Tanggal:14 May 2024

Ini Perbedaan Penggunaan Has dan Have dalam Bahasa Inggris!

Penggunaan has dan have paling sering digunakan dalam percakapan Bahasa Inggris sehari-hari. Tidak jarang seseorang masih keliru dalam menggunakan has dan have. 

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Has dan have dapat digunakan untuk kata kerja utama (main verb) seperti contoh kalimat I have skills. Selain itu, dapat digunakan sebagai kata kerja bantu (auxiliary/helping verb) yang umumnya digunakan pada kalimat Present Perfect tense.

Artikel ini secara lengkap akan membahas berbagai subpoin mengenai has dan have berdasarkan pengertian, subjek yang digunakan, dan penggunaan has dan have sebagai main verb dan auxiliary verb. 

Baca juga: Pekerjaan yang Mendapatkan Gaji Kecil

Pengertian Has dan Have dalam Bahasa Inggris

Pengertian dan Penggunaan Has dan Have. Sumber: unsplash.com

Has dan have dalam kalimat Bahasa Inggris biasanya digunakan untuk menyatakan arti “telah”, “mempunyai”, dan “memiliki”. Namun, penggunaan pada keduanya tergantung kalimat yang dibuat.

Has dan have dapat digunakan sebagai kata kerja utama (main verb) dan kata kerja bantu (auxiliary verb). Agar mudah menemukan perbedaannya, simak contoh kalimat di bawah ini

Pertama, has dan have sebagai kata kerja utama (main verb):

  • I have a new camera. (Saya punya kamera baru.)
  • She has a handsome boyfriend. (Ia mempunyai kekasih tampan.)

Kedua, sebagai kata kerja bantu (auxiliary verb):

  • I have bought a new book. (Saya sudah membeli buku baru.)
  • She has got a degree. (Ia sudah punya gelar.)

Berdasarkan dua kalimat di atas, ada perbedaan fungsi pertama dan kedua. Pada bagian kalimat pertama has dan have berfungsi sebagai main verb  yang memiliki makna “mempunyai”. Sementara pada fungsi kedua, has dan have memiliki arti “telah” atau “sudah” yang diikuti dengan Verb 3

Lalu, bagaimana subjek yang tepat untuk dipasangkan dengan has dan have? Hal ini telah ada ketentuannya atau has dan have setia digunakan sesuai dengan pasangan subjek. 

Subjek dalam Bahasa Inggris bisa jadi sebuah benda mati atau benda hidup dan jumlahnya bisa satu atau lebih dari satu. Dalam Bahasa Inggris terdapat istilah pronoun yang berarti kata ganti orang atau benda. Nah, dalam subjek pun ada yang dinamakan subject pronoun.

Agar lebih jelas mengenai subjek yang digunakan pada has dan have? Mari lihat tabel berikut ini!

They
We
I
You
HAVE
She
He
It
HAS

Berdasarkan tabel di atas, has dan have digunakan pada subjek yang berbeda. Has digunakan pada subjek yang terdiri dari satu benda mati atau makhluk hidup, sedangkan kata have digunakan untuk beberapa makhluk atau benda mati. 

Kamu dapat mempermudah dengan menghafalkan bahwa has digunakan untuk singular atau satu benda, sedangkan have digunakan untuk Plural atau beberapa atau banyak benda. Yuk, simak selengkapnya perbedaan fungsi has dan have yang digunakan pada main verb dan auxiliary verb.

Baca juga: Cara Membahagiakan Karyawan

1. Has dan Have sebagai Kata Kerja Utama (Main Verb)

Penggunaan has dan have sebagai kata kerja utama terbagi atas bentuk pertama kedua, dan ketiga atau kamu mungkin biasa mengenal Verb 1, Verb 2, dan Verb 3. Kegunaan ketiganya berbeda, Verb 1 sering disebut Infinitive, Verb 2 disebut Past Tense, dan Verb 3 dikenal dengan istilah Past Participle. Lihat kategori contoh verb has dan have di bawah ini!

Verb1 – Verb2 – Verb3
Have/Has – Had – Had

Jadi sebagai kata kerja utama, bentuk kedua ketiga dari has/have adalah had. Kata kerja has dan have digunakan dalam kalimat Simple Present Tense beserta Present Future, sedangkan penggunaan had dilakukan pada kalimat Past Tense serta Perfect Tense.

Beberapa makna atau arti dalam penggunaan has dan have sebagai kata kerja utama yaitu menyatakan arti mempunyai, menyuruh, meminta orang untuk mengerjakan, makan atau minum, mengalami, kegiatan, acara, dan harapan atau ucapan perpisahan.

Baca juga: 8 Efek Photoshop yang Sering digunakan Para Fotografer

2. Has dan Have sebagai Kata Kerja Bantu (Auxiliary Verb)

Has dan Have sebagai auxiliary verb umumnya digunakan dalam kalimat Present Perfect Tense untuk menyatakan kegiatan yang telah atau sudah dilakukan pada masa lampau, tapi masih berhubungan dengan masa sekarang.

Perhatikan rumus Present Perfect Tense dalam kalimat positif, negatif, interogatif di bawah. Penggunaan has dan have dalam rumusnya diikuti oleh kata kerja Past Participle atau Verb 3.

(+) S+ Has/Have + Verb 3

(-) S + Has/Have + not + Verb 3

(?) Has/Have + S + Verb 3?

Berikut contoh penggunaan has dan have dalam kalimat present perfect tense.

  • We have lived here since 1990. (Mereka sudah tinggal di sini sejak 1980.)
  • He has not watched the movie three times already. (Dia tidak menonton film sudah sebanyak tiga kali.)
  • Have you seen him today? (Apa kau telah melihatnya hari ini?)

Catatan tambahan, saat digunakan dalam pesan singkat atau percakapan informal penggunaan has dan have dapat diperpendek agar lebih sederhana.

Contoh:
I’ve = I have
We’ve = We have

Baca juga: Rekomendasi Tripod Buat Dibawa Travelling

Itu dia perbedaan penggunaan has dan have sebagai main verb dan auxiliary verb. Kedua fungsi tersebut berbeda sesuai dengan jenis kalimat apa yang akan digunakan. Jika berfungsi sebagai main verb dapat menggunakan bentuk verb 1, verb 2, dan verb 3, sedangkan sebagai kata kerja bantu dapat dilihat dalam kalimat present perfect tense. Jangan sampai keliru, ya!

Klik tautan berikut jika kamu ingin membaca artikel menarik lainnya yang penuh dengan pengetahuan dan wawasan! Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu juga dapat segera mempersiapkan salah satu tes TOEFL, IELTS, maupun TOEIC hanya dengan klik tautan berikut

Vocasia sebagai platform online yang menyediakan berbagai kursus online dan dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis!

Yuk tunggu apalagi, segera ikuti berbagai pelatihan untuk memantapkan skill dan pengetahuan. Jangan lewatkan juga kesempatan khusus untuk mendapatkan potongan harga dan penawaran lainnya! 

Baca juga: Pengertian dan Unsur Mengenai Sinematografi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *