Tanggal:22 June 2024

7 Cara Memulai Usaha Waralaba Indomaret

Cara membuka usaha waralaba Indomaret.

Indomaret merupakan minimarket yang menyediakan berbagai kebutuhan dalam satu tempat. Meskipun tak sebesar dan selengkap supermarket, kenyataannya Indomaret menjadi salah satu tempat yang ramai dikujungi orang untuk membeli kebutuhannya. Beragam jenis sabun cuci, makanan, alat mandi, dan sebagainya tersedia. Oleh karena itu, tak bisa dipungkiri membuka waralaba Indomaret memiliki potensi bisnis yang menjanjikan. Apalagi jika letak pembukaannya berada di lokasi yang strategis. Tentu saja, banyaknya pembeli yang berkujung dan kenaikan angka pembelian akan didapatkan. Nah, kamu juga bisa memanfaatkan fakta tersebut untuk membuka waralaba Indomaretmu sendiri, loh!

Namun, sebelum membahas mengenai cara membuka waralaba Indomaret, ada baiknya untuk kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai keuntungan dari membuka waralaba Indomaret, nih! Jenis usaha waralaba Indomareti telah banyak dilakukan oleh pengusaha karena adanya potensi yang menjanjikan tersebut. Nah, biasanya saat para pembisnis tersebut membeli hak waralaba, mereka hanya fokus pada keuntungan finansial semata. Padahal, banyak sekali keuntungan lain yang bisa didapatkan, loh. Lalu, apa saja keuntungan dari membuka usaha tersebut?

  • Akan mendapatkan banyak pengetahuan bisnis toko modern.
  • Bisa bergabung dengan brand yang telah dikenal di seluruh Indonesia.
  • Akan mendapatkan bantuan survei lokasi dari Indomareti, sehingga kamu akan memiliki pengetahuan mengenai potensi dan strategi atau tidaknya sebuah lokasi.
  • Tidak perlu terlibat secara full time.
  • Memiliki peluang bisnis yang berkembang.
  • Kamu dapat meminimalisasi risiko karena adanya perencanaan yang matang.

Nah, selain keuntungan yang akan kamu dapatkan jika memulai usaha waralaba Indomaret, kamu juga nantinya akan dibantu oleh Indomaret itu sendiri dalam hal sebagai berikut.

  • Survei kelayakan tempat usaha.
  • Merencanakan anggaran biaya.
  • Studi kelayakan investasi.
  • Tata ruang dan perencanaan toko.
  • Renovasi ruang usaha.
  • Pembelian peralatan toko.
  • Seleksi dan pelatihan karyawan.
  • Standar kerja dan sistem penggajian karyawan.
  • Paket sistem operasional toko dan administrasi keuangan.
  • Seleksi dan kredit barang dagangan tanpa bunga dan tanpa jaminan.
  • Program promosi penjualan.

Setelah mengetahui keuntungan-keuntungan dan bantuan yang akan kamu dapatkan jika membuka usaha waralaba Indomareti, kini saatnya kamu untuk tahu mengenai cara-cara membuka waralaba Indomaret yang nyatanya sangat mudah. Langsung saja, tanpa banyak basa-basi, check it out!

1. Siapkan Dokumen

Siapkan dokumen yang diperlukan.
Siapkan dokumen yang diperlukan. Sumber: Pexels

Cara #1 memulai usaha waralaba Indomaret yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan dokumen yang diperlukan. Adapun dokumen yang dibutuhkan adalah dokumen identitas yang menandakan bahwa kamu adalah warga Indonesia asli. Nah, dokumen-dokumen identitas tersebut antara lain.

  1. Salinan dan asli Kartu Identitas Penduduk (KTP).
  2. Salinan dan asli Kartu Keluarga (KK).
  3. Salinan dan asli identitas lainnya.

2. Pilih Lokasi Strategis

Tentukan lokasi yang strategis.
Tentukan lokasi yang strategis. Sumber: Pexels

Setelah berhasil menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, maka cara #2 ketika kamu ingin memulai usaha waralaba Indomaret adalah menentukan lokasi yang strategis. Pastikan agar kamu memilih lokasi yang pas sebagai tempat untuk berdirinya usaha waralaba Indomaretmu. Nah, terdapat beberapa kriteria untuk menentukan kestrategisan lokasi, nih.

  1. Aksesibilitas kendaraan. Pastikan bahwa lokasi Indomaret milikmu memiliki akses kendaraan ya!
  2. Dekat dengan jalan raya. Nah, dengan Indomaretmu dekat jalan raya, tentunya akan banyak mendatangkan pembeli karena tokomu itu bisa ‘terlihat’.
  3. Aksesibilitass konsumen. Maksudnya di sini, lokasi usaha Indomaretmu tersebut dapat diakses, dijangkau oleh pembeli. Misalnya saja terletak di daerah ramai atau dekat jalan raya, dan sebagainya.
  4. Terakhir, kamu juga harus lokasi dengan luas ideal 120 – 200 m2.

3. Lengkapi Surat Usaha

Lengkapi juga surat usaha yang dibutuhkan.
Lengkapi juga surat usaha yang dibutuhkan. Sumber: Pexels

Setelah kamu berhasil menemukan lokasi usaha yang strategis, maka cara #3 yang harus kamu lakukan selanjutnya ketika ingin membuka usaha waralaba Indomaret adalah melengkapi surat usaha. Adapun surat kelengkapan usaha yang harus kamu lengkapi sebagai berikut.

  1. Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB/IPB Ruko).
  2. Undang-Undang Gangguan (UUG/HO).
  3. Surat Izin untuk Perusahaan (SIUP).
  4. Tanda Daftar Perusahaan (TDP).
  5. Izin Usaha Toko Swalayan (IUTS).
  6. Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW).
  7. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  8. Pengusaha Kena Pajak (PKP),
  9. Dan lain sebagainya.

4. Siapkan Modal Investasi

Siapkan modal investasi untuk membuka usaha.
Siapkan modal investasi untuk membuka usaha. Sumber: Pexels

Cara #4 ketika kamu ingin membuka usaha waralaba Indomaret adalah menyiapkan modal investasi. Setiap usaha tentunya membutuhkan modal untuk memulainya. Begitu pun ketika kamu ingin membuka waralaba Indomaret. Modal ini nantinya akan kamu serahkan kepada pihak Indomaret sebagai pemilik merk ketika kerjasama usaha disetujui. Adapun modal yang perlu kamu siapkan ketika membuka usaha waralaba ini sekitar Rp 300 – Rp 400 juta rupiah.

5. Daftar Melalui Call Center

Pendaftaran melalui call center atau website.
Pendaftaran melalui call center atau website. Sumber: Pexels

Cara #5 ketika kamu berniat membuka usaha waralaba Indomaret selanjutnya adalah mendaftarkan diri melalui call center. Setelah semua berkas atau dokumen tadi telah dilengkapi semua, kamu bisa mulai mendaftarkan diri melalui call center Indomaret. Atau kamu juga bisa mendaftarkan diri melalui website Indomaret di https://indomaret.co.id/karir/waralaba/pendaftaran-waralaba.html. Setelah berhasil mendaftar, kamu tinggal menunggu tim survei untuk mengecek lokasi yang kamu pilih.

6. Presentasi

Lakukan presentasi pertama dan kedua.
Lakukan presentasi pertama dan kedua. Sumber: Pexels

Cara #6 ketika kamu ingin memulai usaha waralaba Indomaret adalah melakukan presentasi. Supaya tahapan presentasi ini bisa berjalan sukses dan tanpa kendala, serta dapat langsung ditindaklanjuti, kamu sebaiknya membawa salinan dokumen pendukung seperti Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK, denah lokasi jika ada, SIUP, TDP, IUTM, STPW, NPWN, PKP, dan sebagainya. Adapun dalam presentasi ini akan dijelaskan mengenai mekanisme kerjasama, besarnya investasi, keuntungan per bulan, dan sistem operasional toko.

Setelah presentasi tersebut terlaksana, akan ada presentasi kedua. Nah, di dalam presentasi kedua ini, akan dipaparkan hasil survei kelayakan dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) dan besaran modal investasi.         Tanda tangan kontrak kerjasama akan dilakukan setelah semuanya lengkap dan disetuji kedua belah pihak. Di dalam MOU tersebut berisikan tugas antara pihak Indomaret dan kamu dalam hal pengurusan izin, perenovasian toko, pembukaan toko, dan lain sebagainya.

7. Pembukaan Toko

Kamu sudah bisa membuka toko Indomaretmu.
Kamu sudah bisa membuka toko Indomaretmu. Sumber: Pexels

Cara terkahir atau #7 yang harus kamu lakukan ketika ingin membuka usaha waralaba Indomaret adalah membuka toko. Setelah semua item disepakati dan direalisasikan, maka toko sudah siap dibuka dengan program promosinya akan ditetapkan oleh pihak Indomaret. Setelah toko tersebut dibuka, akan ditandatangani Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.

vocasia.id

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
jadwal kerja terstruktur
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *