Tanggal:07 May 2024

Mau Tahu 10 Cara Membersihkan Casing HP? Berikut Penjelasannya

Pernahkah kamu merasa kesal jika casing HP mulai kotor atau menguning? Tampilan HP akan menjadi tidak menarik lagi. Selain itu, casing yang kotor juga berisiko menghambat performa smartphone terutama jika kotoran sampai masuk ke dalam perangkat. Nah, oleh karenanya, pastikan casing HP kamu terhindar dari kotoran. 

Fungsi casing yaitu untuk melindungi HP dari benturan dan kotoran. Lalu, apa sih penyebab casing HP kotor dan menguning? Faktor penyebabnya antara lain, terlalu lama digunakan, meletakkan HP di tempat kotor, terkena keringat, serta materialnya yang mudah kotor. Jika casing HP kamu mulai menguning dan kotor, tidak perlu membeli yang baru karena masih ada banyak cara untuk membersihkan casing HP menjadi baru lagi, loh. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak cara membersihkan casing hp berikut ini!

Phone Case (Freepik)

1. Alkohol 

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan casing HP yaitu menggunakan alkohol. Alkohol memiliki karakteristik dekontaminasi dan volatilisasi yang kuat sehingga mampu mengangkat kotoran yang menempel pada casing HP termasuk membuat casing menguning kembali terlihat baru. Tentu tidak sembarang memilih jenis alkohol, sobat Vocasia. Jenis alkohol yang bisa kamu pakai untuk membersihkan casing HP yaitu alkohol 70%. Lalu, bagaimana caranya? Sangat mudah, kamu tinggal menuangkan alkohol pada kapas bersih, kemudian gosokkan pada permukaan casing. Selain itu, kamu juga dapat merendam casing pada campuran air dan alkohol terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Minyak kayu putih

Membersihkan casing HP memang cukup mudah dan bisa menggunakan barang yang ada di rumah salah satunya yaitu minyak kayu putih. Jika kamu mengenal minyak kayu putih hanya untuk menghangatkan badan dan mengatasi perut kembung, tetapi minyak kayu putih juga dapat menghilangkan noda pada casing HP, loh. Minyak kayu putih efektif dalam membersihkan casing HP dari noda hitam yang timbul karena keringat atau kotoran. Namun, tidak dipastikan untuk mengembalikan casing HP yang menguning kembali menjadi bersih. Lalu, bagaimana cara mengaplikasikannya? Cukup mudah. Pertama, lepaskan casing dari HP dan teteskan minyak kayu putih di atas kapas atau kain. Kemudian, gosok kapas ke permukaan casing yang kotor. Jika sudah, bersihkan casing HP menggunakan tisu.

Baca Juga | Sudah Tahu Cara Menghilangkan Embun Di Kamera HP ? Berikut Penjelasannya!

3. Pasta gigi

Tak disangka, selain untuk membersihkan gigi, ternyata pasta gigi juga ampuh untuk membersihkan noda pada casing HP. Seperti yang kamu ketahui, pasta gigi mengandung zat yang sangat efektif untuk menghilangkan noda pada permukaan gigi. Zat tersebut ternyata juga efektif untuk menghilangkan noda pada casing HP. Caranya cukup mudah, oleskan pasta gigi pada casing, kemudian sikat secara perlahan. Jika noda sudah menghilang, bilas casing HP dengan air hingga bersih dan keringkan. 

4. Baking soda

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan casing HP yaitu menggunakan baking soda. Langkah pertama, siapkan wadah berisi air dan campurkan baking soda secukupnya. Selanjutnya, rendam sebentar casing HP ke dalam larutan air dan baking soda. Lalu, gunakan sikat gigi yang sudah tidak dipakai untuk menggosok casing HP. Gosok casing hingga bersih. 

5. Hand Sanitizer

Cara yang satu ini terbilang sangat mudah dan praktis untuk membersihkan casing HP. Kamu bisa memakai hand sanitizer untuk membuat casing HP terlihat baru. Tuang hand sanitizer di permukaan casing, kemudian gosok perlahan menggunakan kapas hingga bersih. Kandungan alkohol pada hand sanitizer ini cukup ampuh untuk mengangkat kotoran yang menempel pada casing HP. Tak hanya mengangkat kotoran, hand sanitizer juga akan membuat casing HP kamu bebas kuman.

Baca Juga | Lupa Pola HP? Ini Dia 5 Cara Membuka Pola HP Yang Lupa!

6. Cuka putih

Cuka putih merupakan cairan yang mengandung asam asetat. Cairan ini berpotensi membersihkan casing HP dari noda hitam yang menempel pada casing. Cukup dengan merendam casing ke dalam larutan cuka putih ini, casing HP kamu akan kembali bersih. 

7. Sabun cuci piring

Selain untuk mencuci piring, sabun cuci piring juga dapat kamu gunakan untuk membersihkan casing HP. Yang harus kamu siapkan antara lain, sabun, wadah, air hangat sikat gigi, kain lap. Campurkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam wadah yang sudah diisi air hangat, aduk menggunakan sikat gigi. Kemudian, masukkan casing HP dan rendam selama kurang lebih 2 menit. Lalu, sikat perlahan casing HP menggunakan sikat gigi sampai noda menghilang. Jika sudah tampak bersih, keringkan menggunakan kain lap. 

8. Pemutih

Untuk menghilangkan noda pada pakaian, pastinya kamu menggunakan cairan pemutih pakaian. Cairan pemutih pakaian ini ternyata juga bisa membersihkan casing HP. Caranya dengan mencampurkan sedikit pemutih dan air. Agar lebih maksimal gunakan air hangat. Kemudian, rendam selama casing HP selama beberapa menit dan keringkan. Perlu diingat bahwa bahwa pemutih mengandung zat berbahaya, gunakan perlindungan agar tidak terkena tangan, wajah, dan bagian tubuh lainnya.

9. Boraks

Boraks mampu membersihkan casing HP agar kembali terlihat baru. Boraks merupakan bahan yang biasa digunakan untuk menjernihkan air. Namun, dalam mengaplikasikannya kamu perlu sabun cuci piring sebagai bahan tambahan. Campurkan boraks dan sabun ke dalam air. Kemudian, masukkan casing pada larutan tersebut. Rendam beberapa saat. Untuk bagian yang terlalu kotor, gunakan sikat gigi untuk menggosok bagian tersebut. 

10. Penghapus 

Siapa yang nggak tahu benda satu ini? Selain berfungsi untuk menghapus coretan pensil pada kertas, penghapus juga mampu membersihkan noda pada casing HP. Penghapus cukup efektif untuk membersihkan noda terutama pada jenis casing HP yang menggunakan finishing matte. Caranya cukup mudah, kamu tinggal menggosokkan penghapus pada permukaan casing HP yang kotor. Setelah itu, casing HP kamu akan kembali bersih.

Baca Juga | Sudah Tahu Cara Menyambungkan HP Ke TV? Berikut Penjelasannya!

Itulah berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan casing HP yang kotor hingga menguning.  Kamu bisa menggunakan alkohol, minyak kayu putih, sabun cuci piring, hand sanitizer, cuka putih, dan masih banyak lagi. Sebelum memutuskan untuk membeli baru, cobalah membersihkan casing HP kamu menggunakan bahan alternatif tersebut. Selamat mencoba! 

Kursus MySQL dan Kursus PHP
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *