Tanggal:18 May 2024

Lupa Pola HP? Ini Dia 5 Cara Membuka Pola HP yang Lupa!

Sandi HP merupakan salah satu perlindungan terpenting bagi ponsel. Bagaimana tidak, ponsel sendiri memuat beragam informasi berharga mulai dari foto pribadi, akun media sosial, hingga dompet digital. Semua itu merupakan data-data penting dan privasi yang perlu dilindungi. Salah satu cara melindungi data-data tersebut adalah dengan menggunakan sandi HP. Namun, masalahnya adalah kita seringkali melupakan pola atau kata sandi HP. Entah karena kombinasi password yang sulit atau karena baru saja mengganti dan lupa mencatatnya. Nah, berikut ini adalah cara membuka sandi HP yang lupa dan bisa kamu terapkan dengan mudah!

Cara Membuka Sandi HP yang Lupa! (sumber: pexels.com)

1. Find My Device

Find My Device adalah salah satu aplikasi yang disediakan oleh Google dan berfungsi untuk menemukan perangkat smartphone yang hilang atau tidak sengaja terselip. Tidak hanya itu saja, kamu dapat menggunakan layanan dari Find My Device untuk membuka kunci HP yang kamu lupakan sehingga kamu bisa mengakses ponsel kamu kembali meskipun telah melupakan sandinya. Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Buka browser di komputer atau laptop kamua dan ketik “android.com/find” di kotak pencarian, lalu tekan enter.
  2. Kemudian kamu bisa masuk dengan alamat email dan kata sandi Google yang kamu gunakan dan daftarkan di ponsel yang kamu lupakan kata sandinya itu.
  3. Selanjutnya kamu akan bisa melihat informasi tentang ponsel kamu, mulai dari lokasi di peta, jenis ponsel, terakhir aktif, persentase baterai, nama operator dan tiga opsi yang dapat dipilih untuk mengakses ponsel kamu.
  4. Tiga opsi tersebut adalah Play Sound, Lock/Secure, dan Erase Service. Pilih menu Lock/Secure Device.
  5. Nantinya akan muncul halaman untuk mengubah kata sandi yang kamu gunakan pada ponsel milikmu. Ubahlah ke kata sandi atau pola baru yang nantinya akan kamu gunakan pada ponsel Android milikmu
  6. Jika sudah selesai, kamu bisa mencoba membuka ponsel milikmu dengan menggunakan pola yang baru saja kamu buat di laman tersebut.

Cara di atas bisa digunakan untuk berbagai macam merek HP Android seperti HP Vivo, Oppo, Realme, dan lain sebagainya. Untuk kamu yang menggunakan ponsel Samsung, berikut adalah cara yang bisa kamu coba.

  1. Masuklah ke situs resmi Find My Samsung
  2. Selanjutnya pilih menu Setting dan Security, kemudian pilih opsi Find My Mobile
  3. Kemudian kamu bisa login dengan menggunakan email dan sandi yang kamu gunakan pada ponsel milikmu
  4. Selanjutnya kamu bisa Lock My Screen
  5. Langkah terakhir, kamu bisa memasukkan pola atau kata sandi baru dan melakukan konfirmasi agar kamu bisa menggunakan pola yang baru saja kamu buat di ponsel Samsung punyamu.

2. Smart Lock

Menggunakan Smart Lock (sumber: pexels.com)

Selanjutnya adalah Smart Lock. Jika kamu memiliki ponsel dengan sistem operasi Android terbaru, maka kamu akan mendapati fitur keamanan yang lebih ketat daripada versi-versi sebelumnya. Cara ini bisa kamu lakukan untuk membuka ponsel Android dengan versi 5.0 ke atas dengan menggunakan fitur Smart Lock. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka kunci ponsel secara otomatis dalam kondisi tertentu, seperti saat terhubung ke jaringan internet WiFi di rumah.

Baca juga: Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP!

Nantinya, kamu akan disajikan lima opsi untuk membuka kunci ponsel kamu yang terkunci tanpa kata sandi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pengenalan wajah (face recognition) atau pengenalan suara (voice match). Sayangnya, fitur ini hanya tersedia jika ponsel masih terbuka dan perlu diaktifkan terlebih dahulu. Selain itu, Smart Lock tidak dapat mengubah kata sandi atau pengaturan pola tanpa memasukkan kata sandi saat ini. Jadi kamu mungkin masih perlu mengatur ulang atau melakukan reset. Sebaiknya kamu membuat cadangan data ponsel terlebih dahulu sebelum melakukan ini.

3. Reboot Safe Mode Andorid

Cara yang ketiga adalah kamu bisa masuk ke safe mode untuk mengubah pola smartphone milikmu. Safe mode adalah fungsi dasar dari sistem Android, dalam keadaan ini kamu hanya dapat menjalankan fungsi utama dan sistem dasar dari ponsel milikmu dan tidak dapat mengakses aplikasi lain di dalamnya. Cara ini bisa Anda gunakan untuk membuka template ponsel yang terlupakan di semua tipe ponsel Android seperti Xiaomi, OPPO, Vivo, Samsung, dan lain sebagainya. Metode ini biasanya digunakan saat ponsel terkunci karena ulah dari pihak ketiga seperti apikasi pengunci layar tambahan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin mencoba cara ini.

  1. Kamu bisa menekan dan tahan tombol power selama beberapa detik
  2. Tunggu sampai pilihan Power Off atau Restart muncul
  3. Jika sudah, kamu bisa mengetuk dan tahan opsi Power Off selama beberapa saat sampai muncul notifikasi untuk masuk ke Reboot to Safe Mode
  4. Untuk melanjutkan proses, kamu bisa mengetuk opsi OK dan ponsel Androidmu akan memulai kembali dan masuk ke dalam Safe Mode
  5. Dari Safe Mode ini, kamu bisa melakukan uninstall aplikasi lock screen atau pengunci layar pihak ketiga yang membuat ponselmu terblokir
  6. Masuk kembali ke mode normal ponsel dengan melakukan Restart, pola HP akan hilang secara otomatis karena kamu sudah menghapus aplikasi pihak ketiga tersebut. Jika kamu ingin menggunakan kembali aplikasi tersebut, kamu perlu mengunduhnya kembali dan melakukan setting dari awal.

Baca juga: Cara Menabung Untuk Beli HP Impian

4. Menggunakan Akun Google atau Google Assistant

Menggunakan Google Assistant (sumber: pexels.com)

Fitur Android yang semakin canggih juga didukung oleh layanan terbaik yang dimiliki oleh Google. Untuk alasan keamanan, kamu dapat menggunakan layanan Asisten Google untuk membuka kunci ponsel yang terkunci karena kamu melupakan polanya. Google Assistant adalah asisten virtual berbasis kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Google yang juga memungkinkan percakapan dua arah. Fitur ini dapat diaktifkan dengan suara yang telah dikonfigurasi sebelumnya agar mudah dikenali.

Cara ini sangat mudah untuk membuka template ponsel yang terlupakan hanya dengan mengucapkan “Ok Google” di ponsel milik kamu. Kunci ponsel akan terbuka secara otomatis, tetapi pastikan bahwa kamu sebelumnya telah mengaktifkan fitur ini di ponsel milikmu dan menyetujui penggunaan fitur unlock with voice.

5. Menggunakan Bantuan Smartphone Milik Orang Lain

Usai beberapa cara di atas, cara yang berikut ini tergolong cukup mudah karena kamu bisa membuka pola HP yang terkunci dan lupa password dengan bantuan ponsel milik orang lain. Dengan cara ini, kamu tidak perlu repot menghapus data-data yang ada di ponselmu atau membuka berbagai website seperti pada cara-cara sebelumnya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan.

Baca juga: 8 Gerakan Ampuh Peninggi Badan!

  1. Kamu bisa meminjam ponsel milik orang terdekatmu, seperti teman atau keluarga yang bersedia meminjamkan HP miliknya
  2. Telpon nomor ponsel kamu dengan menggunakan nomor milik orang yang sudah kamu pinjam ponselnya tersebut
  3. Ketika ponsel berdering, kamu bisa mengangkat panggilan tersebut
  4. Selesaikan panggilan dari ponsel pinjaman. Setelahnya, kamu perlu dengan segera menekan tombol Home agar kamu dapat memasuki menu utama
  5. Setelah itu, kamu bisa mengubah pola atau kata sandi HP dengan password yang lebih mudah diingat agar tidak sampai lupa lagi.

Nah, itulah dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuka HP yang lupa sandi atau pola. Eits, info menarik nih untuk kamu yang ingin mengisi waktu luang dengan kegiatan-kegiatan yang produktif~~ Kamu bisa mengunjungi website Vocasia berikut untuk mendapatkan berbagai kursus menarik dengan harga yang super murah dan terjangkau!

Kursus desain website HTML CSS
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *