Tanggal:26 February 2024

8 Cara Memulai Bisnis Jual Beli Emas, Untung 2x Lipat!

Cara memulai bisnis jual beli emas.

Emas adalah perhiasan yang memiliki nilai jual cukup tinggi. Itulah mengapa banyak orang membeli emas untuk dijadikan investasi. Setiap tahunnya, harga emas selalu naik, dan jarang mengalami penurunan. Adanya hal tersebut membuka peluang yang cukup besar bagi para pelaku bisnis yang ingin memulai bisnis jual beli emas. Nah, mungkin kamu juga bisa mulai untuk menggeluti bisnis tersebut. Memang ketika membuka bisnis jual beli emas kamu harus mengeluarkan modal yang besar, namun seiring berjalannya waktu, kamu justru akan mendapatkan keuntungan hingga 2x lipat!

Selain itu, banyak masyarakat khususnya perempuan berbelanja emas karena jenis serta modelnya yang beragam dan menarik. Belum ditambah dengan fakta bahwa emas tidak mudah rusak jika penyimpanannya juga baik. Nah, tentunya dengan menjalankan bisnis jual beli emas, kamu akan sangat untung. Lalu, untuk memulai bisnis jual beli emas ini bagaimana sih? Simak penjelasan berikut ini mengenai cara memulai bisnis jual beli emas untukmu! Langsung saja, check it out!

1. Tentukan Jenis Usaha

Tentukan jenis usaha.
Tentukan jenis usaha. Sumber: Pexels

Cara #1 bisnis jual beli emas adalah menentukan jenis usahanya terlebih dahulu. Terdapat dua jenis usaha yang bisa kamu pilih yaitu offline dan online. Selain pakaian dan pernak-pernik rumah, emas pun dapat diperjualbelikan secara online. Nah, keuntungan apa saja yang bisa didapatkan jika kamu memilih bisnis jual beli emas lewat online ini?

  1. Segmen pembeli yang luas, bisa berasal dari seluruh Indonesia.
  2. Transaksi jual beli sangat mudah.
  3. Tidak membutuhkan sewa ruko.
  4. Informasi mengenai emas dapat dilakukan secara cepat dan mudah menggunakan aplikasi chating.

Dengan berjualan emas lewat online, bisnismu tersebut memiliki peluang tumbuh lebih besar karena adanya akses bagi seluruh masyarakat di berbagai wilayah tersebut. Selain itu, dengan berjualan lewat online, kamu pun bisa memanfaatkannya dengan membuat promosi-promosi menarik yang dapat dilakukan secara gratis. Nah, jenis usaha lainnya yaitu bisnis jual beli emas secara offline. Berbanding terbalik dengan bisnis online, bisnis jual beli emas offline ini mengharuskanmu untuk menyewa ruko sebagai tempat jualan. Nah, keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan dengan berjualan emat secara offline ini?

  1. Bisa menarik kepercayaan lebih jauh karena pembeli dapat melihat secara langsung produk emas yang dijual.
  2. Dapat menghindari emas yang rusak atau hilang pada saat diantarkan ke rumah pembeli (pengiriman secara online).
  3. Interaksi secara langsung dengan pembeli.

2. Perbanyak Pengetahuan Mengenai Emas

Perbanyak ilmu mengenai emas.
Perbanyak ilmu mengenai emas. Sumber: Pexels

Cara #2 yang harus kamu lakukan ketika memulai bisnis jual beli emas adalah memperbanyak pengetahuan mengenai emas itu sendiri. Saat melakukan cara kedua ini, kamu bisa untuk mempelajari perbedaan kualitasi emas, cara menghitung berat emas, dan segala hal mengenai emas lainnya. Nah, misalnya dalam mempelajari emas yang sering digunakan dalam perhiasan seperti berikut ini, nih!

  1. Emas kuning. Emas yang terbuat dari perpaduan emas, tembaga, dan perak.
  2. Emas putih. Emas yang terbuat dari perpaduan emas, perak, seng, atau nikel.
  3. Emas rose gold. Emas yang terbuat dari perpaduan dari emas kuning tradisional dan tembaga.

3. Analisis Kompetitor

Lakukan analisis pada pesaing.
Lakukan analisis pada pesaing. Sumber: Pexels

Cara #3 yang harus kamu lakukan ketika ingin memulai bisnis jual beli emas adalah menganalisis kompetitor. Tujuan dari adanya analisis kompetitor ini adalah agar kamu bisa melihat strategi promosi, harga yang dipatok, pelayanan yang diterapkan, dan sebagainya di toko tersebut. Nah, darinya, kamu menciptakan atau membuat strategi, harga, dan pelayanan yang jauh lebih baik lagi.

4. Siapkan Modal Usaha

Siapkan modal usaha.
Siapkan modal usaha. Sumber: Pexels

Cara #4 untuk kamu lakukan selanjutkan adalah menyiapkan modal usaha. Segala bisnis yang akan dijalankan pastinya membutuhkan dana untuk memulainya, begitupun dengan bisnis jual beli emas milikmu tersebut. Nah, berapa besaran modal untuk memulai bisnis jual beli emas? Menurut Deny Ong, diperlukan modal usaha sekitar Rp 4 M untuk mendirikan usaha jual beli emas ini. Modal tersebut tergolong sangat besar untuk memulai sebuah usaha. Namun, tenang saja karena dalam kurun waktu 2 tahun kamu sudah balik modal, dan dalam 5 tahun, kamu sudah mendapatkan keuntungan hingga 2x lipat.

5. Tentukan Lokasi Usaha

Pilih lokasi yang strategis.
Pilih lokasi yang strategis. Sumber: Pexels

Cara #5 ini dilakukan jika kamu membuka bisnis jual beli emas secara offline. Ketika membuka bisnis secara offline, tentunya kamu membutuhkan ruko untuk tempat berjualan. Nah, pada saat pemilihan, penentuan, dan penyewaan ruko tersebut, usahakan agar berada di lokasi yang strategis ya! Kamu bisa membukanya di wilayah yang memiliki aksesibilitas kendaraan, ramai orang, berada di pinggir jalan, dan lainnya. Misalnya saja membuka ruko mas ini di pasar-pasar tradisional.

6. Tentukan Konsumen dan Harga

Tentukan segmentasi pembeli dan harga.
Tentukan segmentasi pembeli dan harga. Sumber: Pexels

Cara #6 yang harus dilakukan selanjutnya ketika ingin memulai bisnis jual beli emas adalah menentukan konsumen dan harga yang akan dibandrol. Nah, dalam penentuan konsumen tersebut, kamu dapat mengklasifikasikannya ke dalam kelompok ekonomi dan kelompok umur. Dengannya kamu bisa mengoptimalkan usaha emasmu tersebut. Lalu bagaimana dengan penentuan harga? Sesuaikan juga dengan kemampuan beli mereka.

7. Pemasaran

Buat promosi yang menarik.
Buat promosi yang menarik. Sumber: Pexels

Cara #7 ini wajib kamu lakukan baik jika kamu memulai usaha emas secara online ataupun offline. Dengan membuat strategi pemasaran yang baik dan menarik, hasilnya akan menjadikan usaha emasmu makin berkembang karena peningkatan pembeli akibat promosi tersebut. Nah, usahakan dalam promosi ini, kamu juga memanfaatkan teknologi yang ada ya! Pasarkan melalui media sosialmu.

8. Adakan Sistem Keamanan

Adakan keamanan yang ketat.
Adakan keamanan yang ketat. Sumber: Pexels

Cara #8 yang harus kamu terapkan ketika ingin memulai usaha emas adalah mengadakan sistem keamanan yang baik. Banyak berita yang melaporkan kasus pembobolan pada ruko-ruko yang menjual emas. Nah, untuk menghindari kondisi demikian, kamu harus mengadakan sistem keamanan yang baik. Kamu bisa melakukannya dengan memasang teralis, etalase yang digembok, CCTV, ataupun sekuriti.

vocasia.id

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *