Tanggal:13 May 2024
ilustrasi pilihan karir (pixabay.com)

Begini Lho Cara Meyakinkan Orang Tua Soal Pilihan Karir!

Ketika karir yang jadi impian kita sejak kecil lalu terlarang oleh restu orang tua, rasanya jadi serba salah, ya. Dimana pada satu sisi kamu sangat menyukai impian itu dengan segala bakat dan minatmu bahkan sudah belajar dengan sedemikian rupa agar bisa meraihnya, eh tapi di sisi lain impianmu itu tak sejalan dengan cita-cita orang tua yang diharapkan darimu, nih. Lantas, kalau serba salah seperti itu, apakah ada solusi sebagai jalan tengahnya? Simak deh jawabnnya terkait cara meyakinkan orang tua terkait pilihan karir yang kamu buat di bawah ini.

1. Gali informasi sebanyak-banyaknya sebelum memabahas karir impianmu bersama orang tua

Ibaratnya nih seseorang kalau mau berperang ya harus ada senjata untuk membela dan mempertahankan diri bukan? Iya pastinya. Hal tersebut juga berlaku untukmu saat ingin memenangkan opini akan pilihan karirmu, dimana kamu sudah tahu bahwa orang tuamu tak menyukai jenis karirmu itu, maka buatlah persiapan sematang mungkin agar saat berkomunikasi dengan orang tua kamu tak seperti manusia yang tengah bunuh diri, ya.

Dimana kamu harus mencari tahu detail tentang beragam peluang dari karir idamanmu yang tidak diketahui oleh orang tuamu. Mulai dari kecocokan minat dengan kemampuanmu, menunjukkan conrtoh keberhasilan seseorang yang sudah mengelutu bidang karir impianmu, hingga seberapa worth it pekerjaan dengan penghasilan yang akan kamu dapatakan nantinya.

2. Berikan bukti bahwa kamu layak berkarir sesuai pekerjaan idamanmu

Ya, di sini tunjukkan bahwa apa yang kamu pilih itu benar berpeluang besar di masa depanmu tapi tetap rasional. Dimana rasional itu perlu ditekankan agar orang tuamu paham betapa matangnya pemikiranmu terkait alasan memilih karir bidang terkait alias bukan cuma sekadar ikut-ikutan teman.

Selanjutnya, tunjukkan bukti bahwa job desk dalam pekerjaan tersebut ialah merepresentasikan kamu, yang mana kmau akan sangat menikamati saat bekerja pada bidang terkait., mungkin bisa dilihat dari karakteristikmu agar orang tuamu bisa dengan mudah memvalidasi bahwa karaktermu yang ia kenal itu benar cocok dengan pekerjaan yang kamu impikan. Bahkan kalau bisa berikan bukti semacam lomba, pelatihan, atau seminar yang menjadi tanda bahwa kamu serius dan bukan cuma main-main belaka. Dengan demikian diharapkan orang tuamu bisa melihat betapa cocoknya kamu bekerja di bidang favoritmu dengan berhenti menolak bidang karirmu yang justru jadi menyemangati setiap harinya,

3. Ceritakan hambatan yang ada di karir impianmu

Bukan hanya menunjukkan betapa berpeluangnya saja bidang karir yang kamu idamkan, tapi kamu juga bisa jelaskan bahwa karir tersebut juga punya kekurangan, masalah atua hambatan. Dari sini bukan berniat untuk semakin membuat orang tuamu menola karir idanammu, tapi justru menunjuukan bahwa kamu itu rasional dan objektif yang tak hanya melihat dari sisi keuntungan sebuah bidang karir, tapi jugsa kekurangannya karena tak ada bidang karir yang dalma perjalannanya mulus tanpa gangguang masalah itu.

Eitss, tapi bedanya kamu perlu menceritakan bahwa hambatan yang ada di pekerjaan impianmu itu mampu kamu atasi dengan kemampuanmu alias kamu ahli di bidang terkait. Sehingga lagi-lagi orang tuamu telah menilaimu matang dengan melihat bahwa dunia karir ini cocok karena sesuai dengan kamu dan kemampuanmu yang tak hanya berpeluang bagi karir tersebut tetapi juga senjata untuk mengadapi masalah saat terjun di karir terkait.

4. Petakan rencana karirmu selama beberapa tahun ke depan, beserta rencana alternatifnya.

Jika kamu sudah memetakan rencana kariermu hingga beberapa tahun ke depan, mulai dari perusahaan-perusahaan yang menjadi incaran, hingga target-target untuk naik jabatan, maka orangtua pasti lebih menganggapmu serius, lho. Siapkan juga rencana alternatif atau rencana B untuk berjaga-jaga jika rencana utamamu terhambat.

5. Carilah waktu yang pas dan suasana yang kondusif untuk bicara kepada orangtua.

Seperti yang kita ketaui bersama bahwa suasana hati itu memegang kendali dari respon pelakunya, ya. Dimana saat kamu mengajak orang tua menmbahas karir impianmu yang jelas berbeda dengan kemauan orang tuamu saat mereka bad mood tentunya akan memperkeruh semuanya dan semakin sulit untuk kamu mendapatkan peretujuan, lho. Tapi sebaliknya, saat pikiran orang tua tengah jernih dengan suasana hati yang baik, tentunya akan mudah diajak diskusi secara rasional dan baik-baik, ya.

Demikian penjelasan terkait cara meyakinkan orang tua soal pilihan karir. Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi seputar dunia kerja lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Kamu bisa menikmati segala kursus online dari berbagai topik yang sedang kamu butuhkan dengan potongan harga khusus hanya di Vocasia . Ingat bahwa dunia semakin cepat berkembang tanpa menunggu kesiapanmu, kalau bukan dari sekarang kamu menyiapkan kemampuan diri atau menjadikan diri lebih mahir akan suatu hal, lantas menunggu kapan lagi? Segera cek dan temukan kursusmu hanya dengan klik tautan berikut.

Mahir Excel
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *