Tanggal:07 May 2024

Cara Membuka Jasa Ketik untuk Pemula

Usaha jasa ketik merupakan salah satu usaha yang memberi peluang besar di zaman serba digital ini. Saat ini, kebutuhan dokumen digital semakin banyak dibanding dokumen tertulis, baik di kalangan pelajar, mahasiswa, maupun pekerja. Namun, tidak semua orang memiliki komputer dan waktu untuk mengetik. Hal ini membuat sebagian orang memilih jasa ketik untuk membantu meringankan pekerjaan mereka. 

Jasa ketik merupakan salah satu pekerjaan online yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan. Nah, bagi kamu yang ingin memiliki keahlian dalam mengetik, usaha jasa ketik dapat kamu coba untuk menambah penghasilan. Selain jam kerja yang fleksibel, usaha jasa ketik ini hanya membutuhkan komputer atau laptop saja. 

Sebelum memulai usaha jasa ketik, ada beberapa hal yang yang perlu kamu ketahui agar usaha jasa ketikmu memberi hasil yang maksimal. Simak, yuk!

Usaha Jasa Ketik (Freepik)

1. Menyiapkan perangkat pengetikan

Hal pertama yang harus kamu siapkan sebelum membuka bisnis jasa ketik yaitu menyiapkan perangkat pengetikan, seperti komputer atau laptop, serta smartphone. Meskipun smartphone dapat digunakan untuk mengetik dokumen, akan terasa sulit untuk menjalankan jasa pengetikan karena fitur yang tersedia pada komputer atau laptop lebih banyak. 

Namun, tidak hanya perangkat pengetikan yang kamu butuhkan, koneksi internet juga wajib kamu miliki. Melalui koneksi internet, kamu dapat menggali lebih banyak referensi yang berkaitan dengan data-data pengetikan dari customer. Nah, jika jasa pengetikanmu sudah menghasilkan banyak omset, kamu bisa membeli scanner dan printer sebagai investasi lebih. 

2. Media pemasaran

Kunci utama kesuksesan dalam bisnis adalah promosi atau marketing. Agar bisnis jasa ketikmu dikenal banyak orang, lakukanlah promosi. Kamu bisa memanfaatkan sosial media sebagai media pemasaran bisnismu. Cukup mudah, kamu tinggal membuat akun khusus untuk bisnis jasa ketik dan jangan lupa sesuaikan promosi dengan target pasar. 

Baca Juga | 3 Peluang Usaha Di Bidang Jasa Yang Semakin Diminati

3. Mematok harga

Sebelum membuka bisnis jasa ketik, kamu juga harus menentukan harga. Hal ini bertujuan agar customer mengetahui harga yang kamu tawarkan untuk menggunakan jasa ketik. Patokan harga ini bisa kamu sesuaikan dengan tingkat kerumitan, jumlah kata, maupun deadline yang diminta oleh customer. 

Kamu juga bisa memanfaatkan strategi marketing yang menarik. Misalnya, memberikan diskon khusus di setiap pengetikan lebih dari 5000 kata atau memberi diskon langganan. Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi customer.

4. Mempertimbangkan risiko 

Kamu harus lebih berhati-hati dalam menjalankan usaha jasa ketik ini karena tidak lepas dari namanya risiko. Banyaknya dokumen dari konsumen yang berbeda harus kamu jaga kerahasiaannya. Di samping itu, jika konsumen menginginkan dokumen resmi, tentunya kamu harus menggunakan bahasa baku serta ejaan yang sesuai dengan EYD. Gunakan fitur autocorrect untuk mendeteksi kesalahan penulisan (typo). 

Baca Juga | 10 Inspirasi Bisnis Usaha Di 2022, Auto Cuan!

5. Mengatur jam kerja 

Mengatur jam kerja juga sangat diperlukan dalam menjalani bisnis jasa ketik. Tentukan jam buka dan tutup pemesanan, misalnya buka setiap hari pada jam 08.00 – 17.00. Hal ini bertujuan agar customer mengetahui jam kerja jasa pengetikan kamu. Dengan begitu, customer hanya akan menghubungi jasa ketik kamu pada jam tersebut. 

6. Menjaga engagement dengan konsumen 

Kesuksesan sebuah bisnis dapat dilihat dari banyaknya konsumen atau pelanggan. Oleh karena itu, kamu harus memprioritaskan kepuasan konsumen terhadap layanan yang kamu berikan. Berikan service yang baik agar konsumen datang kembali menggunakan jasamu. Hal paling penting yang perlu kamu ingat, jagalah kepercayaan konsumen terhadap jasa ketikmu dengan menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Jika hal itu tidak kamu terapkan dengan baik, konsumen akan tidak kembali menggunakan jasamu lagi karena kehilangan kepercayaan. Sebagaimana  keuntungan dalam berbisnis bergantung pada konsumen.

Baca Juga | Cara Memulai Usaha Fotocopy Untuk Pemula, Beserta Perkiraan Modalnya!

Itulah beberapa cara membuka jasa ketik yang harus kamu pahami. Perlu diingat, perhatikan risiko dalam pengetikan agar jasamu terlihat baik di mata konsumen. Jika perlu, manfaatkan autocorrect untuk mendeteksi ejaan yang salah. Perhatikan juga kerahasiaan dokumen konsumen karena jasa ketik berhubungan dengan orang banyak dan berbeda. Selain itu, untuk perkembangan usaha jasa ketik, kamu juga bisa belajar melalui kursus Langkah Praktis Belajar Ms Office Word agar jasa ketikmu lebih sukses! Yuk, daftar kelasnya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *