Tanggal:07 May 2024

Berprospek Menjanjikan, Berikut 8 Cara Memulai Usaha Kosmetik

Usaha kosmetik sangat menjanjikan untuk dilakukan.

Selain makanan, usaha lain yang memiliki prospek menjanjikan adalah usaha kosmetik. Kosmetik digunakan untuk mempercantik wajah dan mendukung penampilan. Sekarang ini, penggunaan kosmetik tidak hanya dilakukan oleh perempuan, tetapi para laki-laki juga sudah melakukannya. Setiap harinya mereka menggunakan kosmetik, baik itu untuk berpergian atau sekadar di rumah. Lipstik, bedak, lipbalm, pensil alis, dan lain sebagainya menjadi produk-produk kosmetik yang biasa digunakan. Umur atau pekerjaan pun tidak menjadi batasan penggunaan kosmetik karena banyak ibu rumah tangga, anak remaja atau dewasa, pekerja kantoran, pengrias dan lainnya masih menggunakan produk kosmetik ini untuk menunjang penampilan atau menjalankan usahanya.

Adapun produk-produk kosmetik yang biasanya digunakan tersebut biasanya akan habis setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, setiap waktunya, mereka harus membeli produk baru untuk menggantikan produk kosmetik lama yang telah habis itu. Nah, dari adanya kondisi demikian tentunya menjadikan usaha kosmetik memiliki peluang usaha yang menjanjikan untuk dijalani. Banyak usahawan juga telah mencoba usaha kosmetik ini. Kamu pun juga bisa melakukannya, nih. Namun, bagaimana caranya? Tenang saja karena berikut akan dijelaskan secara detail mengenai cara memulai usaha kosmetik untukmu.

1. Analisis Pasar dan Kompetitor

Lakukan perencanaan terlebih dahulu.
Lakukan perencanaan terlebih dahulu. Sumber: Pexels

Cara pertama yang harus kamu lakukan sebelum memulai usaha kosmetik adalah menganalisis pasar dan kompetitor di lapangan. Di dalam analisis pasar ini, kamu bisa mengamati minat masyarakat akan produk-produk kosmetik yang ada, baik dari lokal ataupun import. Kamu juga bisa mengamati harga yang dibandrol. Nah, dari adanya pengamatan tersebut, nantinya kamu bisa menentukan dan menggolongkan target pasar ayang akan dituju sesuai dengan kemampuan dan minat mereka tersebut.

Selain itu, produk kosmetik juga memiliki banyak varian jenisnya. Kamu bisa memilih produk-produk yang akan dijual berdasarkan trend atau yang sering dibeli oleh masyarakat, nih! Apakah itu foundation, face mist, bedak, lipstik, dan lain sebagainya. Selain analisis pasar, kamu juga harus melakukan analisis pada kompetitor di bidang usaha yang sama. Guna adanya hal ini adalah kamu bisa melihat bagaimana bisnis mereka berjalan. Bagaimana pelayanan yang mereka berikan, cara promosi apa yang mereka gunakan, dan lain sebagainya. Darinya, kamu bisa membuat pelayanan dan cara promosi yang lebih baik lagi.

2. Menentukan Modal Usaha

Siapkan modal usaha.
Siapkan modal usaha. Sumber: Pexels

Cara kedua yang harus kamu lakukan selanjutnya jika ingin memulai usaha kosmetik adalah menentukan modal usaha yang harus dikeluarkan. Sebelum membeli barang-barang, kamu harus menentukan apakah modal usaha yang telah kamu sediakan cukup untuk membeli produk kosmetik, sewa ruko, pelaratan, dan lain sebagainya. Setelah memastikannya, kamu bisa langsung membuka usaha kosmetikmu, nih!

3. Menentukan Lokasi yang Strategis

Tentukan lokasi yang strategis.
Tentukan lokasi yang strategis. Sumber: Pexels

Cara ketiga yang harus dilakukan olehmu ketika ingin memulai usaha kosmetik adalah menentukan lokasi ruko yang strategis. Kamu memang bisa membuka usaha kosmetik tersebut di rumahmu sendiri, namun akan sia-sia jika lokasi rumahmu berada di pedalaman. Tentunya hal tersebut hanya akan membuat usaha kosmetikmu sepi pembeli. Nah, oleh karena itu kamu harus memilih dan menentukan lokasi ruko yang strategis untuk dikunjungi. Ramai dilalui kendaraan, berada di pinggir jalan, ramai dilewati orang, dan lain sebagainya menjadi beberapa hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai tergiur harga sewa rendah, padahal lokasi ruko jauh dari kriteria di atas ya!

4. Pilih Supplier

Pilih supplier yang terpercaya.
Pilih supplier yang terpercaya. Sumber: Pexels

Cara keempat yang harus dilakukan juga olehmu sebelum memulai usaha kosmetik adalah memilik supplier yang terpercaya. Tentunya sebelum membuka usaha kosmetik, kamu harus memiliki produsen kosmetik untuk menyuplai produk-produk ke usahamu tersebut. Kualitas produk yang disuplai oleh produsen tersebut akan berpengaruh juga ke reputasi usaha kosmetikmu, loh! Jika kualitas produk baik, tentunya usahamu juga akan memiliki reputasi yang bagus di masyarakat. Bayangkan jika sebalinya? Oleh karena itu, pastikan memilih supplier produk yang terpercaya ya! Pertimbangkan dengan matang juga.

5. Perizinan Usaha Kosmetik

Jangan lupa untuk miliki izin edar.
Jangan lupa untuk miliki izin edar. Sumber: Pexels

Cara kelima ketika memulai usaha kosmetik yang harus kamu lakukan adalah membuat perizinan usaha kosmetik. Kamu tentunya memerlukan perizinan usaha kosmetik ini dari BPOM. Nah, tujuan dari adanya perizinan usaha kosmetik ini adalah agar usaha kosmetik dan produk-produk yang dijual memiliki izin edar. Hal itu tentunya akan membuat masyarakat merasa aman ketika membeli produk kosmetik dari usahamu tersebut. Kamu bisa mendaftarkan izin edar tersebut melalui situs BPOM dan melengkapi surat yang dibutuhkan. Nah, bayangkan jika usahamu dan produk di dalamnya tidak memiliki izin edar? Usahamu bisa ditutup paksa, terkena sanksi pidana dan denda, loh!

6. Pastikan Produk yang Dijual

Pastikan produk original.
Pastikan produk original. Sumber: Pexels

Cara keenam ini masih memiliki hubungan dengan analisis pasar dan penentuan supplier sebelumnya yaitu dengan memastikan produk yang dijual. Maksudnya di sini, sebelum kamu menjualnya, ada baiknya jika kamu mengecek dan memastikan kualitas produk tersebut. Hal itu karena ada banyak sekali produk tiruan yang tersebar di masyarakat. Oleh karena itu, pastikan produk kosmetik yang kamu jual adalah original, bukan tiruannya.

7. Manfaatkan Teknologi

Manfaatkan teknologi agar usahamu makin berkembang.
Manfaatkan teknologi agar usahamu makin berkembang. Sumber: Pexels

Cara ketujuh yang harus kamu lakukan agar usaha kosmetik yang baru kamu mulai tersebut bisa berkembang adalah dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Maksud adanya pemanfaatan teknologi ini adalah agar kamu bisa menjangkau pelanggan dari seluruh wilayah. Nah, bagaimana caranya? Kamu bisa membuka usaha kosmetik online di media sosial seperti Instagram, Facebook, atau di ecommerce yang ada di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, dan lain sebagainya.

8. Buat Promo Menarik

Adakan promo.
Adakan promo. Sumber: Pexels

Cara kedelapan atau yang terakhir yang bisa kamu lakukan agar usaha kosmetikmu makin berkembang adalah membuat promo-promo yang menarik pembeli. Kamu bisa memberikan diskon, buy 1 get 1, atau promo yang lain. Nah, dari adanya pemberian promo ini, banyak calon pembeli tentunya akan tertarik untuk membeli produk kosmetik di usahamu tersebut.

vocasia.id

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *