Tanggal:24 July 2024

7 Cara Mendapatkan Pasar Luar Negeri

Tantangan dalam bisnis ekspor memang lumayan special. Sebab, untuk mendapatkan pasar luar negeri terdapat banyak cara namun banyak juga resikonya. Karena itu, bagi eksportir pemula riset adalah kunci sebelum menghabiskan segala daya yang dimiliki untuk produk kamu sampai di negara tujuan ekspor. Memang, menjual produk ke mancanegara bukanlah pekara yang mudah dikarenakan produk kamu harus menyesuaikan terkait masalah bahasa, budaya, atau dalam hal hambatan pengiriman.

Untuk sebagian pebisnis baru, untuk menembus pasar internasional terlihat sulit. Tetapi meskipun begitu bukan berarti hal tersebut mustahil untuk dicapai. Berikut adalah cara-cara untuk mendapatkan pasar luar negeri yang perlu kamu terapkan.

1. Perdalam Pengetahuan Tentang Pasar

Cara pertama untuk mendapatkan pasar luar negeri ialah menggali dan memperdalam informasi serta pengetahuan terkait pasar yang ingin dituju atau dengan kata lain market intelligence. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan guna memperoleh informasi ini yakni survei pasar. Survei pasar dilakukan guna mendapatkan data seperti kondisi pasar, produk serupa yang ada di pasaran, harga pesaing, kualitas dan mutu barang,dan lain-lain.

2. Ikuti Pameran Dagang Dalam Negeri Maupun Luar Negeri

Mengikuti atau berpartisipasi dalam pameran dagang baik itu didalam negeri atau luar negeri merupakan hal yang sangat ampuh untuk mencari pembeli yang berpotensi. Dengan ikut pada pameran internasional, kamu dapat mengamati dan mempelajari terkait selera konsumen, sehingga modal yang kamu miliki dapat meningkat guna menembus pasar internasional. Sehingga sebisa mungkin luangkanlah waktu kamu untuk mencari info yang berkaitan tentang promosi dagang produk Indonesia melalui pameran dagang.

3. Perhatikan Kualitas dari Produk

Untuk melancarkan ekspor produk kamu ke luar negri, tentu saja kualitas barang menjadi poin yang vital untuk diperhatikan. Sebelum melakukan kegiatan ekspor, kamu perlu memastikan bahwa produk kamu tersebut telah lolos stkamur internasional.

Stkamur internsional tersebut telah dicapai kesepakatan bersama terkait dengan kemasan, mutu, serta kualitas barang yang akan dijual. Adanya stkamurisasi internasional ini dapat menjadi cara guna produk kamu beradaptasi dengan situasi dan kondisi negara yang kamu tuju untuk ekspor.

Sebagai contoh apabila kamu ingin melakukan ekspor ke negara yang beriklim subtropis, maka kamu harus memastikan bahwa produk kamu akan tahan dengan kondisi cuaca dingin.

Apabila kamu ingin melakukan ekspor produk yang terbuat dari kayu ke sebuah kawasan di Eropa, maka kamu harus memastikan bahwa produk kamu tersebut tidak akan mudah untuk mengalami pengeroposan saat musim dingin yang fluktuasinya cenderung ekstrem.

4. Cari Tahu Database dari BPEN

BPEN (Badan Pengembangan Export Nasional) ialah lembaga pengelola kegiatan ekspor yang memiliki tugas untuk melakukan koordinasi serta pembinaan terkait pengembangan ekspor. Lembaga inilah yang melakukan pameran dan juga mengikuti pameran dagang yang diselenggarakan. Lembaga ini juga melakukan siaran pers apabila ada pameran dagang yang dilaksanakan pada suatu negara.

Tujuannya adalah supaya para produsen Indonesia berpartisipasi dalam pameran yang diadakan dan harapannya adalah mampu untuk mempertinggi kontak dagang antara produsen Indonesia dengan pembeli mancanegara.

Baca juga: Bisnis jual beli emas

5. Cari dari Database Kedubes Asing di Indonesia

Selain melalui pameran, kamu juga dapat mengetahui tentang pasar luar negeri melalui kedutaan besar suatu negara asing yang berada di Indonesia. Kedutaan besar asing yang kamu datangi dapat juga menjadi wadah untuk kamu mulai menjaring pembeli secara spesifik. Umumnya pada kedutaan besar terdapat perwakilan dari negara asing yang dapat membantu kamu agar menemukan orang yang dapat kamu hubungi untuk melakukan pengeksporan.

6. Pasarkan Produk Secara Online

Ditengah pesatnya teknologi, mungkin kamu sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk memanfaatkannya demi kepentingan produk dan perusahaan. Internet dapat kamu manfaatkan untuk menjaring pasar luar negeri. Bukan hanya dengan mengikuti pameran, kamu dapat menunjangnya dengan mulai membangun relasi pada dunia maya dengan memanfaatkan medium website.

Dengan adanya website yang sesuai dengan pasar, maka calon pembeli akan mendapatkan informasi secara rinci tentang siapakah kita, barang apakah yang kita hasilkan, bagaimanakah kualitas barang, dan lain-lain.

7. Menyelami Komunitas Online

Cara mendapat pasar luar negeri selajutnya adalah bergabung di komunitas online yang sesuai dengan produk Kamu. Misalnya, bergabung di komunitas pengusaha atau pecinta sebuah produk. Cara ini bisa dilakukan untuk mempromosikan komoditas kamu.

Komunitas Facebook juga sedang tren, mungkin ini bisa kamu coba. Saat kita meninggalkan link alamat website dan kontak, produk kamu mudah untuk dicari. Ini adalah kesempatan yang baik untuk mendapatkan pembeli dari luar negeri.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kiat menjadi pengusaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *