Tanggal:30 April 2024

9 Cara Membagi Waktu Kuliah dan Organisasi Bagi Kamu yang Aktif di Kampus

Bagi kamu yang saat ini sedang berkuliah dan melakukan aktivitas organisasi di luar perkuliahan pasti pernah merasa kesulitan untuk membagi waktu, bukan? 

Kursus online IELTS Vocasia

Memang tidak mudah saat pertama kali melakukan kedua hal tersebut secara bersamaan. Walaupun keduanya sama-sama penting untuk memperoleh ilmu pengetahuan, tetapi jika tidak diimbangi akan timpang salah satunya. 

Berikut artikel ini akan membahas beberapa cara untuk membagi waktu kuliah dan organisasi yang bisa dilakukan agar perkuliahan sama-sama tidak mengganggu kedua aktivitasnya.

Baca juga: Persiapan Kuliah ke Luar Negeri

Cara Membagi Waktu Kuliah dan Organisasi

Membagi Waktu untuk Kuliah dan Organisasi. Sumber: unsplash.com

Kamu yang telah memutuskan untuk mengikuti organisasi saat kuliah tidak perlu bingung memilih salah satu diantaranya. Kedua hal tersebut sangat berguna bagi kamu untuk mengembangkan keterampilan. Kamu yang telah memutuskan juga pasti sudah berpikir untuk sanggup menjalani kedua aktivitas tersebut secara beriringan. 

Lalu, bagaimana caranya? Simak beberapa tips dan cara membagi waktu antara kuliah dan organisasi kampus yang bisa kamu terapkan.

1. Tentukan Skala Prioritas

Menentukan skala prioritas penting bagi kamu yang memiliki banyak pekerjaan maupun kegiatan yang perlu dilakukan. Agar bisa membagi waktu dengan baik, skala prioritas ini dapat menentukan kegiatan yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Skala prioritas dilakukan dengan mengklasifikasikan kegiatan berdasarkan tingkat kepentingan atau urgensi. Kegiatan yang penting dan tenggat waktunya paling dekat mesti dikerjakan lebih awal dibanding kegiatan yang kurang penting dan masih bisa dilakukan setelahnya.

Misalnya kamu dihadapkan dengan tugas kuliah yang harus dikumpulkan besok masuk dengan kategori penting dan mendesak sehingga harus segera dilakukan, sementara tenggat waktu tugas organisasi ini mulai dikumpulkan minggu depan yang masuk dalam kategori tidak mendesak, artinya kamu dapat menunda sampai tugas kuliah telah diselesaikan.

2. Konsisten terhadap Pilihan

Keputusan yang kamu ambil untuk melakukan kuliah sambil ikut organisasi menuntut kamu untuk konsisten menjalani keduanya. Kamu tentu akan merasakan risikonya, apalagi mengenai waktu yang kamu habiskan. 

Jika kamu merasa lelah, bosan, dan malas tentu hal tersebut wajar terjadi. Namun, tugas kamu tetap harus konsisten pada hal yang memang telah menjadi keputusan kamu dari awal. Dari risiko ini, kamu akan banyak belajar dan memetik hasilnya di akhir. 

3. Membuat Jadwal dengan Rutin

Setelah menentukan skala prioritas, kamu dapat lebih mudah untuk merancang jadwal rutinitas yang bisa dibuat dengan memo kecil untuk menjadi pengingatmu mengenai apa yang perlu dikerjakan terlebih dahulu. Dengan membuat  jadwal, tugas yang perlu kamu selesaikan akan lebih teratur dan dapat terselesaikan dengan baik satu persatu, baik itu tugas kuliah maupun tugas organisasi.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Syariah

4. Hindari Sikap Menunda Pekerjaan

Sudah membuat jadwal tapi tetap menunda-nunda pekerjaan? Mungkin kebiasaan ini masih sering kamu lakukan.  Namun, hal tersebut akan mengganggu deadline yang telah ditentukan sebelumnya. Jika nantinya pekerjaanmu tidak kunjung selesai, jangan salahkan siapapun karena hal tersebut adalah efek yang dihasilkan dari penundaan yang telah kamu lakukan. Ketika kamu telah menunda satu pekerjaan, maka pekerjaan selanjutnya akan terbengkalai.

5. Melatih Kedisiplinan

Menjalani kuliah dan organisasi memang membutuhkan manajemen waktu yang baik. Untuk itu, penting sekali jika kamu bisa disiplin terhadap waktu. Gunakan waktu yang ada dengan sebaik mungkin.

Kamu tidak bisa selalu bersantai-santai karena harus menyeimbangkan waktu antara kuliah dan organisasi. Dengan disiplin terhadap waktu, maka kamu mampu menjalankan keduanya dengan beriringan tanpa ada banyak kendala. Pastikan kamu tidak sering untuk tergoda melakukan kegiatan yang kurang penting karena hal tersebut dapat membuat pekerjaanmu terbengkalai.

6. Manfaatkan Waktu Luang

Memanfaatkan waktu sebaik mungkin bisa dilakukan agar tetap bisa berkuliah dan berorganisasi. Waktu luang yang kamu miliki bisa digunakan untuk melakukan diskusi, menyelesaikan tugas, belajar, dan lain-lain. Pastinya waktu luang harus kamu  manfaatkan dengan bijak.

Saat kamu lelah mengerjakan keduanya, beristirahat terlebih dahulu. Kamu bisa menghabiskan waktu me time dengan jalan-jalan, pergi bersama teman, membaca buku favorit, dan lain-lain. Pastikan kamu mengambil istirahat yang cukup karena dengan istirahat yang cukup kamu bisa beraktivitas seperti biasa.

Baca juga: Contoh Kata Serapan Bahasa Belanda

7. Ingat Kembali Tujuan Kuliah

Menjadi agent of change, mahasiswa perlu memberanikan diri untuk bisa aktif berkontribusi. Ingat tujuan awal kamu memutuskan untuk melakukan kedua kegiatan tersebut secara bersamaan. Percayalah bahwa apa yang kamu lakukan pasti memiliki manfaat kedepannya.

Hal ini tentu akan sangat membantu kamu untuk membagi waktu. Kamu pasti merasakan titik dimana kamu malas, maka mengingat kembali tujuan kuliah dapat membantu untuk membuat kamu menjadi lebih semangat. Menyelesaikan kuliah dengan segera adalah hal yang penting, tetapi lebih penting untuk bisa menjalankan keduanya sehingga kamu bisa mengasah softskill yang kamu miliki. 

8. Selalu Menjaga Komunikasi

Menjaga komunikasi juga menjadi salah satu cara agar dalam membagi waktu kuliah dan organisasi bisa berjalan dengan baik. Komunikasi yang dijalin ini beragam bisa kepada dosen, ketua kelas, teman seangkatan maupun divisi-divisi dalam organisasi. Hal tersebut dapat digunakan untuk mempermudah ketika kamu memiliki kepentingan yang lain.

Dengan menjaga komunikasi, kamu tidak akan tertinggal dengan segala informasi mengenai segala waktu dan tugas. Tetap jaga komunikasi kepada semua pihak untuk bisa mendapatkan informasi lebih cepat dan akurat.

9. Miliki Target Pencapaian

Memiliki target pencapaian bisa berpengaruh dalam menentukan kegiatan selanjutnya. Target pencapaian ini bisa kamu lakukan dengan menulis segala hal yang ingin kamu capai dalam jangka waktu yang pendek hingga panjang. 

Target pencapain ini digunakan agar kamu menyelesaikan setiap kegiatan jauh lebih cepat dari dugaan. Umumnya, untuk setiap kegiatan yang berlangsung membutuhkan waktu tertentu sesuai pada rencananya. Namun, kamu bisa membiasakan diri untuk mengerjakan sesuatu dengan cepat sebelum tenggat waktu.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Pecinta Matematika

Nah, itu dia 9 cara membagi waktu kuliah dan organisasi. Bagi kamu yang saat ini aktif menjalankan keduanya jangan lupa untuk menyisihkan waktu untuk istirahat. Seluruh kegiatanmu akan lancar bila kondisi tubuh juga sehat!

Klik tautan berikut untuk membaca artikel menarik dan informatif lainnya. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Vocasia adalah platform online penyedia berbagai kursus online yang dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis. Tunggu apalagi? Segera tingkatkan kemampuan untuk menunjang karirmu ke depan! 

Nikmati segala penawaran khusus berupa potongan harga dan ikuti berbagai kelas online agar kamu semakin mahir. Temukan kursus yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut

Baca juga: Cara Franchise Kopi Soe

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *