Tanggal:25 May 2024

Simak 9 Cara Mendapatkan Backlink Dofollow Berkualitas ini!

Backlink adalah salah satu hal yang bisa memengaruhi performa SEO. Menggunakan backlink yang berkualitas tentunya akan menaikkan peringkat website di mesin pencari Google. Backlink juga dikenal dengan istilah inbound links atau incoming links yang bisa berfungsi sebagai backlink dofollow. Nah, lalu bagaimana cara mendapatkan back dofollow yang berkualitas? Berikut ulasannya.

Pengertian Backlink

Backlink adalah tautan atau link yang mengarahkan ke website yang kita kelola yang dimanfaatkan untuk memudahkan pengguna merujuk ke salah satu halaman website. Backlink juga digunakan agar website bisa memiliki peringkat yang lebih baik pada mesin pencari. Dari segi manfaatnya, backlink dapat dibagi dua yaitu backlink dofollow dan nofollow. Keduanya memiliki bentuk yang sama.

Backlink dofollow adalah link yang meminta Google Robots dan mesin pencari lainnya untuk mengikuti website yang dimasukkan dalam tautan atau link tersebut. Sedangkan backlink nofollow adalah link yang meminta agar robot mesin pencari untuk tidak mengikuti website yang ada dalam tautan tersebut.

Nah, karena backlink bisa berpengaruh terhadap SEO, banyak orang yang berusaha mendapatkan backlink yang berkualitas untuk website mereka. Berikut adalah cara mencari backlink dofollow berkualitas yang bisa kamu terapkan.

Baca juga| Internal Link: Panduan Lengkap Untuk Optimasi SEO

Image: Freepik

Cara Mendapatkan Backlink Dofollow Berkualitas

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, backlink adalah tautan yang mengarahkan pengunjung ke halaman yang kamu kelola. Dengan strategi yang tepat, tentunya akan meningkatkan pengunjung website kamu dengan cepat. Karena itu kamu perlu mempelajari cara mendapatkan backlink dofollow yang berkualitas di bawah ini:

1. Memaksimalkan Fitur Guest Post

Guest post adalah metode yang memberikan peluang bagi penulis luar untuk menulis pada website yang kamu kembangkan. Namun, kamu bisa mengoptimalkannya dengan melalui uji dan penilaian dengan standar yang telah kamu tentukan. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan backlink dofollow yang efisien untuk mendatangkan traffic yang signifikan.

Terlebih lagi, secara tidak langsung penulis tamu tersebut akan sering menganalisa konten yang telah kamu posting sebelumnya. Bahkan, bagi beberapa penulis yang berhasil lolos seleksi, pastinya tidak akan segan untuk mempromosikan artikel yang berada pada website yang kamu kelola.

2. Buat Konten dan Artikel SEO Berkualitas

Konten yang berkualitas tentunya akan meningkatkan minat baca pengunjung dan memiliki value bagi bisnis. Oleh sebab itu, kamu harus benar-benar memperhatikan bagaimana cara membuat artikel berkualitas dengan benar agar website yang kamu kelola bisa mendapatkan ranking yang lebih baik.

Kamu harus memahami konsep dasar dan jenis konten yang akan kamu buat, melakukan riset keyword, dan membuat artikel yang SEO friendly. Kamu juga harus menyesuaikan pemilihan gambar ilustrasi serta pemilihan diksi yang tepat. Selain itu, konten yang kamu buat diusahakan memiliki keunikan tersendiri karena Google sangat menentang plagiarisme.

Konten yang kamu buat harus memperhatikan pemilihan tema serta penyebaran keyword yang merata. Dengan konten yang berkualitas, kepercayaan pengunjung akan semakin meningkat. 

3. Daftarkan Situs pada Google Publish Center

Cara paling efisien agar website yang kamu kelola cepat terindeks oleh Google News adalah dengan mendaftarkannya dalam situs Google Publish Center. Cara mendapatkan informasi tentunya melalui media informasi dan berita. Oleh karena itu, indexing Google pada situs ini perlu kamu pertimbangkan kembali, karena sekian banyak pembaca berita berpotensi membaca artikel yang kamu buat. 

Tak heran, banyak pebisnis yang mengembangkan bisnisnya dengan cara mendapatkan backlink dofollow melalui media berita. Belum lagi, situs ini terbilang subjektif dan gratis, sehingga semua artikel yang kamu buat pastinya memiliki peluang yang sama tergantung pada kualitasnya.

4. Mewawancarai Influencer

Peran influencer sangat berpengaruh terhadap traffic sebuah website. Kamu bisa mendapatkan konten dengan cara mewawancarai influencer secara langsung. Selain itu, untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda, cara tersebut bisa membantu kamu lebih dekat dengan influencer. Bahkan, bisa saja influencer tersebut menjadi konsumen, mitra, atau rekan bisnis kamu.

Influencer akan secara sukarela atau berbayar mau untuk memposting tautan dari artikel yang membahas tentangnya. Dengan demikian, pengikutnya akan secara otomatis membuka tautan pada situs yang kamu kelola.

Baca juga| Mengenal Google UTM, Untuk Menganalisa Traffic Website!

Image: Freepik

5. Menghapus Backlink yang Memiliki Potensi Bahaya

Cara mendapatkan backlink dofollow yang berkualitas adalah dengan mengutamakan kualitas dan keamanan backlink. Oleh karena itu, kamu sebagai pelaku bisnis harus peka terhadap kinerja dari artikel yang kamu buat, terutama pada backlink yang memiliki potensi bahaya.

Contoh backlink yang memiliki potensi bahaya adalah serangan tautan spam maupun ulasan palsu untuk menjatuhkan branding yang kamu bangun. Selain itu, kamu juga harus menghapus beberapa backlink yang memiliki performa buruk, lalu menggantinya dengan backlink baru yang lebih berkualitas. Dalam hal ini, yang paling berbahaya adalah penawaran dari pihak luar. Jadi, kamu harus belajar lebih selektif dan menyeluruh saat melakukan riset.

6. Membangun Ulang Broken Link

Meskipun beresiko, cara mendapatkan backlink dofollow yang berkualitas ini bisa jadi solusi bagi anda. Kamu perlu selalu berhati-hati dalam setiap langkahnya karena membangun ulang link yang sudah rusak rentan terhadap kegagalan. Cara ini cukup efisien, kamu jadi mengetahui penyebab link tersebut rusak, seperti adanya rebranding, banned systems, adanya pembaruan sistem, dan lainnya.

Dengan cara yang tepat, langkah ini bisa jadi efisien untuk mendatangkan traffic yang lebih besar. Hal tersebut akan berhasil, asalkan kamu tahu bagaimana langkah paling tepat untuk mengatasi penyebab link tersebut bisa rusak.

7. Memanfaatkan Platform Konten Sharing

Platform konteng sharing adalah sebuah website yang berfokus pada penyebaran konten informasi atau edukasi. Meskipun fokusnya adalah konten sharing, namun masih memungkinkan bagi kamu untuk memperbanyak backlink natural yang berkualitas. Dengan cara tersebut, kamu bisa menyisipkan tautan yang mengarah ke website yang kamu kelola.

Agar hasilnya maksimal, kamu bisa memilih situs atau platform sharing dengan authority tinggi. Cara ini serupa dengan menggunakan jasa konten kreator maupun influencer karena intinya adalah memperbanyak backlink pada berbagai platform. Sehingga, para pengunjung baru dari berbagai platform akan mengunjungi website yang sedang kamu kelola.

8. Memanfaatkan Anchor Text yang Relevan dengan Keyword

Kekuatan utama dalam membangun tautan yang berkualitas adalah pemilihan anchor text yang relevan dengan kata kunci dan bisnis yang kamu kembangkan. Oleh sebab itu, penting untuk menyesuaikan hal tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Anchor text menjadi kunci untuk pengunjung mau mengklik tautan yang kamu buat. Sehingga, selain sesuai, penempatan dan timing yang kamu ciptakan harus pas dan natural.

Jangan pernah memaksakan untuk membuat anchor text yang rumit. Selain itu, kamu juga perlu memerhatikan kuantitasnya untuk mengoptimalkan cara mendapatkan backlink dofollow berkualitas, kamu harus menekan kuantitas anchor text yang seimbang dengan jumlah kata dalam artikel dalam konten tersebut.

9. Gunakan Jasa Backlink

Menggunakan jasa backlink akan lebih efisien untuk meningkatkan kinerja bisnis yang kamu kelola. Dengan tenaga ahli, kamu bisa lebih berfokus pada pengembangan daripada mengatur backlink berkualitas. Kamu juga perlu melakukan riset penyedia jasa yang akan kamu gunakan. Pastikan berpengalaman dan perusahaan tersebut harus memiliki rank SEO yang bagus.

Baca juga| Conversion Rate Optimization Dan Langkah Memaksimalkannya

Sekian informasi mengenai cara mendapatkan backlink dofollow berkualitas. Kamu perlu menambahkan backlink dengan senatural mungkin agar pengunjung tidak terganggu dengan tautan yang kamu gunakan.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *