Tanggal:13 May 2024

5 Cara Efektif Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak Mulai dari Usia Dini

Orang tua mana yang tidak memiliki keinginan agar anaknya dapat berbicara Bahasa Inggris dengan lancar sedari dini? Semakin berkembangnya zaman, pola pikir orang tua juga semakin berubah. Banyak dari orang tua yang sebagian besar telah menyadari pentingnya lancar berbahasa Inggris. 

Kursus online IELTS Vocasia

Saat itulah, perlu dukungan dari orang tua sendiri untuk mengajarkan Bahasa Inggris pada anak-anak mereka di rumah. Jangan khawatir jika kemampuan Bahasa Inggris kamu pun belum sempurna, kamu sebagai orang tua tetap bisa mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak. Namun, bukan persoalan yang mudah untuk mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak mulai dari usia dini. 

Hal paling penting saat mengajarkan anak Bahasa Inggris adalah dengan menunjukkan antusiasme untuk memotivasi anak belajar Bahasa Inggris. Selain itu, apabila anak tidak langsung bisa berbicara, jangan risau atau bahkan memaksa. Sama seperti kita, mereka juga membutuhkan waktu untuk menyerap bahasa asing yang belum terbiasa digunakan sehari-hari. 

Baca juga: Rekomendasi Tripod Buat Dibawa Travelling

Tips Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini

Tips mengajar bahasa inggris untuk anak. Sumber: unsplash.com

Semenjak pandemi Covid-19, metode belajar di sekolah telah berubah. Sebagian besar menerapkan online learning agar murid-murid tetap teredukasi di tengah pandemi Covid-19. Walaupun penggunaannya belum sempurna, online learning masih menjadi cara yang dianggap paling efektif dalam metode belajar saat ini.

Para orang tua merasakan betul perubahan proses pembelajaran dari sekolah secara tatap muka ke online learning. Peran orang tua untuk ikut serta dalam proses pembelajaran sangat penting karena seorang anak belum bisa mengatur jadwal belajarnya sendiri.

Segala hal seputar pembelajaran anak banyak melibatkan orang tua bahkan orang tua mengemban tugas yang hampir sama seperti guru di sekolah. Namun, terlepas dari hal tersebut juga terkait dengan pembelajaran Bahasa Inggris kepada anak yang perlu dilakukan orang tua mulai dari usia dini. 

Selain menjadi bahasa internasional, Bahasa Inggris juga dapat bermanfaat untuk alat komunikasi bagi anak kedepannya. Namun, karena sering mengalami kesusahan untuk mengajarkan anak Bahasa Inggris, berikut kami rangkum 5 cara efektif untuk mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak mulai dari usia dini. 

Baca juga: Cara Membahagiakan Karyawan

1. Jadikan Rutinitas

Langkah awal yang dapat dilakukan agar Bahasa Inggris menjadi suatu hal yang rutin digunakan adalah dengan membuat jadwal tertentu untuk mulai berbahasa Inggris di rumah.  Lima belas menit adalah waktu yang cukup untuk mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak. Kamu dapat menambahkan jadwal seiring bertambahnya usia dan meningkatnya konsentrasi anak. 

Selain itu, melakukan hal yang bervariasi dapat membantu anak untuk merasa lebih nyaman dan percaya diri. Aktivitas yang dilakukan dengan membaca cerita bahasa Inggris sebelum tidur, membuat satu sudut yang dipenuhi dengan segala sesuatu berkaitan dengan bahasa Inggris.

Biasakan menjalin komunikasi antara orang tua dengan anak menggunakan Bahasa Inggris. Terus lakukan pengulangan pada kata-kata atau frasa sebelum anak siap untuk mengucapkannya sendiri.

Jangan sampai rutinitas ini malah membuat anak merasa terpaksa untuk belajar Bahasa Inggris. Beri dorongan yang kuat dan perlihatkan hal yang menakjubkan mengenai Bahasa Inggris agar anak ikut tertarik belajar Bahasa Inggris. 

2. Gunakan Permainan

Agar anak cepat tertarik untuk belajar Bahasa Inggris libatkan mereka dalam permainan agar mereka senang melakukannya. Sudah banyak permainan edukasi khususnya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris baik dalam smartphone maupun alat bermain. 

Permainan akan memicu kesenangannya dan akhirnya mereka dapat mengasah isi memori dalam otaknya untuk melakukan permainan secara berulang. Beberapa permainan yang tersedia dalam smartphone adalah kategori permainan yang beragam seperti permainan aksi, kata, dan papan.  

Jika pembelajarannya langsung melalui smartphone, artinya orang tua juga perlu melakukan filter agar anak bijak menggunakan smartphone untuk kepentingan edukasi. 

3. Tidak Terpaku dengan Grammar

Lupakan sejenak masalah grammar jika sedang mengajarkan anak. Buat mereka akrab lebih dulu dengan vocabulary bahasa Inggris. Oleh sebab itu, latih terus vocabulary setiap harinya dan jika memungkinkan tambahkan kosakata Bahasa Inggris. 

Jika anak melakukan kesalahan pada saat berbicara, tidak perlu terus menerus membenarkannya. Hal tersebut akan mengurangi ekspresinya untuk mengungkapkan hal dalam Bahasa Inggris bahkan dapat kehilangan minat mereka untuk belajar bahasa Inggris.

4. Mendengarkan lagu

Lagu adalah sarana yang paling efektif untuk belajar kosakata baru dan memperbaiki cara pengucapan. Tidak hanya kepada anak, orang dewasa sekalipun menggunakan lagu untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris.

Adanya nyanyian yang berbahasa Inggris dan diiringi dengan tarian sangat bagus untuk anak karena selain dapat mengikuti gerakan anak juga diberi gambaran mengenai makna atau arti dari lagu tersebut. Selain itu, sudah banyak sekali lagu anak yang populer menggunakan Bahasa Inggris, kamu dapat langsung mencarinya di kolom pencarian!

5. Topik pembelajaran sesuai kesukaan anak

Mengingat kosakata bahasa Inggris bisa disesuaikan dengan topik kesukaan anak-anak. Orang tua dituntut perlu mengeksplorasi lebih jauh mengenai kesukaan anak, agar dapat mengetahui kegiatan apa yang disukai untuk menumbuhkan motivasi belajar.

Contohnya, jika anak memiliki minat pada membaca buku biasakan anak terlibat dengan berbagai macam buku cerita mulai dari yang bergambar maupun berwarna cerah. 

Orang tua perlu mendorong anak untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan memperkenalkan benda-benda yang ada di sekitar. Misalnya, saat sedang makan berikan informasi segala peralatan makan dalam Bahasa Inggris dan aktivitas lainnya sehari-hari. 

Baca juga: 8 Efek Photoshop yang Sering digunakan Para Fotografer

Itu dia 5 cara efektif yang dapat digunakan untuk mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak mulai dari usia dini. Tidak ada hal yang dihasilkan dengan instan, semua melalui proses dan rintangan. Maka sebagai orang tua patutnya memberikan peran penuh dan memfasilitasi anak untuk dapat belajar Bahasa Inggris. Dukungan-dukungan tersebut yang anak butuhkan untuk mendorong minatnya agar dapat berbahasa Inggris sampai lancar!

Untuk membaca artikel menarik lainnya kamu bisa klik tautan berikut karena berisi penuh dengan pengetahuan dan wawasan. Jangan lupa juga ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu dapat menemukan pembelajaran yang dapat meningkatkan skill dalam berbahasa Inggris hanya dengan klik tautan berikut

Vocasia sebagai platform online yang menyediakan berbagai kursus online dan dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis!

Yuk tunggu apalagi, segera ikuti berbagai pelatihan untuk memantapkan skill dan pengetahuan. Jangan lewatkan juga kesempatan khusus untuk mendapatkan potongan harga dan penawaran lainnya! 

Baca juga: Pengertian dan Unsur Mengenai Sinematografi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *