Tanggal:25 April 2024

Sudah Tahu Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil ? Berikut Caranya!

Evaporator AC mobil adalah bagian yang sangat dibutuhkan untuk menghembuskan udara dingin ke bagian kabin. Sehingga kabin mobil akan terasa sejuk meskipun berkendara dalam kondisi iklim yang panas. Evaporator berbentuk kotak dan memiliki bentuk ruangan yang berliku, bentuk yang berliku tersebut seringkali membuat kotoran pada evaporator menempel. Akibatnya, kotoran akan mengendap dan kinerja AC mobil tidak maksimal.

Jika kinerja AC mobil tidak maksimal, kamu mungkin harus membersihkan evaporator dan komponen lainnya. Tapi, apakah kamu sudah tahu cara membersihkan evaporator AC mobil? nah, simak artikel berikut ini untuk mengetahui informasi seputar evaporator AC mobil, fungsi, hingga cara membersihkannya.

Apa itu Evaporator AC Mobil?

Evaporator AC mobil adalah komponen yang memiliki peranan penting dalam memberikan kesejukan dan rasa nyaman di dalam mobil saat kendaraan melaju. Evaporator adalah salah satu bagian dari sistem pendingin AC mobil yang terletak pada bagian akhir sebelum udara segar keluar menuju ruangan yang dituju.

Evaporator berfungsi untuk menangkap udara panas dan disalurkan menuju refrigerant untuk dijadikan udara dingin. Fungsi dari komponen ini merupakan kebalikan dari fungsi kompresor AC mobil. Jika dilihat berdasarkan konstruksinya, ada beberapa jenis evaporator AC mobil, yaitu:

  1. Evaporator AC plat fin
  2. Evaporator AC serpentine
  3. Evaporator AC drawn cube

Evaporator bekerja dengan cara mengikuti karakteristik freon yang berada dalam sistem AC mobil. Saat tekanan freon diturunkan lewat katup ekspansi, temperatur freon akan menurun hingga minus tiga puluh derajat celcius.

Saat suhu mencapai titik terendah, freon akan disemprotkan ke dalam saluran tube evaporator hingga menjadi butiran gas yang menempel di dinding tube, Udara yang blower hembuskan akan menabrak dinding sirip evaporator dan melewati saluran tube. Udara akan berubah menjadi suhu dingin yang terasa di dalam kabin.

Fungsi Evaporator AC Mobil

Pada prinsipnya, fungsi evaporator adalah menyerap udara panas dalam kendaraan dan kemudian menghembuskannya menjadi udara dingin. Tetapi, ada beberapa fungsi terkait komponen ini yang tidak kalah penting seperti di bawah ini.

1. Memastikan Kinerja AC

Evaporator memiliki fungsi untuk memastikan AC bekerja dengan maksimal. Caranya adalah dengan melihat udara yang dikeluarkan. AC terkadang memiliki permasalahan tidak mengeluarkan udara sejuk sehingga dapat disimpulkan bahwa evaporator tidak berjalan dengan normal.

2. Mengubah Freon

Evaporator juga memiliki fungsi untuk mengubah freon yang ditampungnya menjadi udara dingin dalam bentuk uang. Evaporator memompa freon dan menentukan kecepatan AC dalam mendinginkan kendaraan, di mana suhunya bisa mencapai hingga 100 derajat celcius.

Saat berada pada suhu maksimum, freon bisa diarahkan menuju kondensor dan mencapai suhu sekitar 60 derajat celcius dengan bantuan cooling fan yang ada. Kemudian, freon cair akan berubah menjadi gas yang membawa udara dingin menuju kabin.

3. Menyalurkan Sirkulasi

Evaporator merupakan penyalur udara dingin sekaligus penyalur sirkulasi udara. Tidak hanya itu, komponen satu ini bisa memfilter udara kotor menjadi bersih sehingga akan dihirup oleh pengguna kendaraan. Tentunya membuat penumpang merasa nyaman saat berada di dalam kendaraan atau mobil.

Evaporator yang kotor akan mengganggu proses penyaluran panas di udara sehingga menyebabkan sirkulasi terganggu. Inilah yang kemudian membuat sistem pendingin tidak bekerja dengan optimal dan bahkan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

Baca juga| Airbag: Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Cara Kerja

Image: Freepik

Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil

Sejalan dengan perkembangan teknologi, kebanyakan mobil dilengkapi dengan AC untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Untuk memastikan bahwa komponen tersebut akan selalu berfungsi dengan baik, maka kamu harus membersihkan setiap komponennya termasuk evaporator.

Berikut ini adalah cara membersihkan evaporator AC mobil yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar evaporator tetap bekerja secara maksimal.

1. Matikan Mesin Mobil dan Siapkan Alat-alat Pembersih

Pertama, kamu perlu mematikan mesin mobil sekaligus menyiapkan alat-alat pembersih yang dibutuhkan. Untuk membersihkan evaporator, kamu harus membongkar bagian mesin, itulah kenapa harus memastikan bahwa komponen tersebut dalam keadaan mati. Kemudian, siapkan peralatan pembersih seperti sikat dan lainnya.

2. Cari Tahu Letak Evaporator AC Mobil

Untuk bisa membersihkan komponen ini, kamu perlu terlebih dahulu mengetahui di mana letak evaporator AC mobil. Umumnya, komponen tersebut berada di bagian bawah atau belakang dashboard, namun biasanya tergantung pada tipe mobil dan merek mobil. Jika tidak menemukan evaporator di bagian dashboard, kamu bisa membaca buku panduan karena semua informasi terkait mesin mobil ada di sana.

3. Buka Glove Box, Kemudian Lepas Filter AC

Langkah selanjutnya adalah melepas filter AC dengan terlebih dahulu membuka glove box. Jika masih ragu, kamu bisa mengikuti petunjuk yang tertulis di buku panduan. Jika filter AC kotor, kamu bisa menggantinya dengan yang baru agar kinerja AC akan lebih maksimal.

Jika ada kotoran yang menempel di bagian filter AC, kamu bisa menggunakan sikat untuk membersihkan kotoran tersebut. Pastikan untuk melakukannya secara perlahan agar tidak merusak komponen lainnya.

4. Cari Lokasi Blower

Selanjutnya adalah mencari lokasi blower. Jika kamu belum mengetahui posisi bagian tersebut. Coba baca buku panduan untuk menemukannya. Buku panduan akan membantu kamu untuk memudahkan menemukannya.

5. Siapkan Cairan untuk Membersihkan AC Mobil

Kamu perlu menyiapkan cairan pembersih khusus. Fungsi cairan tersebut adalah untuk membersihkan kotoran di bagian AC mobil. Produk tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah di bengkel AC dengan harga yang relatif terjangkau.

Pilih yang berbentuk spray dengan kandungan foam karena cara menggunakannya tidaklah sulit. Sebelum menyemprotkan cairan pembersih, kocok terlebih dahulu kalengnya agar kandungan di dalamnya tercampur rata. kemudian, dekatkan spray tersebut pada blower AC.

6. Hidupkan Mesin dan AC Mobil

Langkah selanjutnya adalah menghidupkan mesin dan AC akan menyala secara otomatis. Putar suhu ke level paling tinggi dan tiupan blower paling kencang. Hal ini bertujuan untuk merasakan apakah blower berputar secara maksimal atau tidak. Apabila hembusan angin dari blower masih tidak maksimal, kamu bisa memeriksa kembali bagian filter AC. Matikan mesin mobil dan periksa bagian mana yang bermasalah.

7. Semprotkan Cairan Pembersih ke Blower Melalui Lubang Filter AC

Selanjutnya adalah semprotkan cairan tersebut hingga habis agar filter AC benar-benar bersih. Cairan tersebut akan berbentuk busa dan biarkan busa mengeluarkan air dari ventilator AC mobil.

8. Matikan Mesin Mobil Lalu Tunggu Busa Keluar dari Selang Ventilasi

Kamu bisa mematikan kembali mesin mobil sekitar 10 hingga 15 menit hingga busa keluar dari selang ventilasi. Pastikan jika tidak ada air yang tersisa di bagian ventilator.

9. Bersihkan Selang Ventilasi AC Agar Tidak Tersumbat

Apabila sudah tidak ada air lagi yang tersisa di bagian selang ventilasi, langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian tersebut. Tujuannya adalah agar tidak ada sumbatan di bagian ventilasi AC.

10. Nyalakan Kembali Mesin dan AC untuk Pembilasan

Langkah terakhir adalah menyalakan kembali mesin dan AC untuk proses pembilasan agar evaporator AC bersih secara sempurna. Jika ragu untuk melakukannya sendiri, akan lebih baik untuk menghubungi ahli yang sudah terbiasa membersihkan evaporator AC. Kamu bisa terlebih dahulu mencari informasi kisaran biaya membersihkan evaporator AC mobil dan pilih jasa yang menurut kamu paling terjangkau.

Baca juga| Penyebab Busi Motor Hitam Dan Basah

Image: Freepik

Kebiasaan yang Membuat AC Mobil Cepat Kotor

Saat berkendara, terkadang kita tidak sadar melakukan kesalahan yang menyebabkan masalah pada komponen tertentu, misalnya AC mobil menjadi kotor. Meskipun mobil yang kamu gunakan merupakan kendaraan pribadi, alangkah baiknya untuk menghindari kebiasaan buruk yang membuat AC lebih mudah dan cepat kotor, seperti:

1. Merokok Saat AC Mobil Menyala

Merokok saat berkendara jelas dilarang dan tertulis dalam undang-undang. Tentunya hal ini bukanlah perbuatan bijak meskipun hanya ada kamu di dalam mobil. Merokok saat mengemudi akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Apabila kebiasaan buruk ini terus kamu lakukan dengan kondisi AC mobil menyala, filter AC akan cepat kotor karena abu rokok yang terbang dan masuk ke dalam filter. Selain membuat AC bau, kemampuan mendinginkan ruangan mobil juga akan menurun.

2. Membuka Jendela Saat AC Mobil Menyala

Kebiasaan buruk selanjutnya adalah membuka jendela saat kamu sudah menyalakan AC. Apabila jendela terbuka dalam waktu yang cukup lama saat AC menyala, hal tersebut akan berpengaruh pada kompresor karena komponen tersebut harus bekerja lebih keras agar suhu mobil tetap ideal.

3. Mematikan Mesin Saat AC Masih Menyala

Masih banyak orang yang melakukan kebiasaan buruk yang satu ini karena buru-buru atau alasan lain. Jika kamu melakukannya secara terus-menerus, AC tidak hanya akan cepat kotor tetapi juga kompresornya juga akan mudah rusak.

4. Penggunaan Pewangi Kabin yang Salah

Memilih pewangi kabin yang salah juga bisa membuat AC cepat kotor. Jadi, jangan sampai kamu hanya berfokus pada wanginya saja tetapi juga pada keamanan dalam penggunaan. Akan lebih baik jika memilih pewangi yang berjenis cair bukan gel. Pewangi jenis gel tidak bisa menjadi gas yang menguap. Saat terkena udara dingin dari AC, uap tersebut akan berubah kembali menjadi gel sehingga menghambat filter serta evaporator dalam AC.

5. Tidak Menjaga Kebersihan Kabin

Kebiasaan buruk selanjutnya yang harus kamu tinggalkan adalah membiarkan kabin dalam keadaan kotor. Membersihkan kabin bukan hanya untuk kesehatan tetapi juga untuk menciptakan rasa nyaman saat berada di dalam mobil. Segera bersihkan mobil saat mulai terlihat kotor dan berdebu karena debu yang menumpuk bisa berdampak pada filter AC. Hal tersebut membuat AC lebih cepat kotor atau bahkan rusak.

Baca juga| Sudah Tahu Ciri Ban Mobil Harus Diganti? Ini Penjelasannya

Nah, itu dia informasi mengenai evaporator AC mobil. Kebersihan AC menjadi salah satu kunci kenyamanan dalam berkendara terutama untuk jarak jauh. Oleh karena itu, kamu harus memastikan setiap komponen pada bagian AC termasuk evaporator bersih dan selalu bekerja secara optimal.

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *