Tanggal:27 April 2024
Globhy.com

Cara membuat Favicon untuk Situs Web Anda

Favicon dapat dilihat sebagai icon shortcut, icon tab atau icon bookmark, sehingga perlu dicari bagiannya. Untuk melihat desain favicon yang berfungsi. Pada artikel ini, kita akan membahas proses bagaimana mendesain favicon yang sempurna. Ditambah panduan praktis untuk berbagai ukuran dan format favicon yang perlu Anda ketahui.

Langkah 1: Buat Gambar Anda

Anda dapat mendesain gambar favicon menggunakan editor seperti Fireworks, Photoshop, Corel Paint, atau alternatif sumber terbuka gratis seperti GIMP.

Untuk mendukung identitas merek yang konsisten, banyak bisnis hanya menggunakan logo perusahaan mereka.

Untuk mempermudah pengeditan, mulailah dengan persegi 64 x 64 piksel dan Anda dapat memperkecilnya menjadi 16 x 16 piksel nanti. Kemudian Anda perlu menyimpan file sebagai .jpg, .png, .gif, .bmp, atau .tif.

Langkah 2: Konversi Gambar

Setelah Anda puas dengan gambarnya, itu perlu disimpan sebagai favicon.ico. Ini adalah format yang disarankan yang didukung oleh sebagian besar browser web.

Untuk mengonversi file ke format .ico, Anda mungkin perlu menggunakan alat online seperti iconifier.net, prodraw.net, atau faviconer.com.

Ada banyak tersedia. Cukup unggah gambar Anda, pilih ukuran ikon, dan Anda kemudian dapat mengunduh file .ico baru Anda.

Langkah 3: Unggah Gambar ke Situs Web Anda

File .ico perlu diunggah ke direktori root situs web Anda. Maka gambar akan terlihat saat Anda membuka www.yoursite.co.id/favicon.ico.

Langkah 4: Tambahkan Kode HTML Dasar

Untuk membantu browser lama menemukan gambar favicon Anda, Anda dapat mengedit halaman HTML situs web Anda.

Sebagian besar browser modern akan menemukan file favicon Anda tanpa perlu menambahkan kode apa pun, tetapi untuk memastikan semua browser menampilkannya dengan benar, tambahkan kode berikut ke header Anda, di dalam tag halaman Anda:

<linkrel="icon"type="image/xicon"href="http://example.com/favicon.ico" />

Membuat favicon untuk bisnis Anda adalah cara sederhana untuk meningkatkan branding online Anda. Ini dapat membuat perbedaan besar pada pengalaman pengguna dan meningkatkan citra perusahaan Anda dengan sedikit atau tanpa biaya tambahan.

Mengapa Anda Membutuhkan Favicon?

Favicon jelas merupakan alat yang kecil namun kuat karena mungkin memiliki pengaruh besar pada promosi dan pengakuan perusahaan Anda. Jika Anda masih tidak percaya bahwa Anda perlu menganggap serius favicon, ada beberapa alasan lagi untuk berubah pikiran.

  • User experation. Gambar kecil ini menghemat waktu untuk mencari tab yang dibutuhkan. Hasilnya, favicon meningkatkan kegunaan antarmuka web dan membantu memberikan pengalaman pengguna yang positif.
  • Branding. Favicon adalah elemen menarik yang juga membantu pengguna mengingat merek dan logonya. Favicon yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kesadaran merek Anda. Selain itu, favicon membuat situs web Anda terlihat lebih profesional. Pernahkah Anda melihat merek papan atas tanpa favicon?
  • Search engines. Sebagian besar mesin pencari seperti Google menunjukkan favicon situs web dalam hasil pencarian yang dekat dengan judul. Ini menyederhanakan proses pencarian tautan tertentu. Favicons membantu pelanggan tetap Anda untuk menemukan situs web Anda dan tidak membuang waktu untuk membaca deskripsi
kursus pelatihan pemograman laravel vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *