Tanggal:19 May 2024

Bagaimana Sih Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan? Simak Penjelasan Ini!

ilustrasi rekan kerja (pixabay.com)

Bekerja tentunya tak hanya tentang mendapatkan gaji dari hasil pekerjaan kita, ya. Tetapi juga melalui proses panjang untuk bisa mencapai hasil kerja yang semaksimal mungkin. Dimana proses bekerja dalam memberikan kinerja terbaik kadang menadapatkan hambatan dari sekitar yang pada akhirnya mengganggu produktivitas kita bahkan sampai membuat kita mendapatkan malasah atas job desk kita yang mungkin ancamannya ialah potongan gaji, nih.

Ya, seperti yang tertera di atas judul bahwa dalam pembahasan ini mengenai cara mengatasi rekan kerja yang menyebalkan. Dimana kita sama-sama tahu bahwa saat bekerja, maka lingkungan terdekat kita sebagai tempat bekerja sama, bercerita, hingga saling menyemangati satu sama lain ya rekan kerja. Namun, apa jadinya jika rekan kerjamu justru sebaliknya dengan sikap menyebalkannya yang mengganggu kinerjamu di kantor? Langsung aja simak penjelasan lengkapnya di sini, ya!

1. Berusaha bersikap baik padanya

Hal pertama dan utama yang perlu kamu ingat adalah dengan memiliki beban pekerjaan saja sudah cukup berat untuk segera diselesaikan, apalagai ketika kamu menegur rekan kerjamu yang menyebalkan. Dimana dengan menegur rekan kerjamu itu belum tentu hasilnya positif dengan ia berubah jadi lebih baik sesuai dengan harapanmu. Tapi, bisa jadi rekan kerjamu itu tak terima dan yang ada terjadi perdebatan panjang yang membuang-buang waktu sehingga pekerjaan utamamu jadi terbengkalai. Bahkan dengan perbedatan tak menutup kemungkinan akan membuatmu stress hingga tak konsentrasi mengerjakan segala pekerjaanmu karena pikiran yang sedang memikirkan perbebatanmu dengan rekan kerja hingga membuat mentalmu jadi terganggu yang akhirnya membuat hasil pekerjaanmu jadi kurang masksimal bahkan berantakan. Jadi, jika masih bisa dikendalikan dan berada di level yang tak menggangumu secara langsung, maka kamu bersikap baik saja padanya, ya.

2. Membantunya melawan rasa insecure

Bisa jadi seorang rekan kerja yang menyebalkan itu ialah ia yang tengah insecure atas dirinya sendiri. Atas rasa insecure itulah muncul sikap-sikap kurang percaya diri saat bekerja sama denganmu yang dimatamu terkesan seorang rekan kerja yang menyebalkan. Kalau memang seperti itu, kini saatnya kamu berbicara dengannya secara baik-baik dan tenang, lalu berikan kenyamanan padanya dan katakan bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini, dimana kita hanya perlu mengerjakannya sebaik mungkin dan urusan hasil biarlag hukum alam yang bekerja. Terakhir berikan semangat bahwa ia tak sendirian, dengan hal itu ia akan sedikit lega dan mulai percaya diri dalam bekerja sama denganmu, nih.

3. Menjaga jarak dan menghindari bergosip

Ketika kamu di level yang sudah tak bisa melihat betapa menyebalkannya rekan kerjamu itu, maka kamu bisa melakukan jalan tengah terbaik yakni menghindari untuk berinterksi denganya tanpa kamu harus menegurnya yang berpeluang terjadi keributan besar, ya. Dengan hal itu, kamu bisa tetap bekerja dengan tenang tanpa berisiko. Satu hal penting lainnya, meski kamu tak suka pada rekan kerjamu itu karena sikapnya yang menyebalkan, kamu perlu ingat bahwa itu adalah penilaianmu, bukan dari pemikiran semua orang. Jadi, kamu boleh menghindarinya untuk menyelamatkan dirimu dari rasa kesal saat didekat rekan kerja tersebut, tapi kamu juga tak berhak mencerikan ke banyak orang tentang keburukan dari rekan kerka yang menurutmu berkepribadian negatif itu. Ingat bahwa sebagai pekerja kamu harus profesional dan belum tentu apa yang kamu bicarakan tentang rekan kerjamu itu benar.

4. Bersikap tegas pada rekan kerja

Nah, kali ini ketika rekan kerjamu itu sudah di level yang menyusahkanmu hingga menyerangmu, nih. Misalnya saja kalian terlibat kerja sama bareng atas suatu project, tapi ia bersikap acuh dan tak mau bekerja dengan hanya mengandalkan kamu. Tentu saja itu bukan hanya soal sikap yang menyebalkan, tetapi menyakut urusan seorang pekerja yang lalai dengan job desknya dan wajar saja jika kamu bersikap tegas padanya agar ia bisa berpikir rasional untuk menyudahi sikapnya yang seperti itu.

Demikian penjelasan terkait cara menghadapi rekan kerja yang menyebalkan. Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi seputar dunia kerja lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Kamu bisa menikmati segala kursus online dari berbagai topik yang sedang kamu butuhkan dengan potongan harga khusus hanya di Vocasia . Ingat bahwa dunia semakin cepat berkembang tanpa menunggu kesiapanmu, kalau bukan dari sekarang kamu menyiapkan kemampuan diri atau menjadikan diri lebih mahir akan suatu hal, lantas menunggu kapan lagi? Segera cek dan temukan kursusmu hanya dengan klik tautan berikut.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *