Tanggal:13 May 2024

8 Tips Menghilangkan Bosan Saat Kuliah

Kuliah dan belajar adalah suatu rutinitas yang harus dilakukan seorang mahasiswa saat menempuh pendidikan di bangku universitas. Masalahnya, rutinitas syang dilakukan setiap hari, meskipun awalnya merasa semangat lama kelamaan akan merasa penat dan jenuh juga.

Hal ini yang kerap dirasakan oleh mahasiswa, terlebih ketika tugas sudah mulai menumpuk. Namun, otak susah berpikir karena merasa bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja.

Kali ini Vocasia akan memberikan 8 tips menghilangkan bosan saat kuliah yang bisa kamu praktikkan, simak tipsnya berikut ini!

  1. Membuat Jadwal

Tips pertama adalah membuat jadwal kegiatan keseharian yang kamu lakukan. Jadwal ini tidak melulu soal jadwal kelas kuliah. Namun, kamu bisa memasukan beberapa jadwal rutin yang bisa kamu tambahkan, termasuk jadwal bermain, bertemu teman, melakukan hobi, membaca buku, ataupun olahraga.

Dengan memasukkan beberapa kegiatan di luar jadwal kuliah, akan membuatmu memiliki kegiatan yang bisa merilekskan pikiranmu dari beban kuliah dan kebosanan ketika mengerjakan tugas.

Kamu juga bisa menggabungkan dua kegiatan sekaligus supaya waktumu tak terbuang sia-sia. Misalnya, olahraga bersama teman, selain bisa mendapatkan manfaat dari berolah raga kamu juga bisa bertemu dengan temanmu sekaligus dalam satu waktu.

Baca juga: 8 Cara Manajemen Waktu Yang Baik, Terbukti Ampuh !

  1. Temukan Cara Belajar Lain

Setiap orang memiliki caranya sendiri-sendiri untuk belajar. Jika cara belajar yang biasa kamu lakukan sudah tidak efektif lagi karena sudah merasa bosan. Kamu bisa mencari metode belajar baru yang bisa mambantumu memahai materi perkuliahan ataupun belajar hal baru.

Tidak harus di dalam kamar melulu, kamu bisa mencari tempat lain yang bisa membuatmu merasakan suasan baru. Misalnya, belajar di taman yang tenang, kamu bisa melakukan tipe belajar sederhana di taman dengan membawa buku atau catatan sambil mendengarkan musik menggunakan earphone, melihat pemandangan, ataupun sekadar merasakan udara segar.

Jika merasa bosan untuk belajar sendiri, kamu juga bisa mengajak teman-temanmu untuk membuat kelompok belajar. Kamu bisa melakukan diskusi bersama terkait tugas atau hal lain yang dapat menambah wawasan. Karena belajar tidak hanya melulu soal akademisi, kamu bisa bertukar pikiran bersama teman-temanmu soal hal positif apapun.

  1. Membuat Kelompok Diskusi

Bentuk Kelompok Belajar (Sumber: Pexels)

Jika merasa bosan untuk belajar sendiri, kamu juga bisa mengajak teman-temanmu untuk membuat kelompok belajar. Kamu bisa melakukan diskusi bersama terkait tugas atau hal lain yang dapat menambah wawaswan. Karena belajar tidak hanya melulu soal akademis, kamu bisa bertukar pikiran bersama teman-temanmu soal hal positif apapun.

Selain itu, kamu juga bisa berdiskusi soal kebosananmu ketika kuliah, bisa jadi di antara temanmu ada yang merasakan hal yang sama dan bisa berbagi solusi.

  1. Cari Kegiatan Lain di Kampus

Ikuti Organisasi/Unit Kegiatan Mahasiswa (Sumber: Pexels)

Selain belajar secara formal, kamu juga bisa melakukan hal bermanfaat lain di kampus. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat menambah relasi, pengalaman, atau skill.

Mislanya, mengikuti organisasi atau Unit Kegitan Mahasiswa (UKM). Pilihlah organisasi atau UKM yang sesuai dengan minatmu, misalnya, jika kamu gemar bermain gitar maka ikutilah UKM yang berhubungan dengan musik.

Dengan melakukan kegiatan lain di kampus, bisa mengurangi rasa bosanmu yang pergi ke kampus untuk mengikuti kelas perukuliahan saja. Kamu bisa mengeksplor kemampuan dirimu melalui UKM yang kamu ikuti tersebut dan merilekskan pikiranmu dari beban kuliah.

Baca juga: 9 Cara Membagi Waktu Kuliah Dan Organisasi Bagi Kamu Yang Aktif Di Kampus

  1. Buat Rencana Setelah Lulus Kuliah

Rencana Setelah Lulus Kuliah (SUmber: Pexels)

Ketika kamu mulai merasa bosan untuk kuliah, kamu bisa mengingat kembali apa rencanamu setelah lulus kuliah nanti. Jika sebelumnya kamu belum memiliki itu, kamu bisa menulis dan merencanakannya mulai sekarang.

Hal tersebut bisa berupa rencana karier ke depan dan apa langkahmu setelah lulus nanti. Misalnya, mengikuti tes CPNS, melamar pekerjaan di suatu perusahaan, ataupun upgrade skill dengan melakukan pelatihan.

Dengan membuat rencana hal apa yang akan kamu lakukan setelah lulus kuliah, akan membangun motivasimu dan kembali membuatmu semangat karena sudah memiliki tujuan yang jelas.

  1. Temukan Hal yang Dapat Memotivasi

Adakalanya ketika bosan melakukan suatu hal, sesorang perlu mendengarkan dan menemukan motivasi yang dapat membuatnya semangat kembali. Motivasi seseorang berbeda-beda dan bersifat pribadi, untuk itu carilah hal yang sekiranya dapat membangkitkan semangatmu ketika bosan kuliah.

Misalnya, motivasi untuk segera lulus supaya tidak membebani orang tua, atau motivasi untuk segera lulus untuk menggapai cita-cita sejak kecil. Motivasi-motivasi seperti ini bisa membuatmu sadar dan kembali semangat untuk menjalankan kuliah dengan baik agar cepat lulus.

  1. Pergi Berlibur

Berlibur di Tengah Kesibukan (Sumber: Pexels)

Pergi liburan bisa menjadi salah satu pilihan ketika merasa bosan kuliah. Saat kamu merasa suntuk dan bosan dengan rutinitas sehari-hari, kamu perlu mengistirahtkan pikiran dan tenagamu sejenak.

Jika kamu sulit mendapatkan waktu libur panjang di tengah kesibukan kuliah, kamu dapat memilih lokasi yang dekat dan cocok denganmu. Misalnya, pergi beberapa jam ke tempat hiburan terdekat, atau alam terbuka, seperti pantai, bukit, ataupun sungai. Jika tidak terbiasa pergi sendiri, kamu bisa mengajak teman, keluarga, atau pasanganmu untuk pergi bersama.

Baca juga: Jurusan Sastra Indonesia: Mata Kuliah Dan Prospek Kerjanya

  1. Istirahat

Istirahat terkadang menjadi hal yang sering dilupakan, padahal istirahat sangat dibutuhkan seseorang dari rutinitas sehari-hari. Dalam seminggu, biasanya orang aktif melakukan kegiatan selama 5 hari kerja, 2 hari sisanya sebagai akhir pekan yang biasanya digunakan untuk beristirahat.

Akan tetapi tak sedikit pula orang yang tetap bekerja di akhir pekan, karena adanya tuntutan kerja yang harus diselesaikan, membuat orang-orang tersebut harus menyisihkan waktu istirahtanya untuk tetap berkativitas.

Termasuk mahasiswa, tak sedikit dari para mahasiswa yang menggunkan akhir pekannya untuk mengerjakan tugas atau belajar. Hal tersebut tidak salah, namun, hal ini perlu disadari jika menggunakan waktu istirahat untuk bekerja akan membuat pikiran menjadi penat dan lambat laun merasa bosan.

Untuk itu, buat manajemen waktu yang baik di tengah kesibukkan kuliah, supaya akhir pekanmu bisa digunakan untuk beristirahat.

Buat jadwal khusus untuk beristirahat, jika kamu diharuskan beraktivitas di akhir pekan. Maka cari waktu di luar akhir pekan untuk beristirahat sejenak merilekskan pikiran dan tubuhmu.

Itulah 8 tips menghilangkan bosan saat kuliah yang dapat kamu terapkan untuk mengembalikkan semangatmu kembali. Sebagai mahasiswa dan calon sarjana, perlu untuk mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja yang nyata. Para fresh gradute perlu untuk memiliki kemampuan dalam bersaing secara sehat dalam dunia kerja.

Vocacia hadir untuk membantu kamu mempersipakan diri dengan kurus “8 Rahasi 100% Menangkan Kompetisi Dunia Kerja” yang akan memperlajari tentang cara berdapatasi, meningkatkan percaya diri, membangun hubungan yang baik, kerja sama, dan soft skill sebagai kompetisi yang diperlukan di dunia kerja. Yuk ikuti kegiatan ini melalui tautan berikut.

Menulis Surat Lamaran - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *