Juga: Pengertian dan Jenis-Jenis UMKM

1. Buat Blog di Platform Terbaik

Cara pertama sukses menjalankan bisnis blogging adalah membuat blog di platform terbaik. Sebab blog berkualitas berawal dari platform blog yang berkualitas pula. Ada banyak platform blog yang bisa kamu pilih, dari Blogspot, Joomla, Drupal, Magento, hingga WordPress. Setiap platform punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Memilih platform blog merupakan hal penting dari cara menjadi blogger sukses. Sebab, kesalahan memilih platform akan menghambat perkembangan blog kamu.

Saat ini terdapat banyak pilihan platform yang tersedia. Pilihlah sesuai dengan tujuan dan skill yang kamu miliki. Bagi pemula, menggunakan platform CMS (Content Management System) adalah pilihan terbaik. WordPress adalah salah satu CMS yang bisa kamu gunakan. Platform ini memberikan kemudahan bagi kamu untuk dapat mengelola blog bahkan tanpa kemampuan coding sama sekali. Tidak hanya itu, WordPress merupakan platform yang ramah mesin pencari. Artinya, akan mendukung blog kamu untuk bisa tampil di halaman utama Google dengan lebih mudah.

2. Buat Konten Blog Bermanfaat dan Menarik

Konten blog yang bermanfaat dan menarik akan menarik banyak pengujung. Sumber: freepik.com

Cara kedua adalah membuat konten yang bermanfaat dan menarik. Konten kamu bisa dikatakan bermanfaat ketika pembaca mendapatkan solusi melalui apa yang kamu tulis. Ingat, ketika pembaca mencari sebuah kata kunci di Google, yang mereka inginkan adalah jawaban yang bisa menyelesaikan masalah mereka. Selain bermanfaat, konten kamu juga harus menarik.

Banyak website dan blog yang membahas satu topik yang sama. Kamu harus bisa memenangkan persaingan tersebut dengan membuat konten yang bermanfaat dan juga menarik. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat konten blog jadi menarik. Kamu dapat mencoba dengan membahas topik dengan sudut pandang yang unik, membuat judul artikel yang kreatif, serta menambahkan media visual.

3. Tingkatkan Kualitas SEO Blog 

Pengunjung blog kamu berasal dari banyak sumber. Salah satu sumber terbesarnya adalah pencarian Google. Oleh karena itu, kamu harus punya kualitas SEO yang baik untuk menjaring banyak pembaca dari Google.

Konten-konten yang kamu tulis harus muncul setidaknya di halaman pertama hasil pencarian Google agar lebih mudah ditemukan calon pembaca. Dengan kualitas SEO yang baik, kamu bisa mencapai hal tersebut, bahkan konten kamu bisa menduduki peringkat pertama Google.

Walaupun begitu, membangun kualitas SEO tidak dapat dilakukan dalam semalam saja. Perlu waktu lama untuk bisa membangun SEO yang berkualitas. Waktu lama bukan berarti mustahil kalau kamu mengikuti panduan yang tepat.

4. Promosikan Blog di Media Sosial

Promosikan bisnis blogmu ke media sosial. Sumber: freepik.com

Cara sukses bisnis blogging selanjutnya ialah mempromosikan lewat media sosial. Kamu bisa menjangkau lebih banyak calon pembaca blog menggunakan media sosial. Jika kamu bingung, media sosial mana yang harus kamu gunakan untuk mempromosikan blog. Berikut berbagai macam media sosial yang bisa kamu manfaatkan, mulai dari Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, Kaskus, dan masih banyak lagi.

5. Jaga Kepercayaan Pembaca Blog

Memulai blog yang berkualitas bukan hal mudah. Dan mempertahankan kualitas tersebut adalah hal yang lebih sulit lagi. Meskipun sulit, bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Kamu harus menjaga konsistensi kualitas blog untuk tetap mendapatkan kepercayaan dari pembaca. Selalu minta feedback, kritik, dan saran dari pembaca agar kamu paham apa saja yang perlu diperbaiki dan dipertahankan di blog kamu. Dengan begitu pembaca akan semakin setia dengan blog kamu.  Dan mungkin mereka akan dengan sukarela mempromosikan blog kamu kepada teman-temannya.

6. Tentukan Cara Monetasi Blog

Tentukan monetasi untuk bisnis blogmu. Sumber: freekpik.com

 

Cara berikutnya sukses bisnis blogging adalah menetukan cara monetasi blog. Setelah membuat blog yang berkualitas, kamu sekarang bisa mulai memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Perlu diingat, tanpa blog berkualitas, kamu tidak bisa mendapatkan uang dari blog. Jadi pastikan untuk mengikuti cara-cara di atas terlebih dahulu untuk meningkatkan kualitas blogmu.

Kini saatnya kamu mempelajari bagaimana menghasilkan uang dari blog yang sudah kamu buat. Terdapat banyak cara mendapatkan uang dari blog. Kamu bisa pilih sumber Penghasilan Blog seperti Google AdSense, Endorsement, Afiliasi, menawarkan jasa, berjualan produk, dan lain-lain.

7. Belajar Hal Baru

Bagi seorang blog mempelajari hal baru merupakan suatu hal yang sangat penting. Karena pengunjung tidak hanya ingin mendapatkan informasi bermanfaat, namun juga informasi baru. Jadi, jika kamu ingin meningkatkan jumlah pengunjung, maka kamu haru belajar hal baru.

Belajar hal baru juga berpotensi untuk meningkatkan kualitas blogmu dengan konten yang unik, berkualitas, dan menarik perhatian pengunjung baru. Kamu bisa mempelajari hal baru denga eksperimen sendiri atau membaca buku dan sumber lainnya.

8. Bangun Jaringan yang Luas.

Kamu mungkin bisa membuat konten seorang diri. Namun, kamu perlu menggandeng pihak lain untuk mengembangkan blogmu. Kamu bisa melakukan promosi blog dengan lebih mudah. Tidak hanya itu, Kamu juga bisa mendapatkan informasi bermanfaat berupa solusi dari permasalahan blogging yang kamu temui.

Untuk membangun jaringan yang luas, kamu bisa mengikuti komunitas blogger. Saat ini, di indonesia sendiri komunitas blogger sudah banyak ditemui. Seperti Indonesian Beauty Blogger, Komunitas blogger jakarta, dan sebagainya.

Dengan mengikuti komunitas, kamu bisa dengan mudah saling berbagi dan mendapatkan manfaat dari pihak lain, bahkan kamu juga bisa berkolaborasi dengan mereka. Jalinlah komunikasi dengan banyak blogger meskipun dengan topik yang tidak sama. Meskipun kamu tidak bisa langsung berkolaborasi pada sebuah konten, kamu tetap bisa bertukar informasi tentang blogging.

9. Konsisten

Terakhir ini yang paling penting. Setelah kamu memahami dan menerapkan cara-cara diatas, kamu juga harus konsisten menjalankannya. Karena kesuksesan seorang blogger membutuhkan waktu yang tidak singkat. Mungkin hal ini sangat tidak mudah bagi blogger pemula.

Setelah berjuang susah payah membuat konten, kemudian melihat blogmu sepi pengunjung, mungkin hal itu akan menurunkan semangat untuk melanjutkanya. Padahal kesuksesan seorang blogger hanya bisa diraih jika kamu tetap sesuai rencana yang dibuat dan menjalankan rencana tersebut hingga berhasil. Maka dari itu, konsistensi dan kesabaran sangat dibutuhkan dalam proses membangun blog.

Nah, itulah beberapa cara sukse membangun bisnis blogging. Semoga bermanfaat.


banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *