Tanggal:05 May 2024
Digital marketing bermodalkan internet dan smartphone

Cara Belajar Digital Marketing sampai Mahir

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, banyak toko online yang bermunculan. Maka dari itu digital marketing akan berperan penting untuk mendapat konsumen yang lebih banyak dan lebih luas agar nantinya bisa bersaing di pasaran.

Untuk bisa menguasai digital marketing, kamu harus mempelajari digital marketing di setiap platform online, mengingat banyaknya platform aplikasi yang bisa dimanfaatkan sekarang ini.

Buat kamu yang saat ini sedang menggeluti bisnis online, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel Vocasia berikut ini. Pada artikel ini Vocasia akan memberi tahumu cara belajar digital marketing sampai mahir bagi para pemula sekalipun

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel Vocasia berikut ini sampai tuntas!

Tapi sebelum tahu bagaimana cara mempelajari digital marketing, akan lebih baik kamu mengenal dulu apa itu digital marketing.

Baca Juga: Apa itu Marketing? Pengertian Serta jenis-Jenisnya

Apa itu digital marketing

Digital marketing bermodalkan internet dan smartphone

Digital marketing bermodalkan internet dan smartphone – @rawpixel.com

Digital marketing adalah teknik pemasaran yang dilakukan melalui internet. Di jaman serba digital seperti sekarang ini, hampir semua perusahaan menerapkan strategi digital marketing untuk meningkatkan penjualan. Tak jarang juga sekarang ini pengusaha kecil menerapkan strategi ini dalam penjualannya mengingat luasnya target pasar yang bisa diraih melalui platform digital.

Di dunia digital saat ini terjadi banyak persaingan yang terjadi diantara pengusaha online dan persaingannya akan semakin ketat kedepannya. Jadi ilmu untuk mempelajari digital marketing akan sangat bermanfaat buat para pebisnis online saat ini.

Syarat untuk bisa menguasai digital juga tidak sulit, hanya bermodalkan internet dan smartphone atau laptop saja kamu sudah bisa belajar dan menerapkan digital marketin untuk toko online kamu.

Baca Juga : Mengenal Digital Marketing

Macam-macam strategi digital marketing

1. Media sosial

Dulu media sosial merupakan tempat orang untuk bersilahturahmi secara online namun seiring perkembangan pengguna media sosial saat ini, media sosial saat ini sudah bisa digunakan sebagai suatu media pemasaran bisnis.

Media sosial yang paling sering digunakan untuk berjualan diantaranya adalah facebook dan instagram.

Cara untuk melakukan promosi di kedua aplikasi ini adalah cukup dengan menggunakan facebook business manager. Dengan facebook business manager kamu bisa mempromosikan toko onlinemu di instagram dan facebook sekaligus karena kedua aplikasi ini sudah terintegrasi.

Tidak hanya dengan membayar, tetapi kamu bisa melakukan promosi tidak berbayar alias gratis. Promosi gratis yang dimaksud di sini adalah dengan mempromosikan toko online secara organik di facebook maupun instagram. Semakin kamu sering memposting konten dan semakin bagus kontennya maka toko onlinemu akan banyak dilihat orang.

Baca Juga : Sosial Media Marketing

2. Whatsapp business

Gunakan whatsapp business

Gunakan whatsapp business – @rawpixel.com

Tidak hanya chatting, saat ini whatsapp juga sudah dimanfaatkan banyak pengusaha toko online dalam memasarkan produk. Khusunya whatsapp business yang sudah dirancang khusus untuk memudahkan para pembisnis dalam memasarkan produknya.

Fitur yang terdapat dalam whatsapp business diantaranya adalah bisa membuat katalog produk, profil bisnis dan mendata pemesanan.

Baca Juga : Cara Menggunakan Whatsapp Business

3. Google my business

Daftarkan tokomu pada google sehingga orang akan lebih mudah mencari bisnis kamu melalui google. Melalui google business juga akan menghubungkan kamu dengan para pembeli dengan testimoni yang diberikan oleh mereka dan daftar kontak yang sudah terintegrasi.

4. Website

website sebagai salah satu media promosi digital

website sebagai salah satu media promosi digital – @rawpixel.com

Toko online yang memiliki websitenya sendiri akan membuat para calon konsumen semakin percaya dengan bisnis kamu karena website akan memberikan kesan profesional dan kredibilitas yang lebih tinggi dibandingkan toko online yang tidak memiliki website.

Banyak pilihan untuk membuat website secara gratis, yaitu dengan menggunakan blogspot , wordpress dan lain sebagainya.

5. Email

promosi melalui email

promosi melalui email – @rawpixel.com

Memasarkan toko online melalui email akan membuat reputasimu lebih meningkat diiringi dengan kredibilitas yang tinggi di mata orang.

Disarankan buat kamu untuk membuat email bisnis khusus milik toko online kamu dan memiliki domain email tersendiri.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah mendata seluruh konsumen kamu. Kedua, kamu membuat email bisnis toko dan membuat domain, contohnya seperti ini : budi@tokosaya.id

Email dengan format domain seperti itu akan membuat orang mempercayai bisnis online kamu.

Setelah itu yang terakhir kamu lakukan adalah mempromosikan tokomu menggunakan email toko kepada konsumen yang telah kamu dapatkan data emailnya.

Pastikan konten email kamu menarik untuk dibuka dan dibaca ya!

Baca Juga : Apa itu Email Marketing

6. Endorsement

Banyak tokoh publik yang saat ini sudah memiliki media sosial dan aktif menggunakannya. Para tokoh-tokoh ini biasanya akan memiliki pengikut yang sangat banyak, sehingga bekerja sama dengan mereka untuk mempromosikan produk kamu akan mendatangkan keuntungan berupa banyak peningkatkan penjualan dan brand awareness produk kamu di mata masyarakat digital.

Bekerja samalah dnegan influencer dengan pengikut yang sesuai dengan target pasar kamu tetapi kamu harus memperhatikan biaya yang dibutuhkan untuk melakukan endorsement karena tak jarang untuk bisa melakukan kerja sama dengan influencer membutuhkan biaya yang mahal.

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Sumber: 1980media.com

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *