Tanggal:23 July 2024

Wajib Tahu! Ini 6 Cara Mengatasi Layar HP Retak

Layar HP memang menjadi salah satu bagian yang cukup sensitif terhadap benturan dan goresan. Meski beberapa ponsel telah dilengkapi oleh kaca pelindung canggih seperti gorilla glass, hal tersebut tetap tidak menjamin sepenuhnya layar bakal awet tahan banting dan tanpa cacat sedikitpun ketika terjatuh, terbentur, atau tergores. Ditambah lagi, layar retak bisa menjadi penyebab sensitivitas touchscreen ponsel ketika digunakan. Maka dari itu, berikut adalah beberapa rekomendasi cara mengatasi layar HP retak yang bisa kamu lakukan secara mandiri sebagai upaya penanganan pertama!

Bahaya Layar HP Retak

Bahaya Layar HP Retak (sumber: pexels.com)

Bahaya layar HP retak sangat beragam karena ketika layar HP mengalami kerusakan akan terdapat banyak kerugian yang akan kamu rasakan. Dampak yang paling utama tentunya akan sangat terasa pada penggunaan ponsel. Mulai dari fungsi touchscreen yang terganggu, penampilan ponsel yang tidak bagus, hingga yang terburuk ponsel tidak bisa digunakan sama sekali jika keretakan layar berada pada level yang parah. Selain berdampak pada penggunaan HP, tidak jarang serpihan kaca HP yang pecah bisa membuat tangan terluka tanpa sadar. Serpihan kaca yang kecil dapat melukai tangan atau bahkan masuk ke dalam jaringan kulit tanpa disadari karena terlalu lama menggunakan ponsel dengan kondisi layar retak. 

Oleh karena itu, kamu perlu memperbaiki layar ponsel yang retak dengan segera. Meski umumnya orang yang bisa mengganti atau memperbaiki layar ponsel adalah seorang profesional, tetapi kamu bisa melakukan beberapa cara berikut untuk memberikan penanganan pertama agar kerusakan layar ponselmu tidak semakin parah. Cara-cara di bawah ini juga cukup berguna untuk menjaga fungsionalitas layar ponsel selama beberapa waktu setelah retak bagi kamu yang masih harus menggunakan ponsel tersebut dan tidak bisa langsung meninggalkannya pada tukang servis dalam waktu yang lama.

Baca juga: Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP!

1. Olesi dengan Pasta Gigi

Langkah pertama yang bisa kamu coba adalah mengoleskan pasta gigi ke layar smartphone kamu yang retak. Cara ini hanya bisa dilakukan untuk layar yang retak dan memiliki sebuah goresan. Misalnya saja ponsel kamu terjatuh dan setelah diperiksa ternyata terdapat beberapa goresan tajam di sana. Nah, disitulah kamu bisa menerapkan cara ini untuk menghilangkan serpihan dan goresan tajam pada layar ponsel kamu.

Olesi dengan Pasta Gigi (sumber: pexels.com)

Cara ini bisa kamu lakukan dengan mengoleskan pasta gigi ke layar smartphone kamu dengan menggunakan kapas yang lembut. Selanjutnya, gosok secara perlahan sampai goresan pada layar berangsur menghilang. Setelahnya, bersihkan sisa-sisa pasta gigi dari HP kamu dengan menggunakan kapas yang masih bersih.

2. Melapisi Layar dengan Selotip

Tips untuk mengatasi layar smartphone retak adalah dengan melapisi layar kamu yang retak dengan selotip yang masih dalam kondisi baik. Selotip itu sendiri mampu memberikan perlindungan sementara untuk layar smartphone yang retak dan biasanya memiliki fungsi seperti pelindung layar smartphone. Namun, keduanya berbeda karena selotip hanya direkomendasikan untuk penanganan awal sebab melapisi layar dengan selotip akan melindunginya dari goresan tajam pada layar smartphone yang retak serta melindungi tangan kamu.

Baca juga: Cara Menabung Untuk Beli HP Impian

3. Pasang Tempered Glass

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memasang tempered glass yang baru. Tidak sedikit smartphone yang sudah dilengkapi dengan tempered glass atau pelindung layar ketika pertama kali melakukan pembelian. Jika ponsel kamu termasuk salah satu perangkat tersebut, maka kamu bisa sedikit merasa lega karena umumnya kerusakan pada layar tidak akan langsung mengenai layar asli, tetapi akan terkena tempered glass terlebih dahulu.

4. Memanfaatkan USB OTG

Menggunakan USB OTG (sumber: pexels.com)

Saat layar HP retak, seringkali sensitivitas ponsel berkurang sehingga sangat sulit untuk menggunakan fitur touchscreen yang dimiliki ponsel tersebut. Jangankan untuk membuka aplikasi, terkadang ada beberapa titik di layar ponsel yang tidak berfungsi sehingga untuk sekedar membuka kunci ponsel pun sulit. USB OTG di sini dapat menjadi alternatif solusi apabila touchscreen ponsel kamu bermasalah. 

Caranya, kamu bisa menyambungkan kabel USB OTG ke ponsel. Kemudian, pasang mouse ke adaptor USB OTG. Kamu bisa menggunakan mouse biasa atau mouse wireless. Selanjutnya, pastikan mouse terhubung ke perangkat dan gunakan pointer dari mouse tersebut untuk menjalankan aplikasi HP dengan layar kamu yang retak itu.

5. Bawa Ponselmu Ke Tempat Service HP

Tips selanjutnya adalah membawa ponsel kamu ke tempat servis. Jika kamu merasa kerusakan layar HP sudah terlalu parah, pergi ke tempat servis adalah opsi terakhir yang bisa kamu lakukan. Nantinya, tukang servis akan mengidentifikasi terlebih dahulu kerusakan yang dialami oleh ponsel kamu. Jika kerusakan tersebut masih bisa diperbaiki, maka tukang servis akan memperbaikinya. Namun, kamu harus bersiap untuk menyiapkan dana lebih jika kerusakan layar sudah terlalu parah karena kamu perlu mengganti dan membeli layar yang baru. Biaya untuk mengganti layar HP cukup bervariasi tergantung merek smartphone yang kamu miliki.

Baca juga: Ramuan Pengganti Obat Sirup!

6. Coba Melakukan Klaim Asuransi/Garansi ke Toko Pembelian atau Toko Resmi Merek Ponsel Kamu

Umumnya jika kamu membeli sebuah smartphone baru, kamu akan mendapatkan garansi ketika ponsel kamu mengalami kerusakan. Garansi atau asuransi ini bisa diberikan oleh toko tempat kamu membeli atau diberikan secara langsung oleh brand atau merek HP terkait. Jadi, jika kamu ingin melakukan klaim garansi/asuransi kerusakan ponselmu, kamu bisa mendatangi toko di mana kamu membeli ponsel tersebut dengan menyertakan nota pembelian. Selain itu, kamu bisa juga mendatangi toko resmi/service center resmi merek ponsel yang kamu miliki.

Nah, itulah dia beberapa cara mengatasi layar HP retak yang bisa kamu lakukan sebagai bentuk penanganan pertama usai ponsel mengalami kerusakan. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan memasang pelindung layar agar layar ponselmu tetap dalam kondisi baik ya!

Kursus online pelatihan membuat aplikasi android dan ios vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *