Tanggal:21 February 2024

6 Cara Memiliki Winning Mentality Agar Karir Cemerlang

Memiliki mental pemenang atau winning mentality adalah salah satu kunci untuk bisa mencapai sukses dalam berkarier. Seseorang yang punya mental pemenang akan selalu melakukan hal terbaik, dengan begitu ia bisa menjadi pemenang.

Winning mentality harus dibentuk dan diasah sejak dini. Mindset sama sekali tidak ada hubunganya dengan kecerdasan. Karena itu, artikel ini akan membahas bagaimana cara agar kamu punya winning mentality. Simak pembahasannya berikut ini.

Baca Juga | 7 Cara Membangun Mental Bisnis! Ingin Coba?

1. Berani gagal

Pemenang bukan berarti tidak pernah gagal, justru dari pengalaman dan kegagalan banyak hal yang bisa dipelajari. Jadi, cara pertama supaya kamu punya winning mentality adalah berani dan siap untuk mengalami kegagalan.

Wajar jika ada perasaan takut dan ragu. Namun, ketakutan yang berlebihan justru akan membuatmu enggan mencoba dan cenderung bermain aman.  Dalam berkarier misalnya, kamu berani keluar zona nyaman dengan menerima tanggung jawab dan target bisnis baru yang lebih besar.

Jika kamu punya niat untuk memulai bisnis kecil-kecilan, bisa mulai dari mencari peluang dan mencobanya pelan-pelan. Kegagalan adalah motivasi untuk menjadi pemenang.

Baca Juga | 8 Ciri Pemimpin Yang Baik, Kamu Wajib Tahu!

2. Membuat target

Penting untuk kamu membuat daftar target yang mau dicapai. Buat target dalam jangka waktu yang berbeda-beda. Misalnya, dalam 3 bulan kamu menargetkan untuk menguasai ilmu content marketing.

Dengan begitu kamu bisa menerapkan ilmu tersebut dalam membuat konten media sosialmu dan menargetkan untuk meningkatkan jumlah followers selama 3 bulan berikutnya. Pastikan untuk membuat target yang jelas dan terukur. Penting juga untuk realistis, jangan membuat target yang terlalu tinggi atau jauh dari kemampuan.

Pencapaian bukan masalah besar atau kecil, tapi bagaimana proses kamu mendapatkannya. Dari proses tersebut, mental pemenang akan terbentuk sedikit demi sedikit.

Baca Juga | Metode SMART: Langkah Jitu Dalam Menggapai Target

3. Self-awareness

Self-awareness adalah sikap untuk berusaha memahami dan memperhatikan apa saja yang dimiliki diri sendiri, seperti perilaku, perasaan, serta pikiran. Sadari apa yang kamu rasakan, baik itu emosi negatif atau positif.

Misalnya, ketika kamu sedang menjalani tanggung jawab tertentu, sadari apa yang kamu rasakan saat itu. Apakah kamu senang dan antusias atau malah sebaliknya. Dengan begitu, kamu tahu apa yang kemauan dan tujuanmu dalam berkarier.

Baca Juga | 5 Kegiatan Ini Bisa Membangun Self Awareness, Yuk Coba!

4. Terus belajar hal baru

Jika ingin punya winning mentality, kamu harus terus belajar banyak hal, apalagi terkait dengan bidang kerjamu. Kamu bisa membuat daftar hard skill apa yang dibutuhkan agar bisa menjadi seorang profesional dan andal di bidangmu.

Lalu, pelajari satu per satu kemampuan tersebut melalui webinar atau mengambil kursus. Tak hanya itu, belajar juga untuk menambah soft skill-mu dalam berorganisasi. Misalnya cara komunikasi yang efektif, trik dalam mengkoordinasi tim, hingga langkah menjadi seorang pemimpin.

5. Percaya pada kemampuan diri

Seorang pemenang percaya bahwa dirinya mampu untuk menyelesaikan beragam tantangan dalam karier. Biasanya, orang yang percaya diri cenderung dapat mengelola frustasi akibat kekecewaan dan kegagalan.

Hal ini berkaitan dengan self awareness. Ketika kamu tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dirimu, akan lebih mudah untuk memetakan mana hal yang dapat diselesaikan serta yang belum bisa saat ini.

6. Buat komitmen pada diri sendiri

Terakhir, berkomitmen dengan diri sendiri dan target yang sudah kamu tentukan. Memang hal ini mungkin terdengar klise. Namun, salah satu cara supaya dapat memiliki dan menigkatkan winning mentality adalah berkomitmen dengan apa yang sedang kamu kerjakan. Terus berjuang meski kamu mengalami banyak hambatan saat mencapai target yang diinginkan.

Baca Juga | Kenapa Public Speaking Penting Untuk Dipelajari? Berikut Penjelasannya

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *