Tanggal:26 July 2024

10 Tips untuk Jadi Streamer Game Handal

Profesi yang berkenaan dengan industri game sekarang ini mulai berkembang dan mulai banyak bermunculan.

Mulai dari atlet esport, pengembang game, hingga konten kreator game yang kini mulai banyak bermunculan. Konten kreator game pun juga banyak jenisnya, sebut saja streamer game hingga tiktokers game.

Berbicara mengenai streamer game, profesi ini kini banyak sekali digandrungi para anak generasi milenial. Namun masih banyak juga yang belum terlalu mengerti mengenai dasar-dasar dalam melakukan streaming game.

10 hal yang harus dikuasai untuk bisa menjadi streamer game handal, Berikut Paparannya :

1. Komunikatif

Skill komunikasi ini menjadi elemen yang sangat penting bagi seorang streamer.

Oleh karena itu perlu adanya berlatih mengenai public speaking untuk bisa menyampaikan segala sesuatu dengan jelas.

Selain itu, dengan komunikatif bisa menjadikan konten jadi lebih bisa dinikmati oleh penonton.

Baca Juga: Daftar game pc terbaik yang wajib kamu coba

2. Paham Istilah Game

Selain hanya bermain game, tentu saja seorang streamer juga harus paham mengenai istilah-istilah dalam game yang dimainkannya.

Hal ini semata-mata untuk membuat penonton tidak bingung saat menonton streaming.

Dengan memahami istilah dalam game, sebagai streamer juga bisa melakukan transfer informasi kepada para penontonnya.

Baca Juga: Cara menjadi developer game

3. Pahami SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah upaya untuk mengoptimasi laman streaming untuk bisa mendapatkan peringkat teratas.

Caranya bisa dengan berbagai hal, misalnya memainkan game-game yang sedang ramai dan menggunakan judul-judul yang mudah untuk dicari.

Baca Juga: Laptop gaming termudah

4. Promosi

Promosikan situs atau kanal streaming di setiap media sosial yang dimiliki.

Tujuannya adalah dengan semakin banyak dipromosikan kemungkinan besar jumlah viewer juga akan meningkat secara drastis.

Baca Juga: Cara mahir bermain gitar

5. Pahami Penonton

Pastikan untuk selalu memanjakan penonton streaming dengan cara berterima kasih dan selalu membacakan komentar dari penonton.

Hadirkan selalu perbincangan yang seru dengan penonton agar tercipta suatu fanbase.

Baca Juga: Tips menjadi seorang barista

6. Gabung dengan Komunitas Streaming

Masalah yang sering dihadapi seorang streamer baru adalah sulitnya mendapatkan perhatian calon penonton. Hal ini terjadi karena streamer baru biasanya terlalu fokus untuk melakukan streaming dan lupa untuk bersosialisasi dengan streamer lain dan komunitasnya.

Jika kamu adalah seorang streamer baru, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah bergabung dengan beberapa komunitas streamer lainnya. Pastikan komunitas yang kamu pilih sesuai dengan target penonton yang kamu tuju nanti. Jika kamu berencana untuk melakukan streaming game PUBG, pastikan kamu terlibat dengan komunitas streaming game serupa.

Dari komunitas tersebut kamu bisa belajar tentang kebiasaan para streamers dan juga subscribers-nya. Tujuan lainnya adalah berkenalan dan membuat ikatan dengan komunitas tersebut.

Baca Juga: Aplikasi photo editor untuk membuat katalog produk terlihat menarik

7. Tes Dulu Hasil Streaming Kamu

Persis sebelum melakukan streaming, rekam diri kamu sendiri. Lihat bagaimana tampilan kamu di depan kamera, pastikan audio kamu bekerja dengan baik dan game yang akan kamu mainkan berjalan dengan lancar.

Setelah pengecekan secara offline selesai, lakukan streaming dengan akun streaming kedua yang bersifat pribadi dan tidak memiliki follower. Tujuannya memastikan bahwa streaming bisa berjalan dengan lancar tanpa gangguan.

Seringkali suara atau tampilan game dalam sebuah streaming bermasalah. Untuk mengatasinya kamu harus mengubah beberapa settingan yang kamu gunakan.

Jika kamu harus melakukan perubahan settingan, pastikan kamu mencatat perubahan apa saja yang kamu lakukan. Terapkan perubahan tersebut di akun utama kamu sebelum kamu melakukan streaming.

Baca Juga: Software animasi 3D untuk pemula

8. Jangan Sampai Ada Dead Air di Stream Kamu

Dead air adalah sebuah istilah radio ketika sebuah siaran radio tidak mengeluarkan suara apapun baik dari penyiarnya atau musik. Walaupun tidak sedang bersiaran radio, kamu tidak boleh membiarkan ada dead air di stream kamu.

Banyak orang yang menyepelekan hal ini dan beranggapan bahwa streaming itu kegiatan mudah. Namun ketika live stream di mulai, orang-orang tersebut lebih banyak terdiam di depan kamera. Pastikan kamu tidak membuat kesalahan karena dead air hanya akan membuat penonton kamu bosan dan meninggalkan stream kamu.

Pelajarai bagaimana membuat topik dan juga flow percakapan sebelum melakukan live stream. Rencanakan hal apa saja yang akan kamu bicarakan nanti. Kamu bisa membicarakan tentang aksi kamu di dalam game atau alasan mengapa kamu memilih seorang karakter. Kamu juga bisa membicarakan hal-hal apa yang membuat kamu tertarik kepada sebuah game yang kamu mainkan.

Hal-hal tersebut akan memancing interaksi kamu dengan para penonton. Semakin tinggi interaksi kamu dengan penonton, semakin lama waktu yang akan mereka habiskan untuk menonton tayangan streaming kamu.

Baca Juga: Software terbaik gratis untuk belajar desain grafis

9. Musik Sebagai Penyelamat Stream

Sebaik apapun kamu merencanakan apa topik saja yang akan kamu bicarakan di depan kamera, dead air tetap sulit untuk dihindari. Untuk membantu hal ini, pastikan kamu punya stok musik untuk suara latar agar dead air bisa tersamarkan.

Tapi ingat, percakapan kamu tetap jadi nilai utama stream kamu, bukan suara musik!

Baca Juga: Rekomendasi aplikasi desain logo

10. Isi Profil Streaming Kamu Dengan Lengkap

Jika kamu tidak mengisi profil kamu dengan lengkap, penonton akan menganggap kamu tidak terlalu aktig melakukan streaming. Hal ini akan membuat mereka berpikir dua kali sebelum mengklik tombol “follow” atau “subscribe“.

Lengkapi profil streaming kamu dengan informasi penting tentang diri kamu, seperti; penjelasan singkat mengenai konten streaming kamu, peraturan streaming, link media sosial yang kamu gunakan dan juga link donasi. Buatlah profil streaming kamu seprofesional mungkin.

Baca Juga: Tips membuat konten youtube menarik

Nyatanya menjadi seorang game streamer yang profesional tidaklah mudah. Selain masalah mengenai peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sebuah live stream berjalan dengan lancar, ada banyak hal-hal lain yang harus kamu lakukan agar channel streaming kamu bisa tumbuh sukses dan menghasilkan uang.

Duniagames
kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Kursus menjadi youtuber pro vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *