Tanggal:22 July 2024
ilustrasi manajeman operasi (pixabay.com)

5 Fungsi Manajemen Operasi pada Bisnis, Optimalkan Pencapaian Perusahaan!

1. Bidang keuangan

ilustrasi manajeman operasi (pixabay.com)

ilustrasi manajeman operasi (pixabay.com)

Bidang keuangan ialah salah satu penting bagi kelangsungan sebuah perusahaan, ya. Bagaimana tak penting kalau lancar tidaknya keuangan perusahaan akan mempengaruhi keberlanjutan bagian-bagian lainnya.  Tentunya kita harus tau bagaimana mengelolah keuangan (andministrasi keuangan). Unsur pelengkap paling penting dalam sebuah pengelolaan operasional adalah di bidang keuangan keuangan, nih. Yang mana manajemen ini harus dapat memastikan keuangan perusahaan digunakan sesuai rencana dan tak boleh keluar jalur. Keuangan tersebut harus benar-benar digunakan untuk keperluan produksi barang dan jasa yang berkualitas. Keuangan yang tepat guna bisa dipastikan akan mempermudah proses penciptaan produk dan layanan yang optimal. Tentunya produk barang dan jasa ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan pelanggan secara menyeluruh. berikut beebrapa tips mengatur keuangan 

2. Strategi bisnis

ilustrasi manajeman operasi (pixabay.com)

ilustrasi manajeman operasi (pixabay.com)

Fungsi manajemen operasional digunakan dalam menyusun strategi bisnis untuk mengoptimalkan sumber daya yang ada di perusahaan, juga meningkatkan daya saing dengan perusahaan lain. strategi bisnis yang dimaksud mencakup pengadaan bahan baku, pemasaran, kemampuan finansial, dan pengoptimalan sumber daya manusia. Yang mana diperlukan strategi dalam urusan pengadaan bahan baku tentu saja agar mendapatkan bahan baku dengan harga termurah akan tetapi kualitas terbaik agar jalannya produksi dapat menghasilkan produk berkualitas dengan biaya yang optimal, khsuusnya bermakna tak buang-buang biaya pembelian bahan baku yang tak perlu.

Baca juga :

5 Strategi Pembangunan Bisnis, Pebisnis Pemula Wajib Simak!

Strategi Pemasaran Dalam Bisnis

Strategi Pemasaran Produk Makanan Agar Dilirik Oleh Konsumen

Lebih lanjutnya, manajeman dalam wujud strategi pemasaran menjadi hal yang tak kalah penting bagi kemajuan perusahaan, nih. Dimana strategi pemasaran yang tepat mampu membawa kemajuan bagi perusahaan, khususnya dalam meraih omset semaksimal mungkin, nih. Begitu pula sebaliknya bahwa manajeman atas strategi pemasaran ini tak memberikan hasil yang optimal, maka tentu saja penjualan produk perusahaan ikut turun bahkan perusahaan bisa mengalami kerugian, lho.

Kemudian urusan strategi dalam hal finansial juga tak kalah penting. Mengingat bahwa kemacetan finansial bisa berpeluang menyebakan terhentinya produksi perusahaan, nih. Oleh karena itu, strategi yang ada harus memerhatikan kemampuan finansial perusahaan pada waktu, situasi, dan kondisi terkait. Yang mana saat kemampuan finansial perusahaan berjalan stabil rasanya strategi tinggal melanjutkan sistem yang ada yakni finansial bisa digunakan untuk membeli segala bahan baku yang berkualitas. Akan tetapi, ada masanya bahwa finansial perusahaan tengah mengalami penurunan karena suatu hal, maka di sisnilah strategi kemampuan finansial diuji untuk menghasilkan manajeman terbaik agar sebisa mengkin tetap menghasilkan produk berkualitas meski kemampuan finansial tengah bermasalah.

Strategi terakhir yakni dalam urusan pengembangan sumber daya manusia, nih. Yang mana seperti yang kita ketahui bersama bahwa pelaku penting dari suksesnya perusahaan ialah adanya sumber daya manusia yang berkualitas. Dimana berkualitas ini memiliki makna bahwa harus ada strategi khusus agar sumber daya manusia yang ada diperusahaan dapat memberikan kinerjanya semaksimal mungkin pada bidangnya masing-masing yang tentu saja untuk kemajuan perusahaan.

3. Operasional

ilustrasi manajeman operasi (pixabay.com)

ilustrasi manajeman operasi (pixabay.com)

Fungsi utama manajemen operasional memang berkaitan dengan seluruh aktivitas perusahaan. Dimana tugas utamanya ialah pada kegiatan pokok dari suatu perusahaan yakni operasional dalam pengubahan bahan baku dan jasa pekerja menjadi produk dan layanan berkualitas, yang tentunya untuk kepuasan para target konsumen.

Lebih lanjutnya, fungsi manajemen ini erat kaitannya dengan operasional perusahaan yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, penelaah, serta kontrol atau pengawasan atas seluruh aktivitas usaha. Yang mana penjelasan lengkapnya berikut ini :

  • Perencanaan, tahapan ini dimulai dari menentukan jenis produksi barang dan jasa, serta waktu yang tepat untuk memasarkannya, nih. Termasuk didalamya merencanakan sumber daya dan fasilitas yang digunakan untuk membuat sebuah produk. Tanggung jawab manajer operasi adalah dalam hal pengembangan program, kebijakan, juga kebutuhan prosedur dalam mencapai tujuan operasional bisnis.
  • Pengorganisasian, jumlah dan jenis sumber daya manusia harus ditentukan demi kelancaran seluruh kegiatan, ya. Maka dari itu, manajer operasi membentuk susunan pekerja, baik individu, kelompok, atau departemen dalam sebuah sistem operasional untuk mencapai tujuan perusahaan.
  • Penelaah, tahapan penelaah meliputi seluruh kegiatan dalam mendapatkan keterangan tentang aktivitas yang dikerjakan dalam kegiatan operasional perusahaan.
  • Pengawasan yang berfungsi mengontrol seluruh aktivitas dengan tujuan mengarahkan dan menjamin seluruh aktivitas perusahaan berjalan dengan lancar serta sesuai yang telah direncanakan.

4. Mempertahankan Kualitas

ilustrasi manajeman operasi (pixabay.com)

ilustrasi manajeman operasi (pixabay.com)

Seiring berkembangnya waktu, tak bisa dipungkiri bahwa kemajuan teknologi terjadi dalam berbagai bidang, nih. Yang mana kemajuan teknologi itu tak terkecuali berdampak pada manajeman desain produk, dimana teknologi yang modern itu memudahkan penjualan menjadi lebih cepat dan sederhana prosesnya. Fungsi dari manajemen operasional di sini adalah memastikan produk dibuat sesuai keinginan dan kebutuhan pasar. Pasar atau konsumen tentunya sangat memperhatikan segi kualitas. Karena itu produk yang dihasilkan harus dipastikan tahan lama dan berkualitas agar pelangan tetap loyal pada produk kita  tips meningkatkan loyalitas pelangan 

Lebih lanjutnya, kualitas produk yang dihasilkan perusahaan harus dipastikan baik oleh sistem yang ada dalam manajemen operasional, ya. Tim manajemen harus mengontrol dan memastikan produk barang dan jasa tidak ada cacatnya. Mereka juga harus mengawasi pekerja terkait dalam menjalankan tugasnya. Apabila ada cacat pada produk yang dihasilkan, tim harus segera bertindak untuk memperbaikinya. Sehingga semaksimal mungkin produk yang dihasilkan selalu terjamin kualitasnya.

5. Prediksi

ilustrasi manajeman operasi (pixabay.com)

ilustrasi manajeman operasi (pixabay.com)

Prediksi merupakan perkiraan kejadian yang akan datang dengan menggunakan perangkat lunak. Dalam manajemen operasional, prediksi digunakan untuk memperkirakan permintaan konsumen terhadap sebuah produk, nih. Prediksi ini berkaitan dengan jumlah produk yang dibutuhkan konsumen untuk waktu tertentu. Atas dasar hal tersebut, pihak manajeman harus bisa membaca peluang yang ada di depan. Yang mana saat peluang memberikan signal bahwa kebutuhan produk tengah naik, maka produksi produk bisa bersiap-siap agar saat waktunya tiba tak terjadi penyia-nyiaan kesempatan hingga terjadinya kelangkaan atas suatu produk.

Begitu pula sebaliknya, saat peluang memberikan isyarat bahwa akan terjadi penurunan minat kosumen atas produk tertentu, maka produksi bisa ditekan secara kuantitas agar tak terjadi penyia-nyian bahan baku dalam jangka lama bahkan bisa mengalami kerugian jika produk hasil produksi bukanlah sesuatu yang bisa bertahan lama. Tak hanya itu, adanya prediksi yang tepat sejatinya tak hanya memaksimalkan apa yang menjadi produksi perusahaan, tetapi juga bisa melihat serta menganalisis bahwa adanya peluang baru yang menarik, nih

Baca Juga:

5 Tips Mempertahankan Bisnis Agar Semakin Tumbuh, Jangan Lengah!

6 Cara Jitu Mempertahankan Pelanggan, Dijamin Tidak Akan Kabur!

5 Cara Sukses Mengelola Bisnis Secara Efektif

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *