Tanggal:06 May 2024
cara membuat kuah bakso

Resep dan Cara Membuat Kuah Bakso Lezat dan Mudah!

Saat cuaca dingin berangin, teman yang paling cocok menjadi penghangat badan tentu saja hidangan berkuah atau soupy. Bakso kuah adalah contoh hidangan favorit masyarakat Indonesia kala musim hujan melanda. Gurihnya kuah kaldu dipadukan dengan pentol bakso yang kenyal nan lembut menjadikan kuah bakso sebagai hidangan sejuta umat. Untuk membuat hidangan ini sendiri ternyata tidak terlalu sulit, terlebih lagi kini sudah tersedia bahan-bahan instan yang cukup memudahkan proses memasak. Bagaimana cara membuat kuah bakso? Nah, berikut adalah beberapa resep dan cara membuat kuah bakso yang sedap tetapi simple. Sobat Vocasia wajib coba nih di rumah!

Resep Kuah Bakso Sapi

Resep Kuah Bakso Sapi

source: detikfood

Bahan:

  1. 1 bungkus bakso sapi
  2. 2 genggam tetelan daging sapi
  3. 3 batang sawi hijau
  4. 1 lembar bihun jagung
  5. 2 batang daun bawang
  6. 4 batang seledri
  7. Air secukupnya
  8. Minyak goreng secukupnya

Bumbu:

  1. 5 siung bawang putih
  2. 1 sdt garam
  3. 1/2 sdt merica bubuk
  4. 1/2 sdt gula
  5. Kaldu bubuk rasa sapi secukupnya
  6. Kaldu jamur secukupnya

Bahan Pelengkap:

  1. Sambal (10 buah cabe rawit + 1 siung bawang putih)
  2. Saus sambal dan saus tomat
  3. Kecap manis
  4. Bawang merah goreng

Cara Membuat Kuah Bakso Sapi:

  1. Cuci bersih tetelan, lalu rebus dalam air (±1.5 liter) yang akan digunakan sebagai kuah bakso. Buang buih-buih yang dihasilkan dari rebusan tersebut.
  2. Siapkan bumbu-bumbunya. Potong tipis bawang putih, kemudian goreng hingga berwarna kecoklatan, tiriskan. Goreng sekejap daun bawang hingga layu. Lalu, haluskan bawang putih goreng, garam, dan merica bubuk. Setelah halus, masukkan ke dalam rebusan tetelan. Kemudian, tambahkan gula dan daun bawang yang sudah layu tersebut.
  3. Aduk hingga merata dan tambahkan kaldu bubuk rasa sapi atau kaldu jamur sesuai selera, lalu cicipi rasanya. Kemudian, masukkan bakso dan tunggu beberapa saat hingga semua bahan matang sempurna. Jika sudah matang, matikan api.
  4. Siapkan bahan lainnya. Rebus air dan rendam bihun, kemudian tiriskan. Cuci bersih sawi hijau dan daun seledri. Potong sawi hijau sesuai selera dan potong halus daun seledri.
  5. Siapkan sambal. Rebus hingga layu 10 buah cabe rawit dan 1 siung bawang putih. Kemudian, ulek bersamaan dengan sejumput garam dan beri sedikit kuah bakso.
  6. Setelah semua bahan siap, susun pada mangkuk mulai dari bihun, sawi hijau, bakso, dan siram dengan kuahnya. Beri taburan daun seledri dan bawang merah goreng. Lengkapi dengan sambal, saus, kecap untuk menambah cita rasa kuah bakso sapi.

Baca juga: Resep Cara Membuat Mie Ayam Yang Enak Dan Mudah, Bisa Buat Jualan Loh!

Resep Kuah Bakso Ayam

Resep Kuah Bakso Ayam

source: cara membuat.id

Bahan:

  1. 1 bungkus bakso ayam
  2. 2 genggam daging ayam (gunakan bagian dada)
  3. 1 ikat sawi hijau
  4. 2 lembar mie telur
  5. 3 batang daun bawang
  6. 4 batang seledri
  7. Air secukupnya
  8. Minyak goreng secukupnya

Bumbu:

  1. 8 siung bawang putih
  2. 5 siung bawang merah
  3. 1 sdt merica bubuk
  4. Garam secukupnya
  5. Kaldu bubuk rasa ayam secukupnya

Bahan Pelengkap:

  1. Sambal (10 buah cabe rawit + 1 siung bawang putih)
  2. Saus sambal dan saus tomat
  3. Kecap manis
  4. Bawang merah goreng

Cara Membuat Kuah Bakso Ayam:

  1. Pertama, iris tipis bawang putih dan bawang merah, lalu goreng sebentar hingga matang. Kemudian, haluskan bawang putih dan bawang merah yang sudah matang.
  2. Rebus daging ayam dengan air secukupnya hingga empuk, lalu tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan. Tambahkan juga merica bubuk, garam, dan kaldu ayam bubuk.
  3. Setelah itu, masukkan bakso ayam ke dalam rebusan tersebut hingga mengapung. Jika sudah matang, cicipi rasanya, lalu matikan api.
  4. Rebus mie telur menggunakan air mendidih sampai empuk. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
  5. Cuci bersih sawi dan seledri. Setelah bersih, potong sawi dengan ukuran sesuai selera. Seledri dipotong atau dicincang halus.
  6. Siapkan sambal. Rebus hingga layu 10 buah cabe rawit dan 1 siung bawang putih. Kemudian, ulek bersamaan dengan sejumput garam dan beri sedikit kuah bakso.
  7. Setelah semua bahan siap, susun pada mangkuk mulai dari mie telur, sawi hijau, bakso, dan siram dengan kuahnya. Beri taburan daun seledri dan bawang merah goreng. Tambahkan sambal, saus, kecap untuk memperkuat rasa. Sajikan ketika masih hangat.

Baca juga: Resep Cuko Pempek dan Cara Membuatnya, Rasa Autentik!

Resep Kuah Bakso Ikan

Resep Kuah Bakso Ikan

source: @herlin.lay

Bahan:

  1. 1 bungkus bakso ikan
  2. 2 genggam daging ikan segar
  3. 2 genggam touge
  4. ½ potong kol
  5. 1 lembar bihun jagung
  6. 2 batang daun bawang
  7. 4 batang seledri
  8. Air secukupnya
  9. Minyak goreng secukupnya

Bumbu:

  1. 4 siung bawang putih
  2. Garam secukupnya
  3. Merica bubuk secukupnya
  4. Gula pasir secukupnya
  5. Kaldu bubuk rasa ikan secukupnya
  6. Penyedap rasa secukupnya

Bahan Pelengkap:

  1. Sambal (10 buah cabe rawit + 1 siung bawang putih)
  2. Saus sambal dan saus tomat
  3. Kecap manis
  4. Bawang merah goreng
  5. Jeruk nipis

Cara Membuat Kuah Bakso Ikan:

  1. Cuci bersih daging ikan segar, lalu rebus dalam air yang akan digunakan sebagai kuah bakso.
  2. Siapkan bumbu-bumbunya. Potong tipis bawang putih, kemudian goreng hingga matang, tiriskan. Lalu, haluskan bawang putih goreng bersama garam dan merica bubuk. Setelah halus, masukkan ke dalam rebusan ikan. Kemudian, tambahkan gula dan daun bawang yang sudah dipotong.
  3. Aduk hingga merata dan tambahkan kaldu bubuk rasa ikan dan penyedap rasa sesuai selera, lalu cicipi rasanya. Kemudian, masukkan bakso dan tunggu beberapa saat hingga semuanya matang merata. Jika sudah, matikan api.
  4. Siapkan bahan lainnya. Rebus air dan rendam bihun, kemudian tiriskan. Cuci bersih taoge, kol, dan daun seledri. Potong kol sesuai selera dan cincang atau potong halus daun seledri.
  5. Siapkan sambal. Rebus hingga layu 10 buah cabe rawit dan 1 siung bawang putih. Kemudian, ulek bersamaan dengan sejumput garam dan beri sedikit kuah bakso ikan.
  6. Setelah semua bahan siap, susun pada mangkuk mulai dari bihun, taoge, kol, bakso, dan siram dengan kuahnya. Beri taburan daun seledri dan bawang merah goreng. Nikmati dengan sambal, saus, kecap untuk memperkaya cita rasa. Kuah bakso ikan juga sangat nikmat jika ditambahkan dengan sedikit perasan jeruk nipis.

Baca juga: 10 Resep Olahan Pisang Kekinian Yang Mudah

Super Easy Cook Delicious Dimsum

resep dimsum

Zaman now siapa yang tidak tahu dimsum? Makanan khas negeri Tiongkok ini makin hari makin diminati. Bisakah dimsum menjadi peluang usaha? Tentu bisa! Bangun entrepreneurship mindset bermula dari resep dimsum yang lezat. Ketahui lebih banyak tentang cara membuat aneka dimsum hingga analisis usaha dimsum kekinian. Menarik bukan? Nikmati diskon hingga 37% tanpa syarat. Miliki kursusnya sekarang juga!

Baca juga: Resep Kue Kering untuk Lebaran, Enak dan Gampang Dibuat!

kursus belajar membuat dimsum vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *