Tanggal:29 April 2024

Girls, Begini Lho 7 Tips Mengatasi Mood Swing Saat Haid

Setiap bulannya wanita di usia produktif pasti mengalami menstruasi atau haid. Haid itu sendiri merupakan proses keluarnya darah pada uterus yang mengalir dari rahim menuju vagina. Saat haid wanita akan merasakan perasaan tidak nyaman di perut akibat luruhnya sel telur dan dinding rahim yang tidak dibuahi oleh sperma. Perasaan tidak nyaman itu berupa keram yang sangat mengganggu.

Selain itu, saat haid wanita juga merasakan gejolak emosi yang tak menentu. Seperti tiba-tiba marah, kemudian sedih. Gejala tersebut dinamakan mood swing, yang merupakan perubahan kondisi hati atau keadaan emosional secara mendadak. Dilansir dari halo sehat. Salah satu kemungkinan penyebab mood swing adalah ketidakseimbangan hormon dan senyawa kimia otak yang berhubungan dengan pengaturan suasana hati.

Mood swing saat menstruasi dilaporkan terkait dengan naik-turunnya kadar hormon estrogen di sepanjang siklus menstruasi. Estrogen mulai naik secara perlahan setelah menstruasi terakhir usai, kemudian mencapai puncaknya dua minggu kemudian mendekati jadwal haid selanjutnya. Setelah itu, kadar estrogen dalam tubuh mulai menurun tajam sebelum mulai naik perlahan dan turun lagi menjelang siklus baru dimulai. Naik dan turunnya kadar hormon ini jugalah yang menyebabkan gejala PMS (Sindrom Pra Menstrual) lainnya.

Nah, kalo udah mood swing gitu, kita pasti bete banget kan ya girls ? Tapi jangan khawatir, aku punya solusi gimana tips mengatasi mood swing saat kita haid. Kamu penasaran bukan ? yuk simak tujuh tips nya dibawah ini, ya!

7 Tips Mengatasi Mood Swing Saat Haid

1. Mengkompres Perut

Ilustrasi Mengkompres Perut(pexels.com/cottonbro)

Girls disaat kamu haid, kamu pasti makin merasa emosi pada saat perutmu terasa sakit dan keram.Untuk itu kamu coba kurangi perasaan tidak nyaman pada perutmu terlebih dahulu. Kamu bisa mengkompres perutmu dengan menggunakan hot water bag yaitu alat kompres air, yang bisa diisi dengan air hangat. Ataupun kamu juga bisa membeli koyo pad haid. Dengan begitu perasaan tidak nyaman di perutmu akan perlahan-lahan berkurang.

2. Ngemil Makanan Kesukaanmu

Ilustrasi Makanan Cemilan(pexels.com/monstera)

Siapa nih yang suka banget ngemil, apalagi kalo pas lagi haid ? Buat kamu yang suka banget nih sama ngemil, apalagi pas waktu haid. Ngemil merupakan salah satu tips yang bisa kamu lakuin untuk mengatasi mood swing saat lagi haid girls. Terlebih lagi jika makanan manis. Kok bisa gitu ? menurut beberapa penelitian, saat kamu ngemil makanan yang manis. Maka saat itu tubuh akan melepaskan hormon endorphine yang membantumu merasa lebih semangat dan senang.

Tapi jangan lupa ya girls, kamu harus membatasi dirimu agar tidak berlebihan dalam ngemil. Jadi secukupnya saja ya!

Baca Juga | Cara Detoksifikasi Tubuh Agar Selalu Sehat

3. Mendengarkan Musik

Ilustrasi Mendengarkan Musik(pexels.com/cottonbro)

Perubahan suasana hatimu saat haid memang sangat menyebalkan girls. Tapi kamu bisa juga nih mengatasinya dengan tips yang satu ini, yaitu mendengarkan musik. Hampir setiap orang pasti menyukai musik, karena musik dapat membangkitkan semangat yang ada pada diri seseorang. Musik juga bisa membantu untuk mengatasi mood swingmu lho girls!.

Kamu bisa banget nih dengerin musik yang melodinya tenang, sehingga pikiranmu menjadi lebih rileks, dan kamu pun merasa bahagia ketika mendengarkannya.Selain itu girls. Berdasarkan apa yang dipublikasikan di Mamiverse, para peneliti dari McGill University di Montreal, Amerika Serikat mengatakan bahwa dengan mendengakan musik membuat mood kita terpengaruh karena musik membuat tubuh kita menghasilkan hormon dopamin. Meningkatnya hormon dopamin di dalam otak yang merespon musik membuktikan bahwa manusia mendapatkan kesenangan setelah mendengarkan musik.

Baca Juga | Jenis Penyakit Mental Yang Wajib Kamu Tahu!

4. Menonton Film

Ilustrasi Wanita Menonton Film(pexels.com/moroshnichenko)

Menonton film tentunya merupakan suatu aktivitas yang menyenangkan, apalagi kalau film yang kita tonton itu film favorite kesukaan kita. Nyatanya menonton film dapat mengatasi mood swing mu saat haid girls. Saat kita menonton film kita akan merasakan kesenangan sehingga mood kita yang tadinya dari jelek bisa berangsur-angsur hilang. Menonton film disaat kamu haid juga bantu mencurahkan segala emosimu. Kamu bisa tertawa, menangis, dan bahagia dengan melampiaskan segala moodmu ke film yang sedang kamu tonton.

5. Tidur

Ilustrasi Wanita Tidur(pexels.com/cottonbro)

Saat perutmu sedang merasakan sakit karena menstruasi. Salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan agar tidak terlalu merasakan sakit atau nyeri haid adalah tidur. Setelah tidur kamu rasa sakit diperutmu pun akab lebih berkurang. Selain itu juga, pikiranmu jauh lebih segar saat kamu bangun dari tidur. Gunakanlah pakaian tidur yang nyaman, dan buatlah kondisi kamarmu senyaman mungkin agar kamu bisa cepat tertidur.

Baca Juga | Cara Mengatasi Gangguan Tidur Secara Efektif

6. Mengoleskan Minyak Esensial

Ilustrasi Minyak Esensial(pexels.com/mareefe)

Agar kamu lebih rileks, kamu bisa mengoleskan minyak esensial ke perut dan dahimu. Minyak essensial merupakan senyawa aromatik yang mudah menguap. Biasa di ekstrak dari tumbuh-tumbuhan seperti  bunga, daun, biji, dan lainnya. Minyak essensial ini banyak sekali manfaatnya lho!.Selain membuat badan lebih rileks, memperbaiki suasana hati, minyak ini juga bermanfaat untuk mengurangi gejala pms (pra menstruasi).

7. Olahraga Ringan

Ilustrasi Olahraga Ringan(pexels.com/burst)

Dengan berolahraga ringan akan membantu tubuh kamu untuk rileks, girls. Sehingga ini akan meningkatkan mood mu. Olahraga ringan ini bisa kamu lakukan seperti melakukan perenggangan-perenggangan kecil.

Nah itu tadi tujuh tips mengatasi mood swing kamu saat haid. Semoga artikel ini bermanfaat, Selamat mencoba girls!

Baca Juga : 10 Cara Meningkatkan Kamu, Di Jamin Ampuh

kursus belajar membuat dimsum vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *