Tanggal:06 May 2024
Cloudways.com

Cara membuat duplikat website

Kloning situs web adalah proses membuat replika desain atau konten situs web Anda yang sudah ada untuk membuat situs web baru dengan mudah. Kloning situs web memungkinkan pengembang dan perancang membuat cetak biru, menguji kompatibilitas, dan melakukan pembaruan dengan aman sebelum menerapkan perubahan di situs web langsung Anda.

Dalam panduan ini, saya akan membahas beberapa kasus penggunaan di mana kloning situs web dapat menyelesaikan masalah dan kemudian membahas beberapa cara untuk mengkloning situs web WordPress.

Kapan Anda Perlu Menyalin Situs Web?

Membuat salinan situs web yang tepat adalah sesuatu yang harus dapat dilakukan oleh setiap pengguna WordPress. Ini sangat membantu untuk agensi web yang menjalankan beberapa situs web di beberapa penyedia hosting WordPress. Setiap kali masalah muncul, mereka dapat membuat salinan situs web klien dan mencoba berbagai perbaikan hingga masalah teratasi.

Pertimbangkan skenario di mana Anda memiliki tiga situs web di server dan Anda ingin memperbarui tema di situs web ketiga. Inilah cara Anda dapat melakukannya dengan aman tanpa merusak apa pun – mengkloning situs web, menguji, dan ketika Anda selesai dengan pengujian, hapus versi sebelumnya atau jadikan klon versi utama.

Berikut adalah beberapa kasus penggunaan ketika Anda mungkin perlu mengkloning situs web.

  • Uji Kompatibilitas
  • Pindahkan Situs Web Anda ke Server Baru
  • Cadangkan Situs Web Anda
  • Situs Klon untuk Proyek Serupa
  • Uji Kompatibilitas

– Uji Kompatibilitas

Pengujian Kompatibilitas melibatkan pemeriksaan apakah komponen situs web berfungsi seperti yang diharapkan dan seluruh basis kode mampu berjalan di berbagai infrastruktur perangkat keras dan/atau perangkat lunak.

Selalu disarankan untuk menguji perubahan pada situs web staging/kloning alih-alih situs web langsung, terutama karena tema dan plugin yang belum diuji dapat bertentangan dengan instalasi yang ada dan menurunkan seluruh situs web. Demikian pula, setiap perubahan khusus dalam kode perlu diuji di situs pementasan/kloning sebelum dapat didorong ke situs langsung.

– Pindahkan Situs Web Anda ke Server Baru

Jika Anda ingin mentransfer situs web ke penyedia hosting yang berbeda, Anda dapat membuat tiruan dengan mencadangkan file situs web, database, dan mengimpor seluruh paket ke penyedia hosting web baru.

Prosesnya tampaknya mudah. Namun, hal-hal bisa salah dan Anda bisa berakhir dengan arsip “rusak”.

– Cadangkan Situs Web Anda

Kloning juga digunakan untuk membuat cadangan situs web (termasuk file web dan basis data) dan menyimpannya di lokasi luar situs untuk pemulihan bencana. Dalam kasus WordPress, banyak orang menggunakan plugin cadangan WordPress yang berbeda.

Saya juga akan membahas proses penyalinan situs web yang dapat digunakan untuk membuat cadangan situs web Anda.

– Situs Klon untuk Project Serupa

Jika Anda adalah agen web atau membangun situs web untuk klien, Anda mungkin ingin membuat cetak biru dan menyalinnya ke lokasi lain untuk mempercepat proses pengembangan. Sebagian besar waktu, pengaturan ini mencakup konfigurasi tema & plugin, penyesuaian tingkat kode, dll.

– Tayangkan Situs Web secara Langsung

Adalah umum bagi pengembang untuk membangun situs web di lingkungan lokal pilihan mereka dan kemudian mengkloning situs web ke server hosting web untuk memastikan tidak ada yang rusak selama transisi. Pengaturan ini juga memerlukan cadangan lengkap file situs web dan database.

Baca Juga | Cara Mudah Memposting di WordPress

Bagaimana Mengkloning Situs Web?

Seperti dibahas di atas, saya akan menggunakan situs WordPress sebagai contoh di seluruh panduan ini.

Ada beberapa cara untuk mengkloning situs WordPress tetapi dalam panduan ini, saya akan membahas:

  1. Gandakan Situs Web Melalui Penyedia Hosting Web Anda
  2. Mengkloning Situs WordPress Menggunakan Plugin
  3. Mengkloning Situs WordPress Secara Manual

Baca Juga |
Cara Membuat Plugin WordPress Dalam 4 Langkah
Cara Menambahkan Widget Instagram pada WordPress

– Duplikat Situs Web Menggunakan Penyedia Hosting Web Anda

Penyedia hosting WordPress seperti Cloudways memungkinkan Anda membuat duplikat situs web Anda ke server yang sama dan/atau server lain di platform mereka. Ini menghemat banyak kerumitan dan mengurangi langkah-langkah proses. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang platform, Anda dapat melihat paket harga untuk penyedia mitranya Amazon Web Services, DigitalOcean, Google Cloud Platform, Linode, dan Vultr.

Cloudways telah sangat menyederhanakan proses cara mengkloning situs web. Cukup buka aplikasi yang ingin Anda kloning.

Arahkan kursor ke tombol kanan bawah. Untuk menduplikasi situs web, klik Clone App/Create Staging.

Akan muncul popup menanyakan apakah pelanggan ingin Clone App atau Create Staging. Klik tarik-turun dan pilih server tempat Anda ingin membuat salinan situs web dan klik Lanjutkan.

Platform Cloudways membutuhkan beberapa menit untuk menyalin situs web.

Perhatikan bahwa “Aplikasi Klon” dan “Buat sebagai Pementasan” berbeda sifatnya. Aplikasi Clone hanya mengkloning situs web saat dalam proses pembuatan situs staging, baik aplikasi live dan stage disinkronkan sehingga Anda dapat melakukan tindakan Push/Pull pada replika dan versi live.

Baca Juga |
3 Cara Menambahkan Tombol Social Share ke WordPress
Cara Menambahkan Subscribe ke Blog WordPress Anda

Kursus online pelatihan membuat aplikasi android dan ios vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *