Tanggal:26 July 2024

5 Kegiatan ini Bisa Membangun Self Awareness (Kesadaran Diri)

Pernahkah kamu mendengar istilah self awareness. Self awareness atau kesadaran diri merupakan sikap yang berupaya memerhatikan pikiran, perilaku, perasaan dan dampaknya terhadap diri sendiri maupun orang lain. Dilansir dari tempo.co. Menurut ilmu psikologi terdapat dua jenis self-awareness, yaitu self-awareness publik terjadi saat seseorang menyadari bagaimana dirinya ada di hadapan orang lain. Kesadaran ini umumnya muncul pada situasi di mana kamu menjadi pusat perhatian, misalnya ketika kamu sedang memberikan presentasi. Lalu, ada Self-awareness privat yang terjadi ketika seseorang menyadari beberapa aspek dirinya sendiri, namun hanya secara pribadi. Misalnya ketika melihat diri dicermin, kamu menyadari bentuk wajah dan fisikmu.

Memiliki self awareness atau kesadaran diri sangatlah penting dalam kehidupan. Hal ini dapat membawa perubahan yang positif dengan membuat kamu lebih percaya diri, kreatif, dan dapat berkomunikasi secara efektif. Seseorang yang memiliki kesadaran diri juga cenderung mengetahui berbagai potensi yang ada pada dirinya sendiri. Serta dapat melihat suatu peluang dengan baik sehingga kesempatan untuk meraih kesuksesan menjadi lebih besar.

Baca Juga : Sering Minder ? Ikuti Cara ini untuk Memiliki Self Esteem yang Sehat!

Manfaat Self Awareness

Dilansir dari SehatQ, self awareness memiliki manfaat penting dalam kehidupan. Apalagi jika berhubungan dengan pekerjaan diluar rumah yang harus terlibat komunikasi dengan banyak orang. Sikap ini sangat dibutuhkan agar semua masalah dan di kondisi apapun tetap bisa hadapi dengan kepala dingin. Berikut adalah manfaat jika memiliki self awareness:

  • Lebih percaya diri dan jarang minder
  • Mampu berkomunikasi dengan efektif
  • Tidak mudah sakit hati
  • Lebih kreatif
  • Terbuka dengan segala perbedaan
  • Karier jadi lebih sukses

Setelah mengetahui manfaat dari memiliki sikap self awareness. Pastinya kamu penasaran bagaiamana sih caranya membangun sikap self awareness ini. Kalau begitu langsung saja, simak penjelasan lebih lanjut dibawah ini, ya!

5 Kegiatan yang dapat Membangun Self Awareness

1. Melakukan Evaluasi Diri

Mengevaluasi diri sendiri(pexels.com/anastasiya gepp)

Salah satu kegiatan yang bisa membangun self awareness adalah dengan melakukan evaluasi diri. Evaluasi diri akan membantu kamu untuk menemukan kelebihan maupun kekurangan yang ada pada dirimu. Memang evaluasi diri terdengar seperti hal yang mudah, tetapi tidak sedikit orang yang susah sekali untuk bisa mengevaluasi dirinya. Tumbuhkan rasa keingintahuan akan potensi dirimu, Sehingga kamu merasa terpacu untuk terus melakukan evaluasi diri.

Jika kamu selalu melakukan evaluasi diri, maka hal ini akan memudahkanmu dalam melakukan pekerjaanmu lho. Kamu jadi cepat tanggap apabila ada kesalahan yang kamu perbuat saat kamu bekerja. Selain itu kamu juga jadi mengetahui bagaimana caranya memperbaiki kesalahanmu tersebut. Serta menjadi lebih berhati-hati dalam bertindak kedepannya. Lakukanlah evaluasi diri disaat kamu sedang rileks, dan setelah lepas dari segala aktivitas pekerjaanmu. Misalnya menjelang waktu tidur, atau saat kamu sedang libur bekerja.

2. Menulis Buku Diary

Catatan harian(pexels.com/pixabay)

Siapa nih disini yang suka menulis buku diary ? ternyata dengan menulis buku diary, kamu bisa membangun sikap kesadaran diri lho. Jika kamu menulis diary, kamu bisa menggali potensi yang ada pada dirimu. Kamu bisa menumpahkan segala permasalahan, emosi dan gejolak yang ada di hatimu. Dengan begitu secara tidak sadar kamu melihat apa saja kelebihan maupun kekurangan yang ada pada dirimu melalui catatan diary mu. Tentunya hal ini akan bisa membangun sikap self awareness mu perlahan, karena kamu terbiasa menuliskan permasalahanmu dalam bentuk catatan harian. 

3. Berkumpul dengan Orang Terdekat

Pertemanan(pexels.com/thisiszun)

Kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk membangun self awareness atau kesadaran diri adalah berkumpul dengan orang terdekatmu. Ketika menilai diri sendiri terkadang kita tidak bisa bersifat objektif. Oleh karena itu kamu membutuhkan pendapat orang lain agar bisa memperbaiki dirimu lebih baik lagi. Kamu bisa menanyakan pendapat mereka mengenai dirimu, namun kamu harus bisa menerima segala bentuk saran maupun kritik dari mereka. Tentunya dengan kamu terbiasa menerima kritik dari orang lain. Kamu akan menjadi pribadi yang selalu memiliki kesadaran yang tinggi terhadap apapun yang kamu lakukan. 

Jika kritik yang diberikan dirasa kurang tepat atau mencela dirimu, kamu harus tetap tenang dan mengendalikan dirimu ya. Jangan sampai hal ini justru malah memicu pertengkaran. Jadi ambil yang positifnya saja, yang negatif nya dibuang sejauh mungkin. Dengan begitu kamu tidak akan menyimpan dendam apapun dihatimu.

4. Mengikuti Seminar atau Kegiatan Positif lainnya

Pertemuan(pexels.com/fauxels)

Kegiatan semacam seminar, kajian atau bentuk kegiatan positif lainnya dapat membantu kamu untuk membangun kesadaran diri lho. Dengan kamu mendengarkan seorang pembicara dihadapanmu, membagikan pengalaman dan kisah-kisah inspiratif. Maka hal itu akan membangkitkan motivasi yang bisa membangun self awareness atau kesadaran diri. Jadi kamu mempunyai semangat untuk selalu memperbaiki dirimu, karena kamu meilhat sosok inspiratif yang ada di depanmu. Kamu juga ingin menjadi orang yang terpandang dan memiliki banyak pengalaman seperti orang tersebut.

Selain itu dalam sesi seperti seminar, atau kajian akan ada sesi tanya jawab atau istilah kerennya sharing session, kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan orang-orang yang berada pada acara kegiatan tersebut. Menukar pikiran, membagikan pengalaman-pengalaman, serta bisa menambah relasi pertemanan yang bisa membantu dalam meningkatkan kualitas hidupmu.

5. Melakukan Meditasi

Bermeditasi(pexels.com/pixabay)

Jika kamu melakukan meditasi kamu akan memfokuskan dirimu terhadap apa saja yang telah terjadi. Kamu bisa membuat pikiranmu menjadi rileks, sehingga bisa menimbulkan sejumlah energi yang positif. Energi tersebut dapat bisa membantumu mengendalikan pikiranmu, alhasil kamu bisa membangun self awareness atau kesadaran diri dalam kehidupanmu. Lakukanlah meditasi ini disaat waktu yang luang, selain dapat menenangkan pikiran meditasi juga membantu merilekskan otot-otot tubuh yang sudah bekerja seharian.

Nah itu tadi lima kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk membangun self awareness atau kesadaran diri dalam kehidupanmu. Bagaimana pendapatmu ? komen dibawah ya!

Baca Juga : 8 Cara Meditasi untuk Menenangkan Pikiran

Sukses karir profesional - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *